Kendaraan Listrik

Mobil Listrik Akan Menjadi Kendaraan Masa Depan, Simak Faktanya!

Alasan Kenapa Harus Memilih Mobil Listrik untuk Kendaraan Masa Depan. Perkembangan mobil listrik meski terkesan sedikit lambat namun dipastikan akan menjadi tumbuan ekosistem transportasi masa depan. Berbagai penelitian untuk efisiensi dan powertrain kendaraan listrik terus dikebut, meskipun Tesla sudah mulai membuktikan sebagai salah satu Kendaraan listrik yang paling sukses dan terus berkembang.

Perkembangan mobil listrik juga ikut memacu perkembangan teknologi pendukungnya seperti baterai, dan berbagai kendaraan listrik lain seperti sepeda listrik, dan motor listrik. Apalagi jika ekosistem energi bersih semakin meningkat seperti panel surya ataupun sumber energi alternatif lain.

Berikut Ini Adalah Alasan kenapa Harus menggunakan Mobil listrik

  • Energi listrik jauh lebih murah dibanding energi fosil karena bisa bersumber dari anergi terbarukan. Kendaraan listrik juga dapat menghemat biaya perawatan.
  • Baterai Kendaraan listrik tidak memiliki mesin bensin, mereka tidak memerlukan penggantian oli, busi, atau timing belt, dan tidak seperti motor bensin, motor listrik tidak memerlukan perawatan rutin. Pengurangan biaya pemeliharaan ini dapat menghemat pemilik EV lebih dari $ 1.500 selama masa pakai kendaraan, dibandingkan dengan versi kendaraan bertenaga bensin.
  • Bahkan ketika listrik yang digunakan untuk bahan bakar Mobil listrik berasal dari listrik yang didominasi batu bara, mobil listrik masih menghasilkan lebih sedikit polusi pemanasan global. Banyak pemilik Kendaraan listrik juga memilih untuk mengecas dengan panel surya. Ketika diberdayakan secara paralel dengan energi bersih, mobil listrik dapat beroperasi hampir bebas emisi.
Baca Juga:  Sepeda Listrik Harley Davidson untuk Anak-anak, Keren!

 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mendukung penuh penggunaan Kendaraan listrik di Indonesia. Ia menjelaskan langkah ini merupakan salah satu cara untuk mendukung ketahanan energi nasional.

“Kendaraan listrik ini menurut saya suatu keharusan, kenapa? Apapun juga kebijakan ketahanan energi nasional itu adalah kita berusaha semaksimal mungkin energi yang digunakan di dalam negeri harus berasal dari domestik, sehingga mengurangi impor,” kata Jonan.

Saat ini konsumsi bahan bakar minyak (BBM) nasional kata Jonan mencapai 1,4 juta barel per hari (bph) sementara produksi minyak nasional hanya 800.000 bph. Untuk mencukupi konsumsi BBM, maka sisanya diimpor.

Kendaraan listrik akan menjadi masa depan Indonesia karena bisa menekan impor BBM, meningkatkan ketahanan Energi. Apalagi Indonesia punya harga karun pendukung mobil listrik yaitu Nikel dan Kobalt. Bahkan pabrik baterai terbesar didunia sudah dibangun di Morowali Sulawesi. Siapkan Anda beralih ke kendaraan listrik?

Baca Juga:  Sepeda Listrik Solusi Berkendara Efisien, Hemat, Praktis, Bebas Polusi

 

Builder ID terlibat aktif dalam kampanye dan sosialisasi energi bersih dan ekosistem pendukungnya termasuk aktif memberikan info tentang transformasi adopsi kendaraan listrik.

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker