Kendaraan Listrik

Tesla Memesan 45 GWh baterai Mobil Listrik dari CATL

Baterai CATL dilaporkan akan digunakan untuk Model 3 dan Model Y

Tesla Memesan 45 GWh baterai Mobil Listrik dari CATL. Media China melaporkan bahwa Tesla memesan 45 GWh baterai lithium iron phosphate (LFP) dari produsen baterai China CATL. Baterai dilaporkan akan digunakan untuk Model 3 dan Model Y.

Laporan tersebut menghitung bahwa 45 GWh akan cukup untuk mendukung produksi 800.000 kendaraan, yang lebih banyak dari penjualan Tesla hingga tiga kuartal pertama tahun 2021 (625.000 unit). Outlet berita mematok kapasitas baterai kedua model pada 55 kWh dan 60 kWh.

Pada tanggal 28 Oktober, CATL membangun basis produksi baterai lithium-ion baru di Yichun, Provinsi Jiangxi, Tiongkok timur. Tahap pertama proyek melibatkan investasi sekitar $2,1 miliar untuk membangun basis produksi baterai lithium-ion 50 GWh.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Skuter Listrik

Model 3 SR+ buatan China dengan sel LFP memiliki baterai 55 kWh, sedangkan Model Y SR, yang sejauh ini hanya dijual di China, memiliki kandungan energi 60 kWh – tetapi sudah ada rumor bahwa Model 3 bisa segera juga mendapatkan baterai 60 kWh. Terlepas dari itu, volume pengiriman yang disepakati untuk tahun mendatang sebesar 45 GWh akan setara dengan sekitar 800.000 kendaraan.

Kebetulan, kapasitas produksi Gigafactory 3 di Shanghai diberikan sebanyak 450.000+ kendaraan dalam laporan tahunan Q3. Besar kemungkinan Tesla akan menambah kapasitas ini. Namun demikian, dengan sel LFP untuk 800.000 kendaraan, tampaknya beberapa bagian dialokasikan untuk ekspor ke pabrik kendaraan Tesla di AS.

Seperti yang ditulis 36Kr lebih lanjut, Tesla sudah menegosiasikan pesanan tambahan dengan CATL – apakah ini juga melibatkan sel LFP atau kimia sel lainnya tidak disebutkan. Namun, Tesla tampaknya sedang mempersiapkan permintaan kendaraan yang jauh lebih tinggi: Sumber lain menambahkan bahwa Tesla dan Panasonic akan memperluas produksi baterai di Nevada hingga lebih dari 40 GWh. Namun, tidak ada konfirmasi atau sumber kedua untuk ini.

Baca Juga:  Xiaomi Gass Poll Produksi Mobil Listrik, Siapkan Dana Ratusan Trilyun

Dalam beberapa bulan terakhir ada banyak rumor bahwa Tesla sedang mencari pemasok LFP kedua selain CATL. Awalnya, dikatakan bahwa model kompak yang akan datang dapat dilengkapi dengan baterai Blade BYD. Kemudian, minggu lalu, media China menulis bahwa Tesla telah memesan 10 GWh baterai blade dari BYD – tetapi untuk Model 3 dan Model Y.

Sementara itu, CATL telah memulai pembangunan pabrik baterai baru di Yichun di provinsi Jiangxi, China, yang diumumkan pada bulan September. Ketika selesai, diharapkan untuk menawarkan kapasitas produksi tahunan sebesar 50 GWh. Pabrik tersebut dijadwalkan mulai beroperasi pada akhir 2022.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker