Konstruksi

Jenis Marka Jalan dan Model Penandaannya Secara Internasional

Jensi Marka jalan yang Ada di Dunia

Jenis Marka Jalan dan Model Penandaannya Secara Internasional. Jenis Marka jalan adalah penghalang psikologis dan komponen penting dari jalan raya, yang berfungsi dalam membimbing dan mengendalikan lalu lintas. Ini juga menyalurkan pergerakan pejalan kaki dan pengendara sepeda ke lokasi yang aman memastikan arus lalu lintas yang lancar dan teratur dan untuk mempromosikan keselamatan jalan.

Pada artikel ini, kami membahas 7 jenis marka jalan yang diklasifikasikan berdasarkan
penempatan tanda yang berkaitan dengan pergerakan kendaraan dan juga berdasarkan pada fungsi tanda tersebut.

1. Jenis Marka Jalan Tanda Longitudinal

Tujuan utama penandaan longitudinal adalah untuk membimbing dan menavigasi pengemudi untuk meneruskan gerakan dan untuk mencegah manuver menyalip di lokasi berbahaya untuk menghindari kecelakaan tabrakan dan kecelakaan tabrakan.

Baca Juga:  Manajemen Keuangan Proyek Konstruksi Agar Kas Aman Terkendali

Tanda longitudinal biasanya dalam warna putih dan kuning, di mana putih digunakan dengan jelas dan kuning digunakan di mana dilarang keras untuk tidak diangkangi oleh kendaraan. Klasifikasi tanda longitudinal tercantum dalam tabel di bawah ini.

marka jalan longitudinal

 

2. Tanda Melintang (Transverse Marking)

Penandaan melintang disediakan di seberang jalan untuk tujuan kontrol lalu lintas dengan garis putus-putus, jalur kontinu tunggal / ganda seperti penandaan berhenti dan penandaan memberi jalan. Tanda-tanda melintang ini selalu disertai dengan tanda-tanda yang sesuai.

Klasifikasi tanda melintang tercantum dalam tabel di bawah ini

marka penandaan melintang

 

3. Jenis Marka Penanda Bahaya

Penandaan bahaya memfasilitasi tindakan utama kendaraan seperti penggabungan / penyelaman lalu lintas, larangan untuk menyeberang, dan membelokkan lalu lintas menjelang situasi berbahaya. Penandaan ini umumnya dilakukan dengan tanda chevron dan diagonal, tanda menetas dan tanda larangan.

Baca Juga:  Cara Perusahaan Konstruksi Modern Memilih Material Bangunan

Tanda bahaya harus selalu disertai dengan tanda yang sesuai. Klasifikasi tanda bahaya tercantum dalam tabel di bawah ini

jenis marka jalan penanda bahaya

 

4. Jenis Marka Jalan Penandaan Blok

Penandaan dibuat di jalan yang ada di blok seperti zebra cross untuk pejalan kaki, tanda segitiga dan kotak-kotak untuk pemecah kecepatan. Kualitas tanda blok dengan visibilitas yang memadai adalah yang paling penting.

Aplikasi cat termoplastik untuk marka blok umumnya berbeda dari marka longitudinal. Tanda bahaya harus selalu disertai dengan tanda yang sesuai. Klasifikasi tanda blok tercantum dalam tabel di bawah ini.

jenis marka Block

 

5. Jenis Marka jalan Panah

Panah-panah yang dilukis di jalur kereta dimaksudkan untuk memberikan arah bagi pengemudi untuk mengambil belokan wajib.

Baca Juga:  Dua Tipe Pondasi Konstruksi Bangunan dan fungsinya. Mana yang lebih efektif?

Aplikasi cat termoplastik untuk marka blok umumnya berbeda dari marka longitudinal. Tanda bahaya harus selalu disertai dengan tanda yang sesuai. Klasifikasi tanda panah tercantum dalam tabel di bawah ini.

jenis marka panah

 

6. Penandaan Searah (Directional)

Pesan kata yang sifatnya directional diklasifikasikan di bawah tanda arah. Klasifikasi penandaan terarah tercantum dalam tabel di bawah ini.

marka jalan directional

 

7. Jenis marka Jalan Penandaan Fasilitas

Penandaan yang dimaksudkan untuk memfasilitasi parkir kendaraan disebut sebagai penandaan fasilitas. Klasifikasi tanda fasilitas tercantum dalam tabel di bawah ini

marka tanda fasilitas

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker