Pengelasan & Welding

Baja S30V Apakah Bagus Buat Pisau? Kenali Komposisi Kimia S30V

Kelebihan dan kelemahan Baja Stainless S30V

Baja S30V Apakah Bagus Buat Pisau? Kenali Komposisi Kinia S30V. Baja ini menerima pujian luar biasa dari penggemar pisau di seluruh penjuru. Dan Anda mungkin akan mulai bertanya pada diri sendiri segala macam pertanyaan seperti seberapa istimewa baja tahan karat S30V? Apakah S30V adalah baja pisau terbaik? Apa kelebihan dan kekurangan baja S30V? Apakah akan sesuai dengan kebutuhan Anda?

Apa itu baja tahan karat S30V?

CPM S30V adalah baja tahan karat martensit premium yang dibuat dengan bangga oleh US Crucible Industries. Baja ini dirancang khusus untuk menghasilkan kombinasi sempurna antara ketahanan aus, ketangguhan, dan ketahanan korosi. Itu muncul dalam keluarga seri SxxV yang menampilkan baja lain seperti s35vn, s60v, s90v, s110v, dan s125v.

Seperti semua baja lain dalam keluarga ini, baja ini dibuat mengikuti proses CPM Crucible (Crucible). Proses CPM menghasilkan baja berkualitas tinggi dengan stabilitas dimensi, ketangguhan, dan kemampuan gerinda yang luar biasa dibandingkan dengan baja yang diproduksi dengan metode standar.

Meskipun CPM S30V berada di kelas bawah dari keluarga SxxV, CPM S30V tetap memberikan kinerja yang luar biasa dan dianggap sebagai pilihan baja kelas atas untuk pembuatan pisau di antara produsen pisau. Zero Tolerance Knives adalah salah satu merek terkemuka yang menggunakan baja ini secara ekstensif untuk pisau kelas atas.

Seperti yang diharapkan, baja pisau kelas premium ini berada di ujung spektrum harga yang lebih tinggi, dan ini secara langsung memengaruhi biaya pisau CPM S30V. Biayanya yang tinggi membuatnya disukai di peralatan dapur premium, pisau pramuka, pisau saku kelas atas, dan pisau khusus.

 

Komposisi Baja S30V

Paduan baja tahan karat Crucible CPM-S30V mengandung unsur Karbon, Kromium, Molibdenum, dan Vanadium yang tinggi—kombinasi yang memberikan sifat luar biasa dan memenuhi syarat sebagai salah satu baja kelas atas yang tersedia saat ini.

Baca Juga:  Pengelasan Ultrasonic Welding Pada Metal & Non Metal

Tabel berikut menguraikan komposisi kimia baja tahan karat S30V lengkap:

ElementPercentage composition (%)
Carbon (C)1.45
Chromium (Cr)14.00
Molybdenum (Mo)2.00
Vanadium (V)4.00
Manganese (Mn)0.50
Nitrogen (N)0.20
Silicon (Si)0.50
Phosphorous (P)0.030
Sulfur (S)0.030
Tungsten (W)0.40

 

  • 1,45% Karbon meningkatkan kekerasan, ketahanan aus, dan kemampuan menahan tepi baja ini. itu juga meningkatkan kekuatan tariknya. Tetapi peningkatan kandungan karbon dapat menyebabkan penurunan keuletan baja.
  • 14,00% Chromium secara langsung berarti bahwa S30V adalah baja tahan karat karena lebih dari 12% kromium yang dibutuhkan untuk membuat baja tahan karat. Kandungan kromium yang tinggi meningkatkan ketahanan korosi baja ini. Ini juga meningkatkan kekerasan, kekuatan tarik, dan ketangguhan.
  • 2.00% Molibdenum meningkatkan kekerasan, kekuatan, dan ketangguhan baja. Logam ini juga menambah kemampuan mesin baja dan ketahanan korosi.
  • 4.00% Vanadium meningkatkan kekuatan baja, ketahanan aus dan abrasi, dan ketangguhan.
  • 0,50% Mangan meningkatkan kekuatan tarik, kemampuan mengeras, dan ketahanan aus.
  • 0,20% Nitrogen memiliki fungsi yang sama dengan karbon dalam paduan baja ini tetapi memberikan keunggulan ketahanan korosi yang tidak biasa.
  • 0,50% Silikon meningkatkan kekuatan dan ketahanan terhadap korosi.
  • 0,030% Fosfor meningkatkan kekuatan, kekerasan, dan kemampuan mesin baja S30V.
  • 0,030% Sulfur ditambahkan dalam jumlah rendah untuk meningkatkan kemampuan mesin baja.
  • 0,40% Tungsten meningkatkan hardenability, kekuatan, dan ketangguhan baja.

Kekerasan baja S30V

CPM S30V dapat mencapai kekerasan Rockwell antara 59 dan 61 HRC saat melalui perlakuan panas yang sesuai. Ini adalah kekerasan yang tinggi dari 50-an tinggi dan 60-an rendah, yang dianggap sebagai titik manis untuk baja pisau paling populer. RC ini membuat S30V lebih keras daripada kebanyakan grade baja tahan karat, memberikan retensi tepi dan ketahanan aus yang jauh lebih baik daripada baja pesaing.

Baca Juga:  Distorsi Sambungan Las Akibat Panas Saat Proses Pengelasan

 

Sifat baja tahan karat S30V

Seperti apa performa pisau baja S30V? Apakah sulit untuk diasah? Apakah itu berkarat? Ini adalah jenis pertanyaan yang akan kami jawab di bagian ini dengan membahas properti dan atribut baja S30V utama.

1. Retensi Tepi S30V

S30V adalah salah satu baja terbaik yang disukai oleh pengguna pisau karena retensi tepinya yang sangat baik. Seperti yang baru saja kami sebutkan di atas, ia memiliki kekerasan tinggi (kekerasan maksimum 61HRC) yang merupakan efek langsung dari susunannya yang mengandung Tungsten, vanadium, mangan, dan karbon. Kekerasan tinggi memberi baja tepi yang stabil dan memungkinkannya menahan tepinya untuk waktu yang sangat lama.

Namun, Anda mungkin menemukan beberapa orang yang menggembar-gemborkan baja s30v untuk retensi tepi yang buruk. Sebenarnya, mereka mungkin menggunakan pisau dari produsen yang melakukan proses perlakuan panas yang buruk yang secara langsung mempengaruhi kinerja tepi.

Periksa video berikut yang menunjukkan perbedaan kinerja retensi tepi dari dua pisau yang menampilkan baja s30v yang sama tetapi dari pabrikan yang berbeda.

 

2. CPM-S30V Ketahanan aus

Baja AS menawarkan ketahanan aus yang sangat baik; lebih besar dari apa yang Anda dapatkan dari sebagian besar baja tahan karat lainnya. Ada alasan untuk ketahanan aus yang tinggi pada s30v… kimia baja menjadi seimbang sedemikian rupa sehingga mendorong pembentukan vanadium karbida yang lebih keras daripada karbida kromium yang ditemukan pada baja konvensional. Ini secara langsung berarti peningkatan kekerasan dan ketahanan aus.

 

3. Ketangguhan CPM S30V

Baja ini juga memberikan ketangguhan yang baik, tetapi pasti ada baja yang lebih keras daripada s30v. Kekerasan yang tinggi dari baja ini banyak berkaitan dengan baja ini yang tidak lulus uji ketangguhannya dengan warna terbang. Tetapi hal baiknya bahwa itu masih akan menawarkan ketangguhan yang signifikan dan akan membutuhkan banyak penyalahgunaan dan penggunaan yang sulit sebelum menyerah pada retak, patah, atau terkelupas.

Baca Juga:  Bahan Pengisi Las GTAW, Filler Rod Pada Pengelasan GTAW

4. Ketahanan korosi baja S30V

S30V adalah baja tahan karat (dengan kromium hingga 14%) dan, oleh karena itu, menawarkan ketahanan korosi yang hebat dan Anda dapat menggunakannya dalam kondisi basah dan air asin tanpa khawatir berkarat. Namun, seperti semua baja tahan karat lainnya, mengekspos pisau baja s30v Anda ke elemen dalam waktu lama dapat menyebabkannya berkarat. Cukup bersihkan dan keringkan pisau Anda sebelum menyimpannya akan membantu menjaganya tetap bebas karat setiap saat.

5. Ketajaman baja S30V

S30V agak sulit untuk diasah dan membutuhkan upaya untuk mencapai tepi yang tajam karena ketahanan aus yang tinggi yang dihasilkannya. Anda memerlukan beberapa berlian—sempurna untuk mengasah vanadium karbida dalam baja s30v—jika Anda ingin memberi pisau baja S30V Anda pisau tajam. Tetapi tradeoffnya adalah bahwa ia memegang ujung yang tajam untuk waktu yang sangat lama, jadi Anda tidak akan mengasahnya sesering yang terjadi pada baja kelas bawah.

 

Seberapa bagus baja S30V untuk pisau?

Pasti ya! S30V adalah baja pisau yang baik karena memberikan kinerja luar biasa yang ditandai dengan retensi tepi yang fantastis, ketahanan korosi yang luar biasa, dan ketangguhan yang baik. Ini adalah salah satu baja blade all-around terbaik yang tersedia saat ini.

Fakta bahwa baja ini awalnya dikembangkan sebagai baja pisau membuatnya unik dari baja lain yang awalnya dibuat untuk aplikasi yang berbeda. Ini semakin memperkuat baja s30v sebagai baja pisau yang baik.

Produsen pisau papan atas menghangatkan baja ini dengan cukup baik. Benchmade memiliki persediaan pisau s30v seumur hidup. Merek ternama lainnya di AS seperti Spyderco, Buck Knives, Zero Tolerance, dll., juga menggunakan baja ini untuk membuat pisau kelas atas.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker