Pengelasan & WeldingTeknologi dan Inovasi

Robot Pengelasan, Kelebihannya Dibanding Pengelasan Manual

Robot Pengelasan Mempunyai Banyak Keunggulan

Robot Pengelasan, Kelebihannya Dibanding Pengelasan Manual. Pengelasan adalah proses di mana dua bahan menyatu bersama melalui pemanasan, pencampuran, dan kemudian pendinginan bahan dan / atau pengisi untuk membentuk sambungan yang kuat.

Dari pengelasan busur ke pengelasan spot, robot biasanya digunakan dalam proses pengelasan di mana pengelasan yang diperlukan berulang dan kualitas dan kecepatan sangat penting. Pengelasan robot adalah proses otomatis yang meningkatkan efisiensi, konsistensi, dan ROI Anda.

Ada beberapa keuntungan untuk mengotomatisasi pabrik dengan robot, termasuk waktu siklus yang lebih cepat dan konsisten, tidak ada kerusakan dalam produksi, dan kualitas pengelasan yang lebih baik. Pada dasarnya, dengan menggunakan otomatisasi robot pengelasan, prosesnya memakan waktu lebih sedikit, dan produsen dapat memangkas biaya tenaga kerja langsung dan keselamatan serta menghemat bahan.

Baca Juga:  Regulator Gas Mesin Las GTAW (TIG), Jenis dan Cara Perawatan Regulator Gas

Sel las robot memberikan lingkungan kerja yang lebih aman, mengurangi silau busur secara dramatis, semprotan berlebih, dan kontak langsung dengan robot dan bagian. Tukang las robot lebih konsisten dan dapat bergerak dari satu lasan ke lasan berikutnya dengan cepat, mempercepat seluruh proses.

 

Kelebihan Robot Pengelasan

  • Kecepatan

Sistem robotik akan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Apakah Anda memiliki robot pengelasan baru atau bekas, mereka memiliki kesalahan lebih sedikit daripada pengelasan manual. Tidak seperti pekerja, robot tidak memerlukan istirahat, liburan, dll. Pekerjaan Anda dapat dilanjutkan tanpa gangguan, 24/7. Ini pada gilirannya, akan meningkatkan throughput & produktivitas Anda.

  • Pangkas Biaya Tenaga Kerja Langsung & Keselamatan:

Biaya pengelasan manual bisa curam. Itu membutuhkan waktu, keterampilan, dan konsentrasi. Itu juga berbahaya. Lampu kilat, asap, percikan api, dan panas menjadikan pengelasan manual sebagai pekerjaan yang berat dan berbahaya. Dengan robot, Anda akan melindungi pekerja dan mengurangi biaya. Sistem-sistem ini menanggung bahaya dan seringkali meningkatkan produksi. Asuransi dan biaya terkait kecelakaan juga sangat berkurang.

  • Menghemat bahan:

Bahkan tukang las yang paling terampil pun melakukan kesalahan. Namun, dengan robotika pengelasan baru dan bekas, semuanya diatur, termasuk daya dan kawat. Sistem robot otomatis menghemat energi dengan menjalankan secara konsisten (lebih sedikit start-up). Plus, lasan yang dibuat lebih konsisten. Keakuratan sistem robot berarti ada lebih sedikit bahan dan waktu yang terbuang.

  • Kualitas Hasil Produksi

Beberapa perusahaan beralih ke aplikasi robot secara bertahap, dimulai dengan sel pengelasan tunggal dan perlahan-lahan berubah menjadi proses pengelasan otomatis penuh. Robot dapat membantu ketika akses ke suatu bagian terbatas atau sulit dijangkau. Pabrikan telah menciptakan desain yang memungkinkan lengan robot ramping menjangkau area yang lebih kecil. Robot memungkinkan hasil yang lebih konsisten, akurat, dan presisi

Baca Juga:  Sektor Konstruksi Belum Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0?

Kata Kunci:

keuntungan las manual dengan las robot

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker