Pertukangan Bangunan

Plafon Triplek, Kelebihan & Kelemahan Serta Perawatan Plafon Plywood

Plafon Triplek, Kelebihan & Kelemahan Serta Perawatan Plafon Plywood. Material plafon tersedia banyak ragam dan jenisnya di pasaran. Saat ini yang cukup populer adalh plafon Gypsum dan plafon plywood atau plafon triplek. berbagai material tersebut mempunyai kelebihan naum juga mempunyai kelemahan. Namun yang paling penting adalah upaya merawat plafon agar tetap terjaga penampilan dan performanya.

Plafon triplek banyak digunakan karena sifatnya lentur dan ringan sehingga mudah dibentuk. beragam ukuran ketebalan pun tersedia di pasaran. Selain itu tampilan dari plafon triplek bisa difinising dengan beragam cat dan bahkan warna alami kayu.

Kelebihan Plafon Triplek:

  • Banyak tersedia di toko bangunan
  • Mudah untuk dipasang dan diganti
  • Harga triplek relative murah
  • Memiliki bobot yang ringan

 

Kekurangan Plafon Triplek:

  • Tidak tahan cuaca hujan jika dipakai untuk eksterior
  • Pada plafon mudah rusak, jika terkena air rembesan dari atap yang bocor
  • Terbuat dari bahan yang mudah terbakar
Baca Juga:  Mengenal Bata Ringan dan Cara pembuatan Bata Ringan, Hebel, Beton Ringan

 

Merawat Plafon Triplek:

Plafon dipasang tepat di bawah atap sehingga membuatnya sulit dijangkau. Mungkin selama ini Anda harus menaiki tangga untuk sekadar membersihkan plafon tersebut. Akibatnya Anda pun merasa malas untuk mengerjakannya secara rutin karena sangat merepotkan. Solusinya yaitu Anda bisa menyediakan sapu khusus untuk plafon. Sapu ini mempunyai bagian pegangan (handle) yang sangat panjang sehingga kita bisa langsung menjangkau area plafon tanpa perlu naik apapun.

  • Bersihkan Minimal Sebulan Sekali

Walaupun luas bidang plafon sama seperti lantai, tetapi plafon membutuhkan perawatan yang lebih sedikit. Posisinya yang berada di atas membuat permukaannya tidak mudah kotor. Hanya partikel-partikel debu yang beterbangan lalu menumpuk di permukaan plafon yang mengotori bidangnya. Anda tidak boleh membiarkan tumpukan debu ini karena bisa berubah menjadi noda membandel berwarna hitam. Bersihkan plafon memakai sapu khusus minimal setiap sebulan sekali.

 

  • Berikan Lapisan Finishing yang Tepat

Triplek mempunyai pori-pori yang ukurannya cukup lebar. Anda bisa merasakannya dengan meraba permukaan triplek yang terasa kasar. Hal ini mengakibatkan partikel-partikel debu mudah sekali menempel di permukaan triplek. Akibatnya plafon ini lebih cepat kotor daripada plafon gypsum. Untuk mencegah masalah tersebut, ada baiknya Anda memberikan finishing terlebih dahulu dengan mengaplikasikan dempul dan pelitur. Buatlah tekstur triplek menjadi lebih halus.

Baca Juga:  Kelebihan Helix Pile untuk Konstruksi Pondasi

 

  • Segera Perbaiki Atap yang Bocor

Musuh utama triplek dan kayu olahan lainnya adalah air. Triplek sekuat apapun akan menjadi rusak dan hancur lebur manakala terkena air dalam jangka waktu yang lama. Apabila atap di rumah Anda bocor, air hujan akan membasahi plafon. Hal ini mengakibatkan plafon tersebut berubah warna menjadi kecokelat-cokelatan, permukaannya bergelombang, dan akhirnya rusak. Jadi segera perbaiki secepatnya kebocoran yang melanda atap rumah Anda.

 

  • Jaga Suhu Udara di Dalam Ruangan

Ruangan yang hendak dipasangi atap dari triplek harus mempunyai sirkulasi udara yang baik. Paling tidak ruangan tersebut dilengkapi dengan jendela. Sirkulasi udara yang lancar membuat tingkat kelembaban udara di dalam ruangan tetap terkendali. Kondisi ruangan tersebut tidak terlalu lembab. Aspek kelembaban udara merupakan masalah serius bagi plafon triplek. Bukan tidak mungkin permukaan triplek menjadi bergelombang dan menggelembung akibat tingkat kelembaban udara yang terlalu tinggi.

Baca Juga:  Tahapan Mengecat Dinding Rumah yang Tepat dan Efisien

 

  • Perbaiki Kerusakan Pada Plafon

Rata-rata plafon triplek mampu bertahan hingga usianya mencapai sekitar 2-3 tahun. Setelah itu, berbagai masalah pun akan muncul. Salah satunya plafon triplek yang berlubang. Lubang pada plafon ini biasanya timbul akibat ulah binatang pengerat seperti tikus. Tikus senang sekali membuat sarang di atas plafon karena gelap, lembab, dan aman dari gangguan manusia. Saking amannya, tikus-tikus ini menggerogoti plafon sesuka hati. Anda harus memperbaikinya supaya keindahan plafon tetap terjaga.

Kata Kunci:

cara memperbaiki triplek rusak,gambar rumah di plafon triplek,pelapaon triplek,pelapon polywod,Plapon tr,triplex untuk plafon

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker