3D Printing & CNC

3 Kegunaan Mesin Router CNC dan Panduan Pengoperasian untuk Pemula

Teknologi CNC (Computer Numerical Control) telah umum tertanam dalam perkakas permesinan saat ini. Mesin CNC menawarkan efisiensi dan presisi yang menggiurkan. Tak heran jika banyak sektor industri sudah memanfaatkannya untuk meningkatkan proses produksi. Salah satu alat yang familiar dipergunakan yakni jenis mesin router CNC.

Router CNC memiliki fungsi serupa dengan router konvensional yang berfungsi untuk memotong berbagai jenis material misalnya kayu, baja, busa, plastik, komposit, dan aluminium. Bedanya tentu saja mesin router ini didukung oleh pemrograman CNC yang berarti kinerja mesin dikontrol melalui komputer sesuai perintah bahasa numerik. Alat ini dinilai menghasilkan limbah industri lebih minim serta menaikkan tingkat produksi barang karena mampu membuat barang dengan waktu lebih cepat dibanding versi manualnya.

Dari segi ukuran, ada dua varian perangkat ini. Pertama, mesin router CNC berukuran raksasa dengan tenaga yang kuat dan diperuntukkan bagi industri besar, jenis ini tentu memerlukan banyak ruang untuk meletakkannya. Kedua, yaitu router CNC desktop yang ukurannya lebih praktis sehingga bisa ditaruh di atas meja. Gunakan jenis yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga:  Perbedaan Mesin Milling CNC dengan Mesin Bubut CNC yang Perlu Anda Ketahui!

Kegunaan Mesin Router CNC

Mesin CNC jenis ini merupakan jenis yang pemanfaatannya termasuk luas meliputi pembuatan dekorasi (interior maupun eksterior), ukiran kayu, daun pintu, bingkai, papan penanda, hiasan, peralatan musik, hingga mebel. Secara umum kegunaan mesin router CNC dibagi menjadi tiga fungsi utama yaitu:

a. Pemotongan (Cutting)

Serupa dengan mesin milling, mesin router ini juga dapat digunakan untuk memotong material berbagai jenis seperti kayu, logam, kaca, dan keramik. Untuk memotong, mesin router CNC memakai tiga pergerakan sehingga asil akhirnya pun presisi dan nampak sangat bagus, apalagi dapat dibuat dalam waktu singkat.

b. Pengukiran (Engraving)

Ciri khas mesin router adalah kemampuannya untuk melakukan pengukiran atau grafir material yang sangat membantu untuk menghasilkan karya seni yang mengagumkan. Pengukiran dengan mesin ini sama halnya dengan mengukir manual yaitu sama-sama harus didasari oleh skill yang mumpuni sehingga mesin harus dioperasikan oleh ahlinya. Contoh benda yang dihasilkan melalui pemahatan atau pengukiran dengan mesin ini yaitu piala, perhiasan, dekorasi, aksesoris, furniture, dll.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Memilih 3D Printer Berkualitas yang Tepat untuk Pemula?

c. Penandaan (Marking)

Tanda atau marka biasanya berupa tulisan atau simbol yang menjadi pengenal sebuah merk atau perusahaan. Tanda ini dapat dibuat di berbagai jenis material yakni kayu, kaca, logam, dll. Mesin router CNC akan sangat memudahkan pembuatan marka ini karena operator tidak perlu mengendalikan mesin secara manual dengan tangan sehingga hasil marking akan menjadi lebih sempurna tanpa kesalahan.

Cara Mengoperasikan Mesin Router CNC

  1. Pertama-tama siapkan seperangkat komputer yang sudah memiliki program CAD (Computer Assited Design). Untuk mesin router CNC versi desktop biasanya sudah otomatis dilengkapi dengan software CAD agar memudahkan untuk membuat rancangan potongan.
  2. Selanjutnya, pilihlah jenis alat potong yang dibutuhkan melalui program toolpath yang ada di mesin. Software yang telah tertanam di mesin akan memprosesnya dengan melakukan penghitungan perintah pemotongan untuk kemudian menghasilkan file final yang tinggal Anda namai dan simpan.
  3. Lalu, siapkan material yang digunakan misalnya kayu. Letakkan di atas meja kerja dan pasang dengan bit benar dan pastikan tercengkram dengan aman agar objek tidak bergeser.
  4. Mesin Router CNC selanjutnya akan melakukan kerja pemotongan secara otomatis.
Baca Juga:  Macam-Macam Material yang Cocok Digunakan untuk Laser Cutting

Demikianlah penjelasan tentang fungsi dan cara mengoperasikan mesin router CNC khususnya versi desktop. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat ini akan memudahkan kerja kreatif yang sarat dengan detail dan seni. Namun, tetap dibutuhkan kreatifitas dan ketelitian yang tinggi agar suatu karya berhasil diciptakan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami