Teknologi dan Inovasi

Langkah-Langkah Perawatan Drone Agar Drone Tetap Prima dan Tahan Lama

Cara Merawat Drone

Menerbangkan drone merupakan hobi baru yang akhir-akhir ini sedang digandrungi banyak orang. Jumlah orang yang memiliki perangkat ini pun turut melonjak. Sayangnya, rata-rata pilot drone biasanya hanya memerhatikan teknik menerbangkan drone atau bagaimana cara mengambil video yang bagus dengan drone. Ada hal yang kerapkali luput dari perhatian, yaitu perawatan drone. Padahal perawatan drone merupakan hal yang penting dilakukan agar drone awet dan berfungsi secara maksimal dalam jangka panjang.

Oleh karena itulah, kali ini kami akan menunjukkan langkah-langkah perawatan drone agar Anda bisa menjaga drone Anda dalam kondisi prima. Simak beberapa tips berikut!

1. Jangan Pernah Lewatkan Pemeriksaan Pra-Penerbangan

Ketika pilot sudah semakin sering menerbangkan drone, biasanya pilot akan cenderung lengah dan meremehkan tahap pemeriksaan drone sebelum diterbangkan. Drone harus benar-benar dalam keadaan siap sebelum lepas landas, jadi setiap pilot harus meluangkan waktu setidaknya satu menit untuk memeriksa tiap komponen drone. Pastikan baut-baut tidak ada yang kendor, baterai terpasang dengan benar, baling-baling sudah kencang, dll. Buatlah checklist atau daftar hal-hal yang harus diperiksa setiap kali hendak menerbangkan drone. Persiapan ini sangat vital sebagai langkah pencegahan terjadinya kecelakaan drone.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Drone Berdasarkan Bentuk dan Fungsinya

2. Perlakukan Baterai dengan Baik

Baterai merupakan nyawa sebuah drone, jika bagian ini bermasalah saat drone terbang maka drone akan terjatuh dan pastinya rusak. Baterai LiPo drone rata-rata bisa digunakan untuk 300 kali pengisian. Inilah beberapa cara merawat baterai drone tersebut:

  • Lakukan lepas landas hanya ketika baterai sudah dalam kondisi terisi penuh.
  • Ketika drone tidak sedang dipakai, lepas baterai dari drone.
  • Jangan sekalipun membiarkan baterai drone habis hingga 0%.
  • Jika baterai dalam keadaan terisi penuh, jangan diamkan lebih dari 2 hari. Lebih baik terbangkan sebentar untuk menguranginya.

3. Gunakan Tas Drone atau Case yang Pas dan Aman

Kebanyakan orang yang ingin membeli drone terlalu fokus tentang perangkat drone itu dan sering melupakan perihal bagaimana cara aman untuk membawa perangkat drone. Drone merupakan perangkat yang ringkih, apalagi terdapat baling-baling dan baterai yang harus dilepas pasang. Untuk itu, pastikan Anda memiliki tas khusus drone, bisa berupa ransel atau tas slempang. Tas khusus drone biasanya terbuat dari bahan yang aman dan empuk sehingga drone terhindar dari resiko benturan. Usahakan untuk memilih tas drone yang memiliki sekat pemisah agar printilan drone lebih terorganisir dan tidak saling bergesekan.

4. Bersihkan Drone Secara Rutin

Drone harus rutin dibersihkan untuk memastikan tidak adanya kotoran sekecil apapun dalam perangkat ini. Langkah pembersihannya cukup mudah dan tidak memakan waktu lama. Pertama-tama amati dengan detail apakah terlihat ada debu atau kotoran dalam drone. Kemudian gunakan sikat kecil yang lembut untuk membersihkan komponen drone. Anda juga bisa memakai canned air untuk mengeluarkan partikel-partikel kecil apa saja yang menyelip dalam drone. Sedangkan untuk membersihkan bagian luar body drone, bisa menggunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan cairan isopropil.

Baca Juga:  Ini 3 Alasan Kuat Untuk Tidak Memasang CCTV Palsu

5. Selalu Update Software Terbaru

Pilot harus selalu memeriksa software drone sebelum diterbangkan. Pastikan drone sudah menggunakan software terbaru. Hal ini sangat perlu dilakukan karena biasanya produsen drone akan secara berkala meluncurkan pembaruan pada sistem drone guna meningkatkan performa drona dan menangani bug. Selain itu, apalagi firmware tidak diperbaharui, drone sangat mungkin tidak bisa terbang. Misalnya DJI yang resmi menyatakan bahwa setiap drone keluaran DJI yang tidak diperbarui perangkat lunaknya tidak akan bisa lepas landas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker