Pengelasan & Welding

Baja Bohler, Mengapa Baja Bohler Sangat Unggul untuk Pisau?

Sejarah, Susunan Kimia, dan Asal Mula Baja Bohler

Baja bohler adalah salah atu jenis baja yang sangat favorit dan unggul. Ada banyak jenis baja bohler yang di produksi namun ada beberapa tipe yang banyak digunakan untuk pisau, misalnya bohler M390, M398, dan N690.

Meskipun banyak sekali digunakan untuk produksi pisau baja bohler sebenarnya ditujukan untuk pasar insdustri terutama untuk cetakan moulding dan juga mesin jet, pasar industri lebih prospektif dan memiliki pasar yang luas. Jika banyak yang menggunakan untuk pisau itu hanya sedikit alternatif dari manfat baja bohler ini.

Baja Bohler dipuji karena retensi ketajaman yang sangat baik. Tapi dari mana datangnya superstar di dunia pisau ini? Dan mengapa Baja bohler M390, M398, dan N690 begitu populer?

Dari mana Baja Bohler berasal?

Böhler M390 berasal dari pabrik Böhler Edelstahl GmbH & Co KG di Kapfenberg, Austria. Pabrikan ini memproduksi jenis baja yang sangat tahan aus dan sobek. Yang disebut ‘baja khusus’. Ini mungkin cukup mengejutkan, tetapi hampir semua jenis baja seperti yang kita kenal sekarang tidak dikembangkan sebagai baja pisau. Banyak jenis baja dikembangkan untuk bearing atau bagian dalam mesin jet. Hal yang sama berlaku untuk Böhler M390.

Baca Juga:  Regulator Gas Mesin Las GTAW (TIG), Jenis dan Cara Perawatan Regulator Gas

Meskipun Böhler M390 adalah salah satu jenis baja yang paling populer dan berkinerja terbaik di pasaran, Böhler mengembangkannya untuk digunakan dalam untuk industri cetakan injeksi. Saat melihat lembar data Böhler, Kita dapat melihat bahwa itu terdaftar sebagai tujuan utama. Fakta bahwa itu juga bagus untuk digunakan dalam pisau dianggap sebagai tujuan alternatif.

Untuk cetakan injeksi baja juga harus sangat tahan aus dan sobek. Jika ingin dapat mengambil bentuk yang sama dari satu cetakan kira-kira. 10.000 kali, seharusnya tidak aus antara casting pertama atau ke 10.000 kali. Itu sebabnya cetakan ini terbuat dari jenis baja berkualitas tinggi.

Oleh karena itu tidak mengherankan jika M390 digunakan sebagai baja untuk cetakan moulding. Bagaimanapun, pasar industri jauh lebih besar. Böhler dapat menjual lebih banyak kilo ke industri ini daripada industri pisau di mana Anda berbicara tentang lembaran baja yang relatif kecil dan ringan.

 

Mengapa Bohler M390 begitu populer?

Pertanyaan ini hadir dengan jawaban singkat: retensi ketajaman. Baja Bohler juga jenis M390 sangat tahan aus dan juga mempertahankan bentuk ketajaman tepinya dengan baik. Dengan demikian pisau yang terbuat dari baja M390 akan mempertahankan ketajamannya untuk waktu yang sangat lama.

Baca Juga:  Perbedaan Waterjet Cutting, Flame Cutting & Plasma Cutting

Ini berarti kita tidak perlu sering mengasah pisau. Lagi pula, semakin sering Anda mengasah pisau, semakin cepat aus. Tidak mungkin menajamkan pisau melebihi ketinggian penuhnya: mata pisau akan menjadi terlalu tebal di belakang tepinya. Ini berarti tidak akan mudah digunakan.

Komposisi Kimia Baja Bohler M390?

Cara Böhler memproduksi M390-nya membuat baja ini sangat tangguh. M390 diproduksi sesuai dengan proses metalurgi serbuk. Ini membutuhkan beberapa penjelasan.

Biasanya produsen menggabungkan elemen yang berbeda dalam paduan, menuangkan balok besar dan meratakannya untuk menghasilkan lembaran yang dapat digunakan oleh produsen pisau. Böhler, bagaimanapun, mengambilnya. Setelah menyatukan elemen-elemen ini, mereka memasukkannya ke dalam mesin atomisasi gas yang menyemprotkan baja cair seperti sejenis diffuser. Hasilnya adalah struktur menjadi jauh lebih halus pada tingkat molekuler.

Tentu saja ada produsen lain yang telah menguasai proses ini. Ambil contoh Crucible dengan metode CPM atau Carpenter yang menyebutnya Micro Melt.

Setelah itu Anda dapat memeriksa komposisi kimia baja. Seperti inilah tampilan M390:

Carbon1.9
Chrome20.0
Molybdenum1.0
Tungsten0.6
Vanadium4.0
Manganese0.3
Silicon0.7

 

Kelebihan dari Böhler M390

Selain retensi ketajaman, M390 memiliki beberapa kualitas bagus lainnya. baja Ini dapat dikeraskan hingga kekerasan yang relatif tinggi tanpa cepat rusak. Namun, ini tidak berarti bahwa M390 sangat tangguh. Artinya M390, jika dibandingkan dengan baja jenis lain, bisa diasah sedikit lebih tipis.

Baca Juga:  Baja CRV Pada Perkakas & Tools Apakah Berkualitas Unggul?

M390 juga relatif tahan karat. Karena banyaknya karat krom tidak akan tahan. Apalagi jika dibandingkan dengan jenis baja keras lainnya yang dikenal dengan ketahanan ketajamannya namun tetap bisa terkena karat.

Kekurangan Böhler M390

Di mana ada kelebihan, di situ juga akan ada kekurangan. M390, misalnya, relatif mahal. Dari segi harga beli per kilonya, tetapi juga dari segi modifikasinya. Aus dan tahan sobek yaitu juga berarti sulit untuk dimodifikasi. Karena itu Anda memerlukan lebih banyak waktu untuk memodifikasinya, alat amplas juga akan lebih cepat aus. Oleh karena itu, pisau yang terbuat dari baja M390 seringkali lebih mahal daripada pisau yang terbuat dari jenis baja yang berbeda.

M390 juga tidak mudah diasah. Artinya: M390 lebih menyukai pilihan batu berlapis berlian atau keramik. Sebaiknya di bawah sudut yang sangat tetap. M390 juga tidak terlalu tangguh. Ini juga tidak rapuh, tetapi Anda perlu memperhitungkannya.

 

 

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker