Pengelasan & Welding

Teknik Pengelasan MIG (GMAW) Argon Untuk Pemula

Panduan Mengelas MIG (GMAW) untuk Pemula

Teknik Pengelasan MIG (GMAW) Untuk Pemula. MIG telah menjadi proses pengelasan yang paling populer selama beberapa dekade, baik untuk tukang las profesional dan penggemar hobi.

Teknik pengelasan MIG cepat, kuat, serbaguna dan cukup mudah bagi kebanyakan orang untuk belajar. Dalam artikel ini, kami akan membahas dasar-dasarnya – dan itu akan menjadi penyegaran yang baik bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman pengelasan.

Mari kita mulai dengan definisi: MIG adalah singkatan dari pengelasan Gas Inert Logam (Metal Inert Gas welding) secara awam disebut juga las argon. Di industri ini disebut Gas Arc Welding (GMAW) – tetapi istilah pengelasan MIG jauh lebih umum, jadi kami akan menggunakannya di sini.

Teknik Pengelasan MIG: Persiapan

Pengelasan MIG menggunakan power supply tegangan konstan Arus DC, Direct Current Electrode Positive (DCEP). Catu daya menggunakan transformator dan penyearah untuk memodulasi tegangan saluran, yang menstabilkan busur dan memberikan awal busur yang baik – serta menggabungkan sirkuit untuk melindungi terhadap kelebihan beban.

peralatan las mig

Penjepit kerja menghubungkan bahan yang dilas ke catu daya, menyelesaikan rangkaian. Ada gulungan kawat, biasanya ditempatkan di dalam kotak catu daya, bersama dengan mekanisme drive untuk memberi makan kawat melalui kabel, ke arah pistol.

Baca Juga:  Posisi Pengelasan, Berbagai Macam Posisi dalam Proses Pengelasan

Pistol genggam adalah “senjata pamungkas” dari mesin MIG. Pistol memiliki pemicu yang mengontrol beberapa fungsi secara bersamaan. Menarik pelatuk secara elektrik memberi energi pada kawat las dan penggerak motor, mengumpankan kawat secara otomatis saat Anda mengelas.

pistol pengelasan mig

Pengelasan MIG membutuhkan pengelasan agar terlindung dari atmosfer. Ini sering dilakukan dengan mengarahkan gas pelindung ke area lasan – dan aliran gas juga dikendalikan oleh pelatuk pada pistol. Kawat flux-cored digunakan untuk beberapa aplikasi pengelasan MIG, baik sendiri atau dengan pelindung gas.

Mayoritas pengelasan MIG dilakukan dengan perisai gas – karbon dioksida dan campuran argon / CO2. Botol gas memiliki regulator atau flowmeter untuk mengatur aliran gas. Ada banyak variabel di sini, tetapi aturan praktis yang baik untuk pengelasan ringan adalah menggunakan sekitar 20 kaki kubik per jam aliran gas.

tabung gas pengelasan

Setelah Anda mengembangkan beberapa keterampilan dengan pistol, Anda dapat bereksperimen dengan mengoptimalkan jumlah gas yang digunakan.

Tabel Pengelasan MIG

Sebelum mengelas, ada dua pengaturan penting yang harus dilakukan: tegangan dan kecepatan umpan kawat. Hampir setiap mesin las MIG memiliki grafik yang memberi Anda pengaturan yang disarankan. aturan ini didasarkan pada jenis bahan, ketebalan, dan diameter kawat pengisi yang digunakan.

Baca Juga:  Regulator Gas Mesin Las GTAW (TIG), Jenis dan Cara Perawatan Regulator Gas

setting las mig

 

Praktek untuk pengelasan MIG

Sebelum memulai praktek teknik pengelasan MIG, bahan harus bersih untuk mendapatkan lasan yang baik, minyak atau oli harus bersih. Pengelasan MIG lebih toleran terhadap kontaminan permukaan kecil daripada pengelasan TIG, tetapi semakin bersih logamnya, semakin sedikit masalah yang Anda miliki.

persiapan pengelasan mig

Tukang las terbaik cukup rewel tentang persiapan permukaan, dan membersihkan logam dasar adalah kebiasaan yang baik untuk dilakukan. Gunakan amplas untuk membersihkan karat.

Menyiapkan mesin dan menyiapkan bahan adalah bagian yang mudah. Cara memegang dan memindahkan pistol adalah kunci yang mengatur kualitas dan penampilan lasan Anda. menggunakan pegangan dua tangan pada pistol untuk mendukung tangan, pergelangan tangan, lengan, atau siku Anda dengan cara yang memungkinkan Anda untuk memindahkan pistol dengan lancar, sambil mempertahankan kontrol yang tepat. Posisi pistol dan jarak dari pistol ke pekerjaan sangat penting.

Semakin jauh ujung las dipegang dari pekerjaan, semakin jauh kawat harus memanjang untuk memenuhi logam yang dilas. Panjang kawat antara pistol dan logam dasar disebut stickout dan memiliki efek BESAR pada kualitas lasan.

Stickout normal biasanya sekitar 3/8 inci. Jika Anda membiarkan pistol merayap lebih jauh dari logam itu meningkatkan stickout, yang menempatkan lebih sedikit panas ke dalam logam dan dapat mengurangi cakupan perisai gas.

Baca Juga:  Mengoptimalkan Sambungan Las dan Menghindari Kegagalan Struktur

Sudut kemiringan yang ideal untuk memulai adalah 15 derajat.

cara mengelas mig

Untuk lasan filet 90 derajat, pistol biasanya dipegang pada 45 derajat, meskipun ini mungkin perlu dimodifikasi untuk logam tipis. Jika lasan fillet dikonfigurasikan sebagai T terbalik (seperti foto di bawah), bagian horizontal dapat menghilangkan panas pada kedua sisi lasan.

Elemen vertikal berakhir di lasan, sehingga tidak bisa membuang panas sebanyak-banyaknya; ini terkadang menyebabkan hasil seperti terbakar. Memiringkan pistol sedikit jauh dari elemen vertikal akan membantu dalam situasi seperti ini.

Kecepatan saat menggerakkan pistol juga sangat penting. Terlalu lambat atau terlalu cepat dapat mengurangi penetrasi. Beberapa tukang las memegang pistol dengan stabil saat maju di sepanjang sambungan, tetapi ada berbagai teknik untuk mengelas atau menggoyangkan pistol yang mungkin bermanfaat.

Tidak ada aturan baku harus seperti apa gerakan las. Perlu jam terbang dan uji coba berkali-kali sehingga kita bisa mersakan nyaman dan menemukan feeling yang tepat saat mengelas.

 

Komentar

comments

Tags
cara las argon teknik las co2 teknik las gmaw teknik las mig teknik mig welding tutorial las argon tutorial las mig

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker