NewsPengelasan & Welding

Pengelasan laser, Panduan Memilih dan membeli Mesin Laser Welding

Kelebihan mesin las laser dan kelemahannya, perhatikan ini sebelum membelinya

Pengelasan laser adalah proses pengelasan logam di mana energi laser digunakan untuk melelehkan dan menyatukan dua atau lebih bahan logam. Proses ini dilakukan dengan mengarahkan sinar laser pada area yang akan disambungkan dan membiarkannya melelehkan permukaan logam untuk membentuk pengikat logam yang kuat.

Proses welding laser ini dapat digunakan pada berbagai jenis logam, termasuk baja, aluminium, tembaga, dan titanium. Pengelasan dapat menghasilkan sambungan yang sangat presisi dan kuat, dengan deformasi yang minimal pada material logam yang disambungkan.

Proses welding laser ini juga memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan teknik pengelasan konvensional, seperti pengelasan busur listrik. Beberapa keuntungan tersebut adalah:

  1. Presisi yang tinggi: Dengan penggunaan teknologi yang canggih, pengelasan dapat dilakukan dengan presisi yang sangat tinggi, dengan ketepatan hingga dalam skala mikrometer.
  2. Zona pengaruh panas yang kecil: Proses pengelasan dapat dilakukan dengan menggunakan tenaga laser yang tinggi pada area yang sangat kecil, sehingga zona pengaruh panas (heat affected zone) yang dihasilkan pada bahan sangat kecil.
  3. Waktu proses yang cepat: Proses pengelasan dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan teknik pengelasan konvensional, sehingga dapat meningkatkan efisiensi produksi.
  4. Kualitas sambungan yang tinggi: Pengelasan dapat menghasilkan sambungan yang sangat kuat dan tahan lama, karena sifat pengelasan yang presisi dan deformasi yang minimal pada material.
Baca Juga:  Miris! Huawei sebagai Pelopor 5G tapi tidak Bisa Membuat Smartphone 5G Karena Ini!

Meskipun laser memiliki keuntungan-keuntungan tersebut, namun biaya investasi mesin pengelasan laser dan biaya operasionalnya lebih tinggi dibandingkan dengan teknik pengelasan konvensional. Selain itu, pengelasan laser juga memiliki batasan dalam hal tebalnya bahan logam yang dapat dilas dan seringkali memerlukan operator yang terlatih untuk melakukan pengelasan yang tepat.

cara kerja mesin las laser

Panduan membeli Mesin las laser

Memilih mesin las laser dapat menjadi tugas yang menantang, terutama bagi mereka yang baru mengenal teknologi pengelasan laser. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih mesin las laser:

  1. Jenis mesin las laser: Terdapat beberapa jenis mesin las laser yang tersedia, seperti mesin las CO2, mesin las serat optik, dan mesin las Nd:YAG. Setiap jenis mesin memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada aplikasinya.
  2. Daya laser: Daya laser merupakan faktor penting dalam menentukan kemampuan mesin las laser. Semakin tinggi daya laser, semakin cepat dan efisien pengelasan dapat dilakukan pada material logam.
  3. Area kerja: Ukuran area kerja pada mesin las laser juga perlu dipertimbangkan. Pastikan mesin yang akan dibeli memiliki area kerja yang sesuai dengan kebutuhan produksi Anda.
  4. Akurasi: Mesin las laser dengan akurasi yang tinggi akan memastikan pengelasan yang presisi dan efisien, terutama pada bahan-bahan dengan ketebalan yang berbeda.
  5. Ketersediaan suku cadang dan layanan purna jual: Pastikan mesin las laser yang akan dibeli memiliki ketersediaan suku cadang dan layanan purna jual yang memadai. Hal ini akan memudahkan dalam pemeliharaan dan perbaikan mesin jika diperlukan.
  6. Biaya: Mesin las laser dapat menjadi investasi yang mahal. Pastikan mesin yang akan dibeli sesuai dengan anggaran yang dimiliki, dan tetap memperhatikan kualitas dan kebutuhan produksi yang diinginkan.
  7. Pelatihan dan dukungan teknis: Dalam beberapa kasus, mesin las laser dapat memerlukan operator yang terlatih untuk melakukan pengelasan yang tepat. Pastikan pemasok mesin menyediakan pelatihan dan dukungan teknis yang memadai untuk operator yang akan menggunakan mesin tersebut.
Baca Juga:  Mesin CNC laser CO2, Panduan Lengkap Memilih dan Merawat Mesin CNC Laser

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Anda dapat memilih mesin welding laser yang sesuai dengan kebutuhan produksi Anda dan memberikan hasil welding yang berkualitas.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami