PLTS dan Turbin Angin

Proteksi Anti Islanding untuk PLTS ON Grid Seberapa Penting?

Pentingnya Proteksi Anti Islanding untuk PLTS On Grid

Proteksi Anti Islanding untuk Inverter Grid Tie Seberapa Penting?. proteksi Anti Islanding adalah fitur keamanan penting yang dibangun ke dalam semua inverter Grid Tie berdasarkan undang-undang. Inverter Grid tie harus memiliki sirkuit pemantauan yang dapat mendeteksi hilangnya daya jaringan saat listrik PLN mati dalam sepersekian detik dan mematikan inverter secara otomatis.

PLTS On grid yang terhubung ke jaringan PLN membutuhkan perlindungan listrik. Inverter yang terhubung ke jaringan dan dilengkapi dengan perlindungan anti-islanding dirancang untuk memutuskan pasokan listrik dari jaringan jika terjadi pemadaman listrik.

Sinkronisasi yang baik antara panel surya yang terhubung dengan inverter dan jaringan listrik diperlukan agar tidak mengganggu stabilitas dan kualitas jaringan listrik. Kondisi loss of grid dapat menyebabkan terjadinya islanding pada jaringan listrik.

Kondisi gridfail atau sering juga disebut islanding merupakan fenomena hilangnya tegangan grid dari sistem inverter terhubung grid. PLTS sebagai sumber inverter tetap terhubung dan menyalurkan arus ke jaringan sebesar IPVGS (photovoltaic generation system current).

Baca Juga:  Power Inverter, Pengubah Listrik Baterai (DC) Menjadi Listrik Rumah Tangga (AC)

Hal ini menyebabkan muncul harmonik tinggi dari proses pensaklaran inverter serta perubahan tegangan dan arus ke beban sehingga berdampak kerusakan pada peralatan. Sesuai dengan standard IEEE 9291988 dan IEEE 15472003, PV harus berhenti beroperasi di bawah 2 detik terhitung dari kondisi islanding.

Teknik dalam mendeteksi islanding dapat diklasifikasikan menjadi local technique dan remote technique. Dimana local technique dapat dikategorikan menjadi tipe aktif, pasif, dan hybrid. Perbedaan utama dari kedua metode ini adalah pada metode pasif hanya mengamati perubahan nilai parameter yang spesifik seperti:

  • Tegangan,
  • Harmonik 
  • Frekuensi
  • dan pergeseran fasa

Sedangkan pada metode aktif memberikan injeksi gangguan pada sistem. Metode pemrosesan sinyal/signal processing dapat digunakan untuk meningkatkan peforma dari metode passive technique.

Sederhananya Perlindungan anti-islanding adalah cara inverter mendeteksi saat jaringan listrik bermasalah atau gagal. Kemudian berhenti memberi supply daya kembali ke jaringan.

Baca Juga:  Download Panduan Instalasi PLTS Lengkap Berstandar Internasional

Ini adalah situasi yang harus dihindari dengan segala cara. Mengapa? Ada Beberapa alasan yang sangat penting:

 

Bahaya Kondisi Islanding di PLTS On Grid

Apa bahaya dari ‘efek Islanding’? ‘Efek Islanding’ menimbulkan risiko besar terhadap keamanan perangkat dan personel, termasuk yang berikut:

  1. personel pemeliharaan mungkin tidak mengetahui sistem terdistribusi saat jaringan listrik tidak berfungsi; jika inverter dari pembangkit listrik PV yang terhubung ke jaringan terus memasok listrik, keselamatan personel pemeliharaan dapat terancam.
  2. ketika efek pulau terjadi, jaringan listrik tidak dapat mengontrol tegangan dan frekuensi pulau dan penyimpangan amplitudo dan frekuensi tegangan akan merusak peralatan;
  3. jika inverter masih menghasilkan daya, perbedaan fasa antara tegangan keluaran dari sistem yang terhubung ke jaringan dan tegangan jaringan akan menghasilkan arus lonjakan ketika jaringan listrik pulih, yang dapat menyebabkan trip lain atau merusak sistem pembangkit listrik terdistribusi, beban dan sistem catu daya.
Baca Juga:  Inilah Teknologi Canadian Solar pada Panel Surya Seri Mutakhir

 

Inverter Hybrid Solusi Anti Pemadaman

Kerugian dari proteksi Anti Islanding adalah jika terjadi pemadaman, PLTS Kita akan mati dan rumah juga akan menjadi gelap!

Jika tidak ingin ini terjadi, maka ada solusi teknologi yang tersedia. Kita dapat membeli inverter khusus off grid yang akan mengisolasi rumah Anda dari jaringan jika terjadi pemadaman listrik, dan menggunakan kombinasi penyimpanan baterai dan tenaga surya untuk menyalakan rumah Anda hingga jaringan kembali menyala.

Opsi ini yang dikenal sebagai “solar hybrid” atau “jaringan terhubung dengan cadangan baterai”. Biayanya lebih mahal karena inverter harus jauh lebih canggih. Anti Islanding Protection dari inverter harus berfungsi meskipun PLTS masih menyala.

Kita juga memerlukan banyak penyimpanan baterai untuk menjaga lampu tetap menyala dan peralatan tetap beroperasi saat cuaca mendung atau matahari terbenam, dan baterai yang besar dan dapat diandalkan harganya masih cukup tinggi.

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker