Pertukangan Kayu

Mesin Jointer, Cara Menggunakan dan Memilih Mesin Jointer

Cara Mengganti Pisau Mesin Jointer Kayu

Mesin Jointer, Cara Menggunakan dan Memilih Mesin Jointer. Mesin jointer merupakan mesin yang berfungsi untuk meluruskan kayu dengan cara mengurangi kedalaman kayu sehingga rata. jointer juga sangat penting untuk menentukan siku tidaknya kayu yang akan dikerjakan.

Selain untuk meluruskan kayu yang melengkung mesin jointer juga bisa digunakan untuk rabetting dan membuat spooning kayu.

Bagi saya sendiri, jointer lebih penting daripada mesin planer, baik planer tangan maupun planner duduk. Sebab material kayu yang lurus dan siku sangat penting untuk mendapatkan hasil yang presisi. Apalagi jika kita ingin membuat pintu atau jendela maka meain jointer sangat vital.

Meja jointer yang panjang dan datar memastikan bidang kayu yang dikerjakan relatif lurus, selain itu pagar jointer juga bisa membantu menjaga sisi kayu tetap siku 90 derajat.

Baca Juga:  Mengenal Gergaji Bandsaw (Gergaji Pita) dan Kegunaanya

Jointer ada beragam ukuran, umumnya ukurannya ditentukan dengan satuan inchi berdasarkan lebar bidang mejanya. Ukuran kecil biasanya mulai 5 inchi, 8 inchi, dan 12 inchi. Saya sendiri menyukai ukuran yang standar 7 inchi yang efektif bisa digunakan untuk kayu dengan lebar 15 cm.

Jointer biasanya mempunyai bilah pisau antara 3 atau 4 buah. Untuk kayu lunak bisa digunakan pisau tipe HSS sementara untuk kayu keras bisa menggunakan pisau TCT.

Panduan Membeli Jointer

  • Ukuran Jointer, sesuaikan ukuran meain jointer dengan kebutuhan. Untuk pekerjaan ringan dengan bidang lebar kayu sampai 15 cm bisa menggunakan ukuran 8 inchi.
  • Meja jointer, pastikan meja jointer lurus, siku, dan tidak bergelombang.
  • Daya Listrik, jointer biasanya menggunakan dinamo dengan kekuatan 2 pk keatas dengan konsumsi daya 1500 watt. Sesuaikan dengan daya listrik yang terpasang. Selain itu ada juga yang menggunakan listrik 3 phase.
  • Mudah disetting, pastikan jointer mudah dioperasikan dan mudah disetting dengan akurat.
Baca Juga:  Cacat Pada Lantai Kayu dan Solusi Perbaikannya

 

Berikut ini Video Cara Menggunakan Mesin Jointer Kayu

 

Perawatan Mesin Jointer

sebagaimana peralatan perkayuan yang lain, Jointer juga memerlukan perawatan agar tetap pada performa terbaiknya. Ingat bahwa jointer hampir semua bagiannya terbuat dari besi cast iron sehingga mudah berkarat jika tidak digunakan secara rutin.

Secara umum berikut ini adalah perawatan Jointer

  • Bersihkan Jointer secara rutin minimal seminggu sekali atau setiap kali selesai digunakan. Cara termudah bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan dari kotoran yang menempel.
  • Periksa setiap as roda, minimal satu bulan sekali diberi grease (gemuk) atau minyak pelumas agar performa bearing selalu optimal.
  • Hindarkan jointer dari kelembaban tinggi dan percikan air yang bisa mengakibatkan korosif.
  • Perharikan pita vanbelt, pastikan vanbel selalu dalam posisi kencang dan lurus serta tidak mengalami keretakan. Jika perlu untuk pekerjaan yang kontinyu vanbel diganti tiap tahun sekali.

Kata Kunci:

mesin jointer,fungsi mesin jointer,fungsi jointer,mesin jointer kayu,mesin jointer planer,mesin jointer adalah,cara memilih mesin jointer,fungsi jointer adalah,cara ganti pisau jouinter,setting mesin jointer

Baca Juga:  Katalog HPL Taco 2021, Download Katalog Taco HPL Terbaru

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker