Pengelasan & Welding

Posisi Pengelasan, Berbagai Macam Posisi dalam Proses Pengelasan

Posisi Pengelasan, Berbagai Macam Posisi dalam Proses Pengelasan. Posisi dalam Pengelasan Posisi atau sikap pengelasan yaitu pengaturan posisi atau letak gerakan elektroda las. Posisi pengealasan yang digunakan biasanya tergantung dari letak kampuh-kampuh atau celah-celah benda kerja yang akan dilas.

Posisi-posisi dalam pengelasan terdiri dari posisi di bawah tangan (down hand position), posisi pengelasan mendatar (horizontal position) , posisi tegak (vertical position), dan posisi pengelasan di atas kepala (over head position)

  • Posisi di bawah tangan (down hand position), Posisi dalam pengelasan ini adalah posisi yang paling mudah dilakukan. Posisi ini dilakukan untuk pengelasan pada permukaan datar atau permukaan agak miring, yaitu letak elektroda berada di atas benda kerja (Lihat Gambar ).
  • Posisi mendatar (horizontal position) Mengelas dengan posisi mendatar merupakan pengelasan yang arahnya mengikuti arah garis mendatar/horizontal. Pada posisiĀ  ini kemiringan dan arah ayunan elektroda harus diperhatikan, karena akan sangat mempengaruhi hasil pengelasan. Posisi benda kerja biasanya berdiri tegak atau agak miring sedikit dari arah elektroda las. Pengelasan posisi mendatar sering digunakan unutk pengelasan benda-benda yang berdiri tegak. Misalnya pengelasan badan kapal laut arah horizontal.
Baca Juga:  Bahaya Asap Las dan Pencegahannya Agar Tidak Merusak Kesehatan

posisi pengelasan

  • Posisi tegak (vertical position) Mengelas dengan posisi tegak merupakan pengelasan yang arahnya mengikuti arah garis tegak/vertikal. Seperti pada horizontal position pada vertical position, posisi benda kerja biasanya berdiri tegak atau agak miring sedikit searah dengan gerak elektroda las yaitu naik atau turun (Gambar 6c). Misalnya pengelasan badan kapal laut arah vertikal.
  • Posisi di atas kepala (over head position) Benda kerja terletak di atas kepala welder, sehingga pengelasan dilakukan diatas kepala operator atau welder. Posisi ini lebih sulit dibandingkan dengan posisi-posisi pengelasan yang lain. Posisi pengelasan ini dilakukan untuk pengelasan pada permukaan datar atau agak miring tetapi posisinya berada di atas kepala, yaitu letak elektroda berada di bawah benda kerja (Gambar ). Misalnya pengelasan atap gudang b agian dalam.
Seorang tukang las atau welder sebaiknya menghindari (bila mungkin) posisi menghadap ke atas atau pengelasan di atas kepala karena merupakan posisi yang paling sulit, tetapi pengelasan di lapangan dapat memerlukan sembarang posisi pengelasan yang tergantung pada orientasi sambungan. Posisi pengelasan dilapangan harus diperhatikan dengan teliti.

 

Baca Juga:  Tips Pengelasan yang Baik Agar Hasil Optimal Setara Profesional

Kata Kunci:

posisi pengelasan,macam macam posisi pengelasan,istilah posisi dalam mengelas,Macam2 posisi proses pengelasan,Pengelasan posisi bawah tangan berserta gambarnya,penjelasan tentang posisi posisi pengelasan,posisi,posisi las dan penjelasannya

Komentar

comments

Tags
berbagai posisi pengelasan macam posisi pengelasan panduan pengelasan posisi pengelasan posisi pengelasan over head teori pengelasan tips pengelasan

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker