PLTS dan Turbin Angin

Panel Surya CIGS, Lebih Sensitif Cahaya Dibanding Crystaline

Keunggulan Panel Surya CIGS Dibanding Panel Surya Poly dan Mono

Panel Surya CIGS, Lebih Sensitif Cahaya Dibanding Crystaline. CIGS adalah teknologi thin film, Namun CIGS tidak menggunakan elemen silikon yang biasa dipakai pada thin film umumnya. CIGS adalah singkatan dari: Copper Indium Gallium deSelenide dan ini adalah 4 elemen dalam rasio pencampuran tertentu yang merupakan zat aktif dalam CIGS.

Satu perbedaan besar adalah CIGS lebih peka cahaya dan oleh karena itu panel CIGS 100 Watt akan menghasilkan daya sekitar 10-15% lebih banyak dalam setahun, dibandingkan panel kristal 100 Watt tipe lain. Panel Surya CIGS akan memproduksi lebih awal di pagi hari dan bertahan lebih lama di malam hari.

Performa panel surya CIGS juga akan lebih baik dalam cuaca mendung. Di sini Anda dapat melihat beberapa perbedaan pada CIGS dan sel surya kristal:

Perbedaan panel Surya CIGS dengan Crystaline

Perkembangan Teknologi CIGS

Teknologi sel surya terus memainkan peran utama dalam hal ini. Sunflare, sebuah perusahaan manufaktur sel surya yang berbasis di A.S., telah mengembangkan apa yang disebutnya sel surya indium, galium, dan selenida (CIGS) tembaga fleksibel yang revolusioner. Sel surya ini dapat dipasang dengan mudah dan disesuaikan untuk digunakan pada atap standar, produk OEM, atau diintegrasikan ke dalam desain arsitektur bangunan.

Sel surya CIGS yang fleksibel diproduksi menggunakan teknologi surya Capture4 yang telah dipatenkan. Dengan Capture4, sel surya diproduksi dengan jejak lingkungan terbersih dengan metode operasi berkelanjutan di industri manufaktur sel surya. Capture4 menggunakan energi 50 persen lebih sedikit untuk memproduksi sel surya CIGS dibandingkan dengan silikon kristal. CIGS digabungkan pada wafer baja tahan karat yang tebalnya hanya beberapa mikrometer, lebih tipis dari wafer sel surya kristal biasa. Kode QR disisipkan pada wafer pada setiap tahap proses pembuatan untuk melacak kualitas.

Dengan koefisien suhu yang lebih rendah dan fitur kinerja cahaya rendah yang lebih tinggi, sel surya CIGS menghasilkan lebih banyak listrik selama puncak sinar matahari tengah hari dan juga pada waktu senja dan fajar yang rendah cahaya, peningkatan lain dibandingkan sel surya kristal. Hal ini meningkatkan efisiensi biaya pengoperasian dengan sel surya Sunflare CIGS, memungkinkannya menghasilkan energi 10 persen lebih banyak.

Baca Juga:  Lithium Ion Vs LiFePo4, Perbedaan Baterai Lithium Ion Vs Lifepo4

Dengan CIGS, tidak diperlukan aluminium, kaca, dan bingkai pemasangan karena sel dapat dipasang menggunakan lem, selotip, atau pengelasan. Bahan bagian depan adalah plastik dan sel surya dapat dipotong menjadi berbagai ukuran, tidak seperti sel kristal yang memiliki dimensi kaku. Karena tidak membutuhkan banyak tenaga kerja, memasang sel CIGS sangatlah mudah.

Sel memberikan sifat naungan yang baik dan dampak bantalan beban yang lebih rendah pada struktur yang dipasang dengan nilai massa per area 3,5 kilogram per meter persegi. Sel surya yang lebih ringan memiliki masa pakai 25 tahun, dengan efisiensi operasi masing-masing 90 persen pada tanda 10 tahun dan 80 persen pada tanda 25 tahun.

Baca Juga:  Memperkirakan Biaya Pasang PLTS di Rumah Agar Sesuai Kebutuhan

Selain itu, sel surya CIGS berada di garis depan teknologi sel surya. Dikombinasikan dengan penelitian ilmiah yang ditingkatkan, teknologi yang lebih baik dan produksi volume yang lebih besar, biaya kepemilikan sel surya CIGS akan menjadi sekitar seperempat dari sel surya kristal. Karena sifatnya yang adaptif dan fleksibel, dapat diintegrasikan dengan mudah ke dalam sebuah bangunan sebagai bagian dari bahan konstruksi bangunan.

Ini memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan peringkat efisiensi energi untuk gedung tersebut. Ini adalah solusi yang saling menguntungkan bagi operator gedung dan lingkungan.

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker