Kendaraan Listrik

Sepeda Listrik Solusi Berkendara Efisien, Hemat, Praktis, Bebas Polusi

Sepeda Listrik Solusi Berkendara Efisien, Hemat, Praktis, Bebas Polusi. Di Eropa, Amerika, China, dan Australia Sepeda listrik atau e-bike telah menjadi trend dan gaya hidup. Bahkan di China 100% jasa pengiriman sudah menggunakan e-bike sebagai media pengiriman jangka pendek.

 e-bike memberi sebuah harapan bagi kota-kota dunia dg kepadatan lalu lintas tinggi dan tingkat polusi yang ekstrim. Bahkan e-bike mampu menekan laju kecelakaan lalu lintas hingga 80%.

Inovasi dan teknologi kendaraan listrik memang berkembang sedemikian pesat khususnya dinegara-negara maju. Di indonesia memang belum populer, kalah gengsi dan kalah mahal dengan sepeda motor padahal dari segi penghematan dan solusi jangka panjang jelas jauh berbeda.

Teknologi fan perkembangan e-bike di tanah air belum massif bahkan mungkin belum ada pabrikan yang fokus. Namun indonesia memegang kunci sukses kendaraan listrik, terutama mobil listrik dan motor listrik karena melimpah sumberdaya alam pembuat baterai yaitu nikel dan kobalt.

Baterai adalah backbone utama bagi energi bersih mulai tenaga listrik surya hingga mobil listrik. Pembangunan pabrik baterai terbesar di Morowali Sulawesi akan membuat indonesia sangat diperhitungka .

Kembali pada sepeda listrik, berikut ini adalah bagian-bagian dari e-bike yang umum digunakan yaitu:

  • Baterai  dan Chargernya

Baterai atau akumulator pada sepeda listrik adalah sumber energi listrik penggerak dinamo. Baterai yang ada di e-bike tentunya adalah baterai rechargeable atau yang bisa diisi ulang. Biasanya baterai yang dipakai adalah dari tipe Lithium. Bagian baterai inilah yang merupakan salah satu bagian termahal dari sebuah motor listrik.

Namun saat ini dengan perlembangan teknologi, baterai sepeda listrik semakin murah produksinya. Bahkan ada teknologi baru beberapa baterai yg sudah mulai dikenalkan misalnya baterai LTO (lithium titanate oxide)

  • Motor Dinamo Sepeda Listrik

Dinamo adalah alat pada sepeda listrik yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Pada e-bikek dinamo yang dipakai adalah dinamo DC atau dinamo arus searah.

Dinamo yang bisa dipakai bisa yang berupa brushes dinamo maupun brushless dinamo, namun karena mempertimbangkan faktor efisiensi maka yang biasa dipakai adalah dinamo brushless (BLDC).

Baca Juga:  Mobil Listrik Akan Menjadi Kendaraan Masa Depan, Simak Faktanya!

 

  • Controller Sepeda Listrik

Controller ini berguna untuk mengendalikan kecepatan dari e-bike. Berdasarkan letaknya controller ini ada dua macam yakni controller yang diletakkan di stang berupa throttle control dan yang ada pada bagian kaki yakni pedal assist system.

 

  • Panel Display

Panel display pada sebuah e-bike ini biasanya adalah sebuah layar LCD yang menampilkan kondisi dari e-bike tersebut. Beberapa yang ditampilkan dalam panel display ini diantaranya adalah kecepatan sepeda, suhu dari dinamo dan kondisi baterai.

Keunggulan sepeda listrik

  • Harganya murah

Jika dibandingkan dengan sepeda motor maka harga e-bike bisa dikatakan sangat murah, sebuah sepeda listrik murah dengan model biasa harganya kurang lebih hanya sepertiga dari sepeda motor.
  • Lebih ramah lingkungan

Karena tidak menggunakan bahan bakar maka e-bike tidak mengeluarkan asap sisa pembakaran sehingga penggunaan e-bike ini tidak menambah polusi udara.
  • Tidak bising

Karena penggerak dari e-bike ini menggunakan dinamo listrik BLDC yang minim getaran sehingga bunyi yang timbul dari sepeda listrik nyaris tidak terdengar.

Baca Juga:  Sepeda Listrik Harley Davidson untuk Anak-anak, Keren!
  • Bisa sebagai sarana olahraga

Pada e-bike model pedal, sepedanya bisa digunakan sebagai sepeda biasa dengan menonaktifkan dinamonya. Jadi ketika kita kehabisan daya baterai di tengah jalan sepeda bisa dijalankan dengan cara dikayuh.

  • Perawatan Mudah

Pada e-bike tidak dibutuhkan perawatan perawatan yang rumit seperti sepeda motor. Misalnya saja di sepeda listrik kita tidak perlu mengganti cairan  aki seperti pada motor.


Kekurangan Sepeda Listrik

  • Tidak Cocok Untuk Jarak Jauh

Karena daya dari baterai e-bike yang harus diisi ulang setiap jarak tertentu sementara saat ini di Indonesia charging station / stasiun pengisian listrik umum masih minim atau bahkan nyaris belum ada maka sehingga mau tidak mau jarak yang bisa kita tempuh hanya terbatas ke tempat yang dekat dengan rumah kita atau tempat kita mengisi ulang baterai. 

  • Kecepatan yang terbatas

Setahu saya saat ini kecepatan maksimal dari sebuah e-bike ada di kisaran 45 km per jam. Kecepatan ini tentunya cukup jauh jika dibandingkan dengan kecepatan sepeda motor. Namun dengan kecepatan ini sebenarnya sudah cukup lumayan untuk puang pergi ke tempat kerja atau sekolah yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Baca Juga:  Mobil Listrik Akan Menjadi Kendaraan Masa Depan, Simak Faktanya!

 

  • Waktu Pengisian Ulang Baterai Lama

Untuk mengisi ulang baterai dari sepeda listrik dibutuhkan waktu beberapa jam tergantung dari kapasitas baterai dan besar kecilnya arus pengisian dari charer. Bandingkan dengan sepeda motor yang pengisian ulangnya hanya beberapa menit. Namun enaknya di sepeda listrik ini saat melakukan isi ulang kita bisa tinggalkan sepeda kita tanpa perlu khawatir overcharge.

Harga Sepeda Listrik

Harga sepeda listrik sangat bervariasi, ini tentu sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya kapasitas dan kualitas baterai, kualitas dinamo penggerak, dan fitur fitur lainnya. Namun pada umumnya sepeda listrik untuk entri level dan medium level dipatok antara Rp. 2 Juta – Rp. 7 Juta.

Sementara e-bike kelas High end harganya bisa diatas Rp. 10 Juta – Rp. 40 juta. Memilih e-bike untuk sebagian kalangan kalangan selain hemat energi dan efektifitas juga karena komitmen peduli lingkungan. Apalagi jika daya listrik yang digunakan adalah hasil dari panel surya tentu kita akan bisa menekan polusi dan menjaga ketahanan energi untuk jangka panjang.

Komentar

comments

Tags
Harga baterai sepeda listrik Harga bldc sepeda listrik Komponen sepeda listrik Merangkai baterai sepeda listrik Sepeda listrik Sparepart sepeda listrik tips membeli sepeda listrik

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker