PLTS

Merangkai Panel Surya, Panduan Interkoneksi Modul Fotovoltaik

Cara Merangkai Panel Surya yang Tepat dan Benar

Merangkai Panel Surya, Panduan Interkoneksi Fotovoltaik. PLTS dibangun dari koneksi seri dan paralel dari modul fotovoltaik individual untuk mencapai tegangan dan arus yang dikehendaki. Pembangkit terdiri dari modul fotovoltaik individual yang terhubung secara seri untuk menaikkan tegangan.

Setelah tegangan keluaran yang dikehendaki tercapai, sambungan secara seri dari modul fotovoltaik individual dihubungkan secara paralel di dalam kotak penggabung (combiner box) untuk menaikkan arus. Keluaran daya yang dikehendaki adalah linear (sebanding) dengan jumlah panel. Oleh karena modul fotovoltaik memiliki keterbatasan tegangan, jumlah panel dan tegangan rangkaian terbuka tidak boleh melebihi tingkat tegangan dari panel individual.

rangkaian panel surya

Pertimbangan Dalam Merangkai Panel Surya

  • Jumlah panel yang terbentuk secara seri harus mempertimbangkan tegangan masukan maksimum dan minimum dari solar charge controller dan inverter jaringan.
  • Semua komponen harus memiliki rating insulasi 1000 VDC atau setidaknya sebesar tegangan rangkaian terbuka maksimum di seluruh string modul fotovoltaik dalam kondisi apapun.
  • Tegangan string saat merangkai panel surya tidak boleh melebihi rating tegangan (1000 VDC) atau tegangan maksimum dari perangkat lainnya.
  • String modul fotovoltaik harus terdiri dari modul fotovoltaik degan karakteristik yang sama untuk menghindari penurunan daya.

 

Baca Juga:  Tesla Energy Optimis Bisnis Listrik Surya Akan Melampaui Otomotifnya

Komposisi dalam Merangkai Solar Panel

Merangkai panel surya dengan karakteristik yang berbeda di dalam suatu rangkaian tidak dianjurkan karena ketidakcocokan modul fotovoltaik akan mengurangi kinerja total suatu rangkaian.

Perhatikan bahwa merangkai panel surya harus terdiri dari modul fotovoltaik dengan spesifikasi yang mirip sebagai berikut: jenis sel (monocrystalline, polycrystalline atau thin film), daya nominal, tegangan operasi dan arus pada daya maksimum, tegangan pada rangkaian terbuka, dan arus hubung pendek.

sistem rangkaian panel surya yang benar

Merangkai Solar Panel dengan Modul yang Sejenis

  • Total arus dan tegangan di dalam rangkaian dibatasi oleh modul fotovoltaik yang terlemah. Jika di dalam suatu string modul fotovoltaik ada modul fotovoltaik dengan rating arus lebih rendah dari modul fotovoltaik yang lainnya, maka secara total arus akan turun ke besaran arus yang dihasilkan oleh modul fotovoltaik yang terlemah ini. Untuk modul fotovoltaik yang terhubung secara paralel, tegangan akan sama dengan rating tegangan dari modul fotovoltaik yang terlemah.
  • MPPT di solar charge controller dan inverter jaringan sulit untuk menemukan tegangan dan arus operasi yang paling optimal oleh karena adanya karakteristik yang berbeda.
  • Tingkat penurunan daya dan degradasi performa yang berbeda di antara modul fotovoltaik.

 

Baca Juga:  Perawatan Listrik Tenaga Surya Agar Awet dan Optimal

Apa yang bisa dilakukan ketika suatu modul fotovoltaik perlu diganti?

  • Ganti modul fotovoltaik yang rusak di string modul fotovoltaik hanya dengan modul
    fotovoltaik dari merek, jenis, dan tingkat arus pada daya maksimum dan arus hubung pendek
    yang sama.
  • Ganti modul fotovoltaik yang rusak di blok modul fotovoltaik hanya dengan modul fotovoltaik
    dari merek, jenis, serta tingkat tegangan pada daya maksimum dan sirkuit terbuka yang sama.

 Memilih konektor Kabel

  • Sangat dianjurkan untuk menggunakan konektor yang sudah dirakit terlebih dulu (pre-assembled atau dedicated plug-in) dari pabrikan modul fotovoltaik.
  • Gunakan konektor dengan model dan jenis yang sama untuk menghindari ketidakcocokan dan koneksi yang buruk. Direkomendasikan untuk menggunakan konektor MC4 dengan hambatan maksimum 400 Ω.
  • Konektor harus memiliki rating tegangan maksimal sebesar 1000 VDC (atau lebih) dan nominal arus lebih tinggi dari arus hubung singkat string modul fotovoltaik.

Sumber: Buku Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya “Dos & Don’ts”

 

Baca Juga:  Tesla Powerwall, Generasi Baru Sistem Penyimpanan Energi Perumahan

 

Kata Kunci:

merangkai panel surya seri dan paralel

Komentar

comments

Tags
cara merangkai panel surya merangkai panel surya panduan merangkai panel surya tips merangkai panel surya

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close