Produk Bahan Bangunan

Gipsum Jayaboard Soundstop, Inovasi Dinding Kedap Suara Berkualitas Tinggi

Gipsum Jayaboard Soundstop, Inovasi Dinding Kedap Suara Berkualitas Tinggi. Sebagai pembatas ruangan, material gipsum memiliki banyak kelebihan, mulai tahan terhadap api, tahan guncangan gempa, serta membuat ruangan lebih cepat dingin. Namun, kelebihan ini acapkali diragukan konsumen, karena ketika diketuk-ketuk dinding gipsum akan mengeluarkan bunyi sehingga membuat khawatir suaranya bakal mudah terdengar dari ruangan sebelahnya.

“Kebanyakan muncul kekhawatiran seperti ini, sehingga konsumen urung memakai gipsum. Padahal, ruangan tetap bisa kedap suara karena gipsum memiliki fungsi akustik,” kata Rahmawan Gunawan, Technical Rep PT Petrojaya Boral Plasterboard.

 

Fungsi akustik pada gipsum, kata Rahmawan, mencakup dua hal, yakni kekedapan suara dan penyerapan suara. Kekedapan suara dinding maksudnya adalah dinding tersebut mampu “menahan” suara bising di ruang A, sehingga tidak mengganggu ruang sebelahnya atau sekitarnya ataupun sebaliknya.

Tingkat kekedapan sebuah dinding biasanya diwakili oleh nilai sound transmission class (STC). Semakin tinggi nilai STC, maka semakin kedap dinding tersebut.

gypsum jayaboard soundstop

Sebagai contoh, misalnya, dinding batu bata tebal 15 cm dengan plester dan aci mempunyai nilai STC berkisar antara 40 – 44. Dengan tingkat kekedapan seperti itu, percakapan normal di ruang sebelah masih dapat terdengar, namun isi percakapannya tidak bisa dimengerti.

Untuk mendapatkan dinding yang kedap suara atau suara bising tidak terdengar, sebuah dinding minimal harus mempunyai nilai STC 50. Dengan dinding gipsum, kebutuhan tersebut dapat dengan mudah dipenuhi. Konsumen tinggal memilih sistem dinding yang sudah tersedia dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Selain kekedapan suara, dalam sebuah ruangan tak terlepas dari penyerapan suara. Sebuah ruangan membutuhkan penyerapan suara demi mengurangi efek gema yang dapat mengganggu kualitas sebuah audio.

 

Papan Gipsum Soundstop Jayaboard

Soundstop merupakan papan gipsum yang memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menahan suara agar suara bising yang dihasilkan dari dalam sebuah ruangan tidak terdengar ke ruangan lain.

PHYSICAL PROPERTIES:
  • Berat: 11,5 Kg/m2
  • Tebal: 12mm
  • Panjang 2400mm
  • Lebar: 1200mm
SUSTAINABILITY:
  • Bebas asbestos
  • Kandungan TVOC rendah
  • Non radioactive material
  • Recyclable material

 

REKOMENDASI APLIKASI:
  • Bioskop
  • Hotel,
  • Apartment
  • Home Theatre
  • Ruang Karaoke
  • Studio Musik
FEATURES & BENEFITS:
  • Cocok untuk sistem kedap suara
  • Teruji dan tersertifikasi dengan standard internasional
  • Pemasangan mudah dan rapih
  • Inovasi garis sekrup satu-satunya di Indonesia

Technical Manager PT Petrojaya Boral Plasterboard Indra Budi Wibowo mengatakan, sistem partisi Boral untuk Soundstop terdiri dari dua sistem. Sistem pertama memiliki dua lapis Soundstop 12 mm, single stud, dengan insulasi. Tebal partisi ini mencapai 148 mm dan nilai STC-nya mencapai 50. Sementara sistem kedua memiliki ketebalan papan gipsum dan partisi yang sama, tetapi menggunakan insulasi dan nilai STC-nya mencapai 56.

Kedua sistem ini tergolong mampu menahan benturan dengan sangat baik. Berdasarkan British Standar, keduanya termasuk heavy duty, bahkan saver.

Selain itu, lanjut Indra, ada satu fakta lain yang menarik mengenai penggunaan papan gipsum, khususnya untuk menangkal bising. Menurutnya, dibandingkan dengan bata ringan yang ketebalannya rata-rata mencapai 150 mm, performa Soundstop justru lebih baik.

“Ternyata, bata yang lebih tebal tidak berarti lebih mampu menangkal suara bising. Padahal, papan gipsum lebih aman, lebih ringan, lebih ringkas, bahkan mampu menekan jumlah biaya konstruksi keseluruhan,” ujarnya.

Menurut Indra, penggunaan papan gipsum ini cocok untuk daerah wisata. Di tengah malam, tamu hotel tidak perlu khawatir adanya bunyi-bunyian dari kamar di sebelahnya, misalnya bunyi air kamar mandi, flushing, dan suara televisi. Maka, jika diaplikasikan di rumah, kini Anda sendiri pun sudah bisa mengucapkan selamat tinggal pada suara bising dari luar ruangan!

Kata Kunci:

Apakah wallplus bisa kedap suara,inovasi dinding,Papan Gypsum KEDAP SUARA SOUNDSTOP 12,Wallplus kedap suara

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker