Pengelasan & Welding

Tips Pengelasan yang Baik Agar Hasil Optimal Setara Profesional

8 Tips Pengelasan Agar Optimal dan hasil Sempurna

Tips Pengelasan yang Baik Agar Hasil Optimal Setara Profesional. Penting untuk mengetahui prinsip-prinsip dasar untuk menciptakan lasan yang aman, kuat dan bersih.

Mathew Hefferan, Spesialis Aplikasi Lapangan di Welding Industries of Australia (WIA) berbagi delapan tips terbaiknya untuk membuat lasan yang bagus.

1. Keamanan (Safety)

Pastikan Anda memiliki peralatan keselamatan yang benar, termasuk sarung tangan, jaket tahan api dan helm. Dirancang untuk tukang las yang menginginkan perlindungan, kinerja, dan kenyamanan dengan harga terjangkau, bisa menggunakan helm penggelapan otomatis BlueFX & ViewFX sehingga memudahkan tukang las untuk tetap aman.

2. Tips Pengelasan: Memilih Sistem

MIG, Flux Cored, Stick dan TIG? Jangan bingung dengan semua persyaratan yang berbeda.

Pengelasan kawat menggunakan gulungan kawat yang diumpankan melalui pistol, dan pengumpanan kawat yang konstan meminimalkan start dan stop. Ini lebih cepat, lebih ekonomis dan lebih cocok untuk mengelas logam lembaran tipis.

Ada dua jenis kawat las:

  • MIG (Metal Inert Gas): Pengelasan MIG bergantung pada aliran gas pelindung yang konstan untuk melindungi lasan dari kontaminasi. Keterbatasan pengelasan MIG adalah bahwa hal itu dapat sulit digunakan di luar ruangan, dan karena harus membawa tabung gas.
  • Flux-cored: Flux-cored welding menggunakan kawat yang dirancang khusus untuk digunakan dengan atau tanpa gas pelindung tergantung pada kawat yang digunakan. Kabel yang terlindung sendiri yang dapat berjalan tanpa menggunakan gas cocok untuk pekerjaan di luar ruangan.
Baca Juga:  Sertifikasi Pengelasan, Jenis Welder Performance Qualification (WPQ)

 

Las Stik Stick (SMAW)

Pilihan terbaik untuk perbaikan cepat. Mudah diatur dan menggunakan elektroda stick seperti Austarc 16TC dan 12P, jadi Anda tidak memerlukan pengumpan kawat. Stick lebih lambat daripada pengelasan MIG, tetapi seringkali lebih mudah saat bekerja dengan logam yang kotor atau berkarat. Stick tidak disarankan untuk pengelasan logam lembaran tipis.

Tungsten Inert Gas (TIG)

Pengelasan TIG lebih disukai untuk pekerjaan arsitektur atau otomotif di mana lasan harus terlihat bagus. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mengelas logam tipis dan lembaran dan mencapai tampilan yang mulus.

Las TIG paling sulit untuk dipelajari, tetapi itu akan jadi mudah jika berupaya keras untuk bisa. Mesin TIG dapat mengelas berbagai logam, namun jika Anda ingin secara khusus mengelas aluminium TIG maka diperlukan mesin dengan kemampuan AC / DC, misalnya mesin AC / DC WIA Weldarc 200i.

Baca Juga:  Mengoptimalkan Sambungan Las dan Menghindari Kegagalan Struktur

 

3. Pilih mesin yang tepat untuk lasan Anda

Tidak ada proses pengelasan tunggal yang sesuai dengan semua aplikasi, jadi harus memilih satu yang paling cocok dengan aplikasi pengelasan.

Selama proses pemilihan, faktor-faktor berikut harus dipertimbangkan:

  • jenis material yang dilas
  • ketebalan material
  • posisi pengelasan
  • jenis sumber daya pengelasan dan jumlah arus yang tersedia

 

4. Tips Pengelasan: Pastikan Bahan bersih

Pastikan semua bahan bersih. Minyak, karat, cat, atau skala pabrik dapat menyebabkan kontaminasi dan akan menghasilkan lasan yang buruk. Sebelum Anda memulai proses pengelasan, sikat semua peralatan, permukaan dan bahan untuk memastikan semuanya bersih.

5. Pilih pengaturan yang benar

Memiliki pengaturan yang benar pada mesin las Anda akan berdampak besar pada kualitas las Anda. Setiap produk WIA dilengkapi dengan lembar data produk yang akan memungkinkan Anda untuk menentukan pengaturan optimal untuk las Anda.

Baca Juga:  Preheating Dalam Pengelasan, Fungsi dan Tujuan Preheating

6. Pertahankan stick yang benar

Saat pengelasan MIG, penting untuk menjaga tip kontak CTWD yang benar untuk jarak kerja. Jika CTWD Anda terlalu dekat, Anda akan menemukan keausan ujung yang berlebihan dan jika CTWD terlalu jauh, Anda akan mengalami pengurangan arus listrik. Kedua masalah akan menghasilkan las yang buruk.

CTWD optimal untuk kawat 0,9mm adalah 10 sampai 16mm dan untuk kawat 1,2mm adalah 16 hingga 19mm.

7. Sesuaikan mesin Anda untuk setiap las

Periksa grafik referensi Anda dan sesuaikan tegangan dan tegangan Anda agar sesuai. Buat beberapa lasan latihan pada beberapa logam bekas untuk memastikan Anda bahagia dan nyaman dengan pengaturan.

8. Berlatih, berlatih, berlatih!

Latihan membuat sempurna. Semakin banyak pengelasan yang Anda lakukan, semakin Mahir dan handal.

Kata Kunci:

cara las listrik yang benar,teknik cara mengelas listrik

Komentar

comments

Tags
panduan mengelas yang benar tips pengelasan tips pengelasan aluminium tips pengelasan plat tipis tips pengelasan stainless tips pengelasan yang benar

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker