Konstruksi

Besi Cor Atau Besi Casting beserta Proses Pembuatannya

Apa itu Besi Tuang Atau Besi Cor

Besi Cor Atau Besi Casting beserta Proses Pembuatannya. Besi ditemukan dalam komposisi banyak paduan logam yang berbeda. Tanpa itu, baja karbon, baja tahan karat, superalloy, dan beberapa kelompok paduan logam lainnya tidak dapat diproduksi.

Apa itu besi cor?

Besi tuang adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keluarga paduan logam yang elemen paduan utamanya adalah besi. Karena namanya, beberapa orang cenderung berpikir bahwa besi cor pada dasarnya adalah besi 100%. Ini tidak benar. Faktanya, baja karbon memiliki jumlah elemen besi yang lebih tinggi daripada besi tuang.

Untuk dianggap sebagai besi Tuang, paduan besi yang dominan harus memiliki karbon lebih dari 2% agar paduan akhir dapat dianggap sebagai besi tuang. Logam cor juga memiliki jumlah yang lebih kecil dari paduan lainnya, dengan mangan dan silikon. Elemen paduan tambahan ini digunakan untuk memodifikasi lebih lanjut sifat-sifat besi cor dan menghasilkan paduan besi tuang tertentu.

Baca Juga:  Peralatan Bangunan yang Wajib Dimiliki Kontraktor

Ada juga tidak hanya satu kelompok besi cor. Sebenarnya, ada empat subtipe utama dari paduan besi cor. Ini adalah:

  • Besi cor ulet: Mengandung nodul grafit sehingga lebih ulet daripada besi cor lainnya sambil tetap memiliki sifat kekuatan yang sangat baik
  • Besi tuang abu-abu: Memiliki serpihan grafit di dalamnya yang meningkatkan kemampuan mesinnya dibandingkan dengan besi tuang lainnya
  • Besi Tuang putih: Memiliki jumlah karbida besi yang tinggi, membuatnya sangat rapuh tetapi dengan tingkat ketahanan aus yang tinggi
  • Besi tuang lunak: Pada dasarnya besi tuang putih yang telah dipanaskan secara khusus untuk mengubah karbida besi menjadi nodul grafit; itu memiliki sifat yang mirip dengan besi cor ulet

Bagaimana besi cor dibuat?

Proses pembuatan besi tuang adalah bagaimana logam mendapatkan namanya. Untuk membuat besi tuang, bijih besi dipanaskan dalam tungku sampai menjadi cair. Kemudian logam cair dilemparkan (dituangkan dan dibiarkan mengeras, dalam bentuk ingot).

Ingot besi tuang dilebur lagi menjadi cetakan akhir. Selama peleburan berikutnya, besi tuang mungkin memiliki beberapa modifikasi metalurgi yang dilakukan melalui pengenalan elemen paduan atau proses perlakuan panas. Seringkali, di sinilah besi tuang masuk ke dalam spesifikasi salah satu dari empat kelompok yang disebutkan di atas.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Sertifikat Tenaga Konstruksi dari Kementrian PUPR

Besi tuang, ketika dicairkan, memiliki fluiditas yang lebih baik daripada baja. Besi tuang juga memiliki suhu leleh yang rendah. Kedua atribut ini membuat besi tuang menjadi kandidat ideal untuk proses pengecoran. Ini sebagian mengapa begitu populer. Namun, dengan peningkatan teknologi untuk pembuatan dan pembentukan baja, penggunaan besi tuang telah berkurang selama beberapa abad terakhir.

 

Di mana besi Tuang digunakan?

Besi Casting banyak digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan kekerasan tinggi dan ketahanan abrasi dan kurang memperhatikan sifat struktural. Ini karena baja umumnya dapat dimodifikasi untuk memiliki karakteristik struktural yang lebih diinginkan daripada besi tuang untuk banyak proyek.

Meskipun, sebelum baja menjadi lebih umum, besi Tuang agak populer untuk tujuan struktural. Besi cor juga cukup terjangkau karena persyaratan elemen paduan dasar dan metode produksi yang murah. Oleh karena itu, masih cukup umum untuk melihat besi Tuang digunakan di seluruh dunia saat ini.

Baca Juga:  JENIS DAN KARAKTERISTIK KONSTRUKSI KABEL BAWAH LAUT

Berikut adalah beberapa contoh, meskipun penting untuk diketahui bahwa ini akan bervariasi tergantung pada salah satu dari empat jenis besi Casting yang disebutkan di atas yang dipilih:

  • Cakram rem
  • Roda gigi dan pelat roda gigi
  • Sprocket
  • Rantai
  • Mesin
  • Peralatan masak
  • Potongan arsitektur dekoratif
  • Blok mesin
  • Poros dan batang dari berbagai jenis
  • Perumahan
  • Peralatan pertambangan

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker