PLTS dan Turbin Angin

Memasang PLTS dengan Biaya 1 Juta Rupiah Bisa Kok

PLTS Biaya 1 Juta Rupiah Berikut ini Perhitunggannya.

Peralatan PLTS semakin hari biayanya semakin menurun sebab berbagai macam produksi saat ini bisa dilakukan dengan lebih efisien. harga Panel Surya Misalnya, Pada tahun ini sudah turun drastis dibanding 5 Tahun lalu.

Biaya PLTS diperkirakan akan terus menurun hingga sangat prospek jika digunakan untuk pendukung supply listrik dirumah. Namun, bagi para pemula biasanya masih ragu untuk memulainya karena beberapa alasan termasuk biaya dan teknisnya.

Jika ingin memulai merasakan manfaat dan sensasi PLTS bisa dilakukan dengan hal yang sederhana dan peralatan yang simple. Memang di pasaran banyak ditawarkan paket PLTS dengan Biaya puluhan juta. Namun untuk memulainya tidak harus punya uang puluhan juta.

Baca Juga:  Efisiensi Inverter, Perhatikan Ini Sebelum Membeli Inverter

Mulailah berpikir untuk mencoba PLTS sebagai sarana penerangan lampu belakang rumah atau lampu pekarangan. Sambil kita belajar merakit dan melihat cara kerja PLTS sehari-hari. Ini akan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kita.

Selain itu melihat berbagai tutorial dan bergabung di beberapa group Facebook tentang PLTS akan sangat menunjang pengetahuan yang kita butuhkan.

PLTS dengan Biaya 1 Juta?

PLTS dengan budget 1 juta sebenarnya masih bisa dikatakan sebagai skala hobi pemula untuk mengenal PLTS lebih jauh. dengan budget 1 Juta kita akan bisa merasakan fungsi dan manfaat PLTS, berikut ini adalah rincian Biayanya:

ItemJumlahHarga
Panel Surya 50 Wp1Rp. 350.000
SCC PWM 10 A1Rp. 60.000
Aki VRLA 12V 20AH1Rp. 350.000
Lampu DC 10 Watt2Rp. 80.000
Kabel + Asesoris + FuseRp. 100.000
 TotalRp. 940.000
Baca Juga:  Menghitung Kebutuhan Inverter PLTS Listrik Tenaga Surya

Hitungan tersebut adalah sistem paling sederhana tanpa Inverter kita gunakan untuk menyalakan lampu DC. Dari starting awal ini kita akan bisa mempelajari lebih dalam tentang PLTS dan juga pelan-pelan bisa upgrade ke sistem yang lebih besar.

Sistem tersebut adalah sistem Off Grid karena masih menggunakan baterai. Sementara sistem on Grid kita bisa menggunakan tanpa baterai namun kita perlu menggunakan inverter on grid.

Sistem on grid jika kita mengajukan perijinan dan KWH Exim ke PLN kita juga bisa melakukan eksport listrik ke PLN. Nanti PLN akan membayar jumlah listrik yang kita kirimkan dan digunakan untuk memotong biaya tagihan listrik bulan berikutnya.

Baca Juga:  Baterai LG Resu Mampu Menjalankan Listrik Seluruh Rumah

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker