Pengelasan & Welding

Baja Elmax, Logam Modern Ultra Durable Retensi Tinggi

Mengenal baja Elmax, Komposisi Kimia Elmax

Baja Elmax adalah baja tahan karat generasi ke-3 yang diproduksi oleh Bohler-Uddeholm. Baja ini memiliki kandungan kromium, molibdenum, dan vanadium yang tinggi, yang memberikan ketahanan korosi dan aus yang tinggi. Ini diklasifikasikan sebagai baja super dengan sifat blade yang hebat seperti retensi tepi ultra-durabilitas yang sangat baik, ketahanan aus dan korosi yang tinggi, dan ketangguhan yang luar biasa.

Baja ini memiliki struktur butiran super halus, dan pabrikan menyebutnya sebagai baja super bersih. Tidak heran jika Elmax digunakan untuk memproduksi pisau standar US Navy Seals standar.

Namun, perlu diingat bahwa grade baja ini cukup mahal, dan Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan pisau Elmax.

Apakah Elmax tahan karat? Elmax adalah baja tahan karat karena mengandung 18% Chromium dalam komposisinya, yang lebih dari ambang batas 12% yang dibutuhkan untuk membuat baja tahan karat. Meskipun stainless, Elmax cenderung menunjukkan perilaku yang membuatnya lebih dari baja karbon.

Komposisi Elmax

Elmax terdiri dari tingkat karbon tinggi (1,70%), yang memberikan ketahanan aus dan korosi yang sangat baik. Dengan volume Karbon lebih dari 1%, baja ini tidak dapat diklasifikasikan sebagai baja kelas rendah dan menengah, sehingga memenuhi syarat sebagai baja kelas atas.

Temukan elemen lain yang digunakan untuk membuat baja ini dalam komposisi baja lengkap berikut:

ElementComposition (%)
Carbon1.70
Chromium18.00
Manganese0.30
Molybdenum1.00
Silicon0.80
Vanadium3.00

 

Sifat baja Elmax

  • Kekerasan baja Elmax

Elmax memiliki kekerasan khas Rockwell 61-62 RC, menghasilkan bilah pisau yang lebih kuat, lebih tahan lama, dan sangat tahan aus.

  • Ketangguhan Elmax

Percaya atau tidak, Elmax adalah salah satu baja terberat di luar sana saat ini. Baja ini lebih dari 50% lebih keras daripada baja bilah pisau paling populer. Oleh karena itu, pisau dapur Elmax steel, pisau berburu, dan jenis pisau lainnya tidak mudah rusak. Mereka dapat menangani tugas-tugas seperti pukulan ringan tanpa menyerah pada kekuatan lateral atau chipping di tepinya.

Baca Juga:  Setting Las GTAW Atau TIG Welding Berdasarkan SOP

Namun, beberapa pengguna pisau mengeluh bahwa pisau Elmax mereka menunjukkan tanda-tanda microchip. Ini sebagian besar terjadi ketika Anda menusukkan pisau ke dalam neraka. Karena Anda hanya tahu bahwa ini adalah baja yang tangguh, sebenarnya tidak perlu melalui penyalahgunaan yang ekstrem seperti itu hanya untuk menguji seberapa tangguhnya. Percaya saja itu akan menangani tugas-tugas sulit ketika Anda membuangnya.

  • Retensi tepi Elmax

Elmax adalah baja super yang memiliki keunggulan cukup baik. Seperti yang baru saja kami nyatakan di atas, ini menunjukkan kekerasan tinggi lebih dari 60HRC. Plus, ia memiliki volume karbida tinggi lebih dari 20%. Aspek-aspek ini bertindak sebagai rahasia untuk menjaga tepi super tajam yang tidak mudah berguling atau berubah bentuk dengan penggunaan terus menerus.

  • Ketahanan korosi Elmax

Elmax juga disukai karena ketahanan korosinya yang sangat baik. Seperti yang telah Anda lihat pada tabel komposisi di atas, ia mengandung 18% kromium. Ini adalah kandungan kromium yang sangat tinggi, dan dibutuhkan ketahanan karat dan korosi secara keseluruhan ke tingkat yang sama sekali baru.

  • ketajaman elmax

Apakah Elmax sulit diasah? Elmax cukup mudah diasah meski kandungan karbonnya tinggi. Di sinilah baja menjadi unik karena sebagian besar paduan baja karbon tinggi di luar sana cenderung memberi Anda pengalaman mengasah yang lebih buruk. Seperti yang disepakati oleh sebagian besar pengguna pisau dan pembuat pisau, mengasah Elmax adalah seperti memotong mentega dibandingkan dengan baja seperti S110V dan M4.

  • Setara baja Elmax
Baca Juga:  Baja S30V Apakah Bagus Buat Pisau? Kenali Komposisi Kimia S30V

Baja yang paling dekat dengan Elmax adalah baja Bohler M390, baja super lain yang diproduksi oleh Bohler-Uddeholm. Kami menganggap pisau ini setara dengan Elmax karena menawarkan atribut yang sama dengan baja super, dengan hanya sedikit perbedaan dalam ketajaman. Elmax dapat mencapai keseimbangan yang baik antara kekerasan dan ketajaman yang tinggi, tidak seperti baja M390.

 

Perbandingan Elmax vs baja lainnya

Sekarang setelah kami menemukan baja Elmax yang setara, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana baja premium ini dibandingkan dengan baja blade populer lainnya di luar sana.

  • Elmax vs S30VElmax juga cukup dekat dengan S30V. Keduanya berbagi tingkat kinerja yang sama di area ini: ketangguhan, ketahanan korosi, dan kemampuan mengasah. Satu-satunya area di mana kedua baja berpisah adalah bahwa Elmax menawarkan retensi tepi yang jauh lebih baik daripada S30V.
  • Elmax vs D2

Elmax memiliki ketahanan korosi yang sangat baik, dan ini berarti memecahkan masalah terbesar yang terkait dengan Baja D2. Selain itu, D2 adalah baja yang bagus dan cenderung memiliki keunggulan yang lebih baik daripada Elmax. Itu juga cenderung menjaga ketahanan tepinya sedikit lebih lama.

  • Elmax vs VG10

Meskipun Elmax dan VG10 adalah logam yang baik, Elmax berkinerja lebih baik di semua area. Ini menawarkan ketangguhan yang lebih besar, ketahanan aus yang lebih tinggi, retensi tepi yang lebih baik, dan ketahanan terhadap korosi, menjadikannya pilihan yang lebih baik daripada VG10. Satu-satunya bagian di mana Vg10 mengalahkan Elmax adalah hemat biaya, sehingga cocok untuk pengguna pisau dengan anggaran terbatas.

  • Elmax vs CPM 3V

Jika Anda menginginkan ketangguhan tertinggi, gunakan 3V karena memiliki ketangguhan yang lebih besar daripada Elmax. Tapi ada harga yang harus dibayar untuk ketangguhan yang tak tertandingi, yaitu ketangguhan korosi yang rendah. Elmax juga mengalahkan 3V dengan retensi tepi yang lebih tinggi.

  • Baja Elmax vs S90V
Baca Juga:  Titanium, Material Logam yang Unik dan Sangat Kuat

Anda mendapatkan kemampuan memegang tepi yang serupa dari kedua baja ini. Namun untuk ketangguhan, ketahanan korosi, dan penajaman yang lebih mudah, Elmax mengambil alih mahkota.

  • Baja Elmax vs S35VN

Kedua Logam ini cukup dekat, dan keduanya diklasifikasikan sebagai grade kualitas premium. Jika Anda melihat pisau Elmax dan S35VN dan bertanya-tanya yang mana yang akan dibeli, kami sarankan Anda mendapatkan salah satu dari dua pisau yang Anda sukai secara pribadi karena keduanya akan menawarkan kinerja yang sangat dekat.

  • Elmax vs Maxamet

Elmax menawarkan ketangguhan, ketahanan korosi, dan ketajaman yang lebih baik daripada baja Maxamet kelas atas. Tetapi Maxamet dikenal karena memberikan retensi tepi yang luar biasa dan akan mempertahankan keunggulannya jauh lebih baik daripada rekan Elmax-nya.

  • Elmax vs Cruwear

Perbedaan utama antara keduanya adalah Elmax adalah stainless sedangkan Cruwear non-stainless. Kedua logam cenderung melakukan hal yang sama dalam hal retensi tepi. Tapi Elmax menawarkan ketahanan korosi yang lebih baik, dan Cruwear menawarkan ketangguhan yang lebih tinggi daripada Elmax.

  • Elmax vs 204p

STC 204P buatan Amerika menawarkan retensi tepi dan ketahanan korosi yang lebih besar daripada Elmax. Elmax mengungguli 204p dengan ketangguhan dan ketajaman yang tinggi.

  • Elmax vs 20cv

Apakah Anda menggunakan Elmax atau 20CV, Anda akan tetap memiliki pisau dari logam premium. Yang mengatakan, Elmax lebih tangguh tetapi sedikit kurang tahan korosi dari 20CV (mungkin karena kromium tinggi di 20cv). Mereka memiliki retensi tepi yang serupa.

 

Sumber: https://www.cherokeeobserver.org

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker