Kendaraan Listrik

Jenis-Jenis Skuter Listrik dan Karakteristiknya

Skuter listrik merupakan inovasi terbaru dalam hal transportasi di era modern ini. Kendaraan listrik satu ini telah menjadi alternatif terbaik untuk mengatasi polusi dari asap kendaraan. E-skuter yang menggunakan tenaga baterai terjamin memiliki nol emisi dan tidak menimbulkan polusi. Kendaraan canggih ini juga tidak mengeluarkan suara bising yang mengganggu.

Selayaknya kendaraan dan produk teknologi, sebenarnya terdapat beberapa poin keunggulan dan kelemahan skuter listrik. Namun di luar itu, tetap tak terelakkan bahwa skuter listrik telah menawarkan kenyamanan yang diidamkan banyak orang. Bahkan bisa dikatakan bahwa siapapun yang mencoba skuter listrik satu kali saja, pasti akan ketagihan mengendarainya lagi.

Tahukah Anda bahwa skuter listrik ternyata terdiri dari berbagai model? Skuter listrik yang banyak kita lihat ternyata bukan merupakan satu-satunya jenis dari kendaraan ini. Berikut ini adalah jenis-jenis skuter listrik yang bisa ditemukan di pasaran:

1. Skuter Listrik 2 Roda

Skuter 2 roda adalah jenis skuter yang paling populer di masyarakat dan tentunya paling mudah ditemukan. Sesuai namanya, jenis ini memiliki dua roda, papan atau dek untuk pijakan berdiri, dan setang yang kebanyakan bisa dilipat. Alat ini dikendarai dengan berdiri dan memiliki bentuk ramping. Dengan model ramping tersebut, skuter ini sangat cocok untuk menerobos di keramaian karena lebih praktis dan fleksibel.

Baca Juga:  Sederhana dan Sinergis, Begini Cara Kerja Skuter Listrik!

2. Skuter Listrik 3 Roda

 

Secara tampilan, sebenarnya skuter 3 roda ini mirip dengan jenis pertama. Bedanya, tipe ini memiliki 3 roda, yaitu dengan dua roda di bagian belakang dan satu roda di bagian depan atau sebaliknya. Skuter listrik ini memiliki keseimbangan yang lebih stabil dibanding model 2 roda sehingga lebih aman untuk dipakai anak-anak maupun penyandang cacat tertentu. Tenaganya juga lebih besar karena ada yang bisa dikendarai hingg 100 km untuk sekali pengisian baterai penuh.

3. Skuter Listrik dengan Dudukan

 

Skuter tipe ketiga ini dilengkapi dengan semacam sadel untuk dudukan pengendaranya. Jadi, orang tak akan lelah berdiri terlalu lama karena bisa duduk di sadel. Dengan bentukan begitu, skuter listrik dengan dudukan lumayan mirip sepeda pada umumnya. Tipe ini ada yang ditopang oleh dua roda maupun tiga roda.

Dibanding jenis lain, skuter listrik dudukan termasuk paling nyaman untuk dikendarai sehingga aman untuk dipakai dalam jarak jauh. Beberapa versi terbaru bahkan memiliki semacam keranjang yang bisa dipakai untuk tempat ransel atau barang bawaan Anda. Jadi, pengguna akan terhindar dari kelelahan berdiri dan kelelahan menggendong tas ransel jika menggunakan skuter ini.

4. Skuter Listrik Off-Road

Terakhir, skuter listrik off road adalah jenis skuter listrik yang paling tangguh dan dirancang untuk melintasi berbagai medan. Ciri khasnya ada pada jenis roda yang digunakan. Rodanya berukuran lebih besar dan kuat sehingga aman untuk berkendara di medan apapun, entah itu berpasir, berbatu, berlumpur, berumput, berair, dll.

Tak hanya itu, komponen motor, baterai, dan kerangka pada e-skuter off-road juga memakai versi terkuat dengan kapasitas yang lebih besar. Jarak tempuhnya bahkan bisa mencapai 115 km dan kecepatan maksimumnya hingga 80 km/jam. Cocok digunakan untuk keperluan rekreasi atau murni dimanfaatkan sebagai alat transportasi di wilayah pedesaan yang terjal.

Itulah jenis skuter listrik yang sudah banyak diproduksi saat ini. Perkembangan dan perbaruan teknologi ini seperti tak pernah berhenti karena selalu saja muncul keluaran terbaru yang lebih menyempurnakan model sebelumnya. Kendaraan ini merangkul berbagai jenis pengendara dengan menawarkan berbagai opsi. Mulai dari skuter listrik biasa, skuter listrik yang lebih seimbang, skuter listrik yang nyaman, hingga skuter listrik monster yang tangguh di berbagai medan.

Baca Juga:  Cara Merawat Skuter Listrik agar Awet dan Nyaman Dikendarai

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker