Konstruksi

Cara untuk Menghemat Biaya Konstruksi Bekisting

Cara untuk menghemat biaya konstruksi bekisting mempunyai dampak cukup signifikan karena mampu menurunkan total biaya proyek. Biaya konstruksi bekisting menyumbang hingga 60% dari seluruh biaya konstruksi struktur beton, sehingga dengan menghemat biaya konstruksi bekisting sebuah proyek dapat menghemat lebih dari separuh biaya pengerjaan.

menghemat biaya konstruksi bekisting

Ada beberapa cara untuk menghemat biaya konstruksi bekisting, misalnya, menggunakan satu skema untuk keseluruhan proyek, dan masih ada beberapa cara lainnya seperti berikut

  1. Gunakan skema pembingkaian tunggal untuk seluruh proyek. Hal tersebut akan memangkas mobilisasi pekerja dan mengurangi biaya konstruksi bekisting.
  2. Menyeragamkan ukuruan kolom dan balok, sehingga dapat menghemat biaya dengan menyederhanakan pembentukan.
  3. Meningkatkan penggunaan kembali ukuran bentuk yang sama tiap kolom, secara horizontal dalam satu lantai dan vertikal dalam satu tumpukan.
  4. Dianjurkan untuk menggunakan ketinggian lantai-ke-lantai yang konstan. Namun, jika diperlukan perubahan, kurangi ketinggian di lantai atas. Akan lebih murah dan lebih mudah untuk memotong bentuk kolom daripada ekstensinya(kelebihan).
  5. Buat ketinggian drop panel pas dengan dimensi kayu standar.
  6. Menghemat waktu dan biaya dengan meng-orientasikan semua pembingkaian dalam satu arah jika pembangunan menggunakan sistem one-way.
  7. Gunakan kedalaman yang sama untuk semua balok karena pengurangan biaya akan melebihi peningkatan biaya baja dan beton.
  8. Pertimbangkan pelat datar untuk bentangan hingga 7,6 m karena sistem pembuatannya yang terjangkau, tercepat, dan mudah.
Baca Juga:  Alat Berat Compactor, Alat Pemadat Tanah Andalan Kontraktor Jalan dan Infrastruktur

Cara diatas dapat dipertimbangkan untuk proses konstruksi bekisting, tetapi Keputusan yang dibuat pada tahap desain dapat memainkan peran penting dalam hal ini. Bahan-bahan baru, aksesori, dan komponen bekisting prefabrikasi dapat memungkinkan desainer untuk mencapai tujuan desain mereka dengan biaya lebih rendah.

Komentar

comments

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker