Teknologi dan Inovasi

Di Sini Titik Terbaik Penempatan CCTV untuk Area Perkantoran dan Bisnis

Keberadaan kamera pengawas dalam sebuah tempat bisnis seperti kantor, hotel, atau pabrik dsb merupakan salah satu langkah utama dalam menjamin keamanan bisnis untuk menghindari pencurian maupun perusakan properti. Sistem pemantauan CCTV dari jarak jauh membuat pemilik bisnis tak perlu khawatir dengan hal-hal di luar produksi, layanan, dan barang sepanjang waktu.

Namun, agar CCTV dapat memantau secara maksimal dalam mengawasi properti  dan pekerja Anda, Anda harus betul-betul mempertimbangkan secara matang lokasi penempatan kameranya. Mempertimbangkan lokasi di sini berarti juga memperhitungkan ketinggian pemasangan serta sudut yang tepat. Oleh karena itu, simak saran penempatan kamera CCTV di area bisnis berikut ini agar Anda lebih melakukan pengaturan.

1. Resepsionis

Di bagian resepsionis harus ada setidaknya satu kamera CCTV karena area ini memiliki lalu lintas yang tinggi karena banyak orang keluar masuk atau melakukan transaksi. Apalagi jika meja resepsionis menghadap langsung ke jalan, maka tempat ini pasti menjadi sasaran empuk bagi pelanggar yang menerobos masuk. Selain itu, dengan adanya CCTV di  sini, Anda bisa secara berkala memonitor pegawai dan pelanggan Anda sambil mengamati orang-orang asing yang bertindak mencurigakan.

Baca Juga:  Tips Merawat CCTV Agar Awet dan Berfungsi Maksimal

2. Pintu Keluar & Pintu Masuk

Sebuah tempat komersil harus senantiasa melacak siapa saja yang masuk dan keluar dari lokasi agar memudahkan identifikasi pelanggar. Pintu keluar dan pintu masuk adalah tempat yang paling pas untuk melakukan pelacakan tersebut. Kamera CCTV yang nampak mencolok di tiap gerbang masuk akan membuat setiap orang sadar sedang dalam pengawasan sehingga perusakan maupun pencurian bisa diminimalisir.

Titik penempatan kamera yang direkomendasikan yaitu tepat menghadap pintu dan pastikan tidak menghadap langsung ke sumber cahaya. Bagian pencahayaan ini penting karena area pintu sering mengalami perubahan pencahayaan karena menerima cahaya dari luar dan dalam. Apabila cahaya yang terlalu terang mengenai sensor kamera, maka objek akan nampak kusam atau menjadi siluet hitam.

Baca Juga:  Gangguan Umum pada Kualitas Gambar Kamera CCTV dan Penyebabnya

3. Ruang Penyimpanan

Setiap tempat bisnis pasti mempunyai semacam ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan dokumen penting, uang tunai, produk, dan sejenisnya. Ruang penyimpanan merupakan hal vital bagi manajemen perusahaan dan akses masuknya terbatas. Letakkan kamera CCTV pada pintu di ruang ini supaya Anda bisa terus memantau area terlarang ini. Apabila terdapat akses illegal atas ruangan ini segera lakukan tindakan lanjutan.

4. Gudang

Gudang merupakan tempat penyimpanan barang atau produk dalam jumlah besar dengan nilai jutaan atau lebih. Tempat ini merupakan target umum para pencuri sehingga perlu dilindungi dengan kamera CCTV. Gudang yang luas dapat memerlukan beberapa CCTV agar bisa diawasi secara keseluruhan. Saat menempatkan setiap kamera, pertimbangkan adanya titik buta yang tidak nampak di kamera. Nah titik buta tersebut sebaiknya diawasi oleh kamera lain dari sudut yang berbeda.

Baca Juga:  8 Cara Mencegah Pencurian dan Perusakan Kamera CCTV Outdoor

Itulah beberapa lokasi penting yang sebaiknya diawasi dengan CCTV. Memasang CCTV di area kerja atau bisnis sama dengan berinvestasi atas keamanan bisnis Anda. Mungkin awal instalasi dan pembelian perangkatnya memang mahal, namun biaya itu justru membuat Anda bisa menghemat ke depannya. Kehilangan atau kerusakan produk dan peralatan bisa dicegah dan diawasi sehingga produktivitas semakin baik. Dengan begitu, biaya asuransi bisa terpangkas secara tidak langsung.

Sebenarnya Anda bisa memasang CCTV sendiri dengan mudah, namun jika Anda ingin yang lebih terjamin silakan serahkan pada teknisi profesional. Seorang profesional dalam instalasi CCTV dapat mengatur sudut pandang terbaik agar sebisa mungkin tidak ada titik buta.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker