PLTS dan Turbin Angin

Bagaimana Jika Jalan Raya Diberi Atap Panel Surya?

Uji Coba PLTS Diatas Jalan Raya Mulai Dilakukan

Bagaimana Jika Jalan Raya Diberi Atap Panel Surya?. Institut Fraunhofer Jerman untuk Sistem Energi Surya ISE, dan Institut Teknologi Austria, telah mengembangkan solusi sistem listrik tenaga surya untuk jalan raya.

Ujicoba terdiri dari sistem PV dengan luas atap 10x17m yang harus dipasang pada struktur baja sekitar 5,5m di atas jalan. Konstruksi proyek percontohan diharapkan dimulai musim gugur mendatang dan operasinya akan dipantau selama sekitar satu tahun. Berdasarkan pengalaman yang diperoleh, aplikasi percontohan lebih lanjut dapat diterapkan.

Proyek tersebut merupakan bagian dari penelitian konstruksi jalan bersama yang dilakukan oleh Jerman, Austria dan Swiss. “Dengan proyek penelitian, kami ingin mengembangkan potensi jalan raya untuk menghasilkan energi terbarukan,” jelas Steffen Bilger, sekretaris negara Jerman di Kementerian Transportasi Federal.

Baca Juga:  Memperkirakan Biaya Pasang PLTS di Rumah Agar Sesuai Kebutuhan

Dia menekankan bahwa atap sebuah jalan raya merupakan tantangan teknis khusus karena lalu lintas di bawahnya yang bergerak cepat. “Namun visi untuk menggunakan area yang telah ditutup, untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan di bawahnya oleh kendaraan listrik, harus diupayakan,” kata Bilger.

Kementerian Transportasi Federal Jerman menunjukkan bahwa membangun sistem PV di atas jalan jauh lebih mahal daripada PV atap atau pembangkit tenaga surya yang dipasang di tanah. Jika terjadi kecelakaan pada jalan di bawahnya, maka bangunan penyangga harus dilindungi dari kemungkinan benturan kendaraan agar tidak roboh. Untuk tidak memperburuk keadaan, dari panjang 80 meter, struktur pendukung seperti itu harus diklasifikasikan sebagai mirip dengan terowongan dan struktur kemudian harus memenuhi persyaratan keamanan yang lebih tinggi.

Meskipun konstruksi modular ujicoba memiliki beberapa keuntungan biaya, penggunaan atap surya secara luas di atas jalan raya tidak diharapkan dalam jangka menengah, menurut kementerian. Sebagai perbandingan, masih terdapat potensi besar untuk wilayah yang dapat menghasilkan energi terbarukan dengan biaya yang lebih murah. Tetapi untuk area aplikasi khusus dan terbatas secara lokal, para ahli melihat kemungkinan penggunaan atap surya di atas jalan raya.

Baca Juga:  Manfaat Panel Surya untuk Pertanian

Source: PV magazine

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker