Harga Bahan Bangunan

Harga Batu Bata 2020, Batako, Batu Kali, dan Batu Alam

Daftar harga batu Bata Terbaru dan Termurah

Daftar Harga Batu Bata 2020, Batako, Batu Kali, dan Batu Alam.  Selain bata ringan, batu bata masih menjadi favorit untuk membangun dinding rumah. Batu bata sudah terkenal akan kualitas dan kehandalannya bahkan sejak zaman dahulu kala. Berbagai struktur candi dan bangunan kuno dibuat dengan batu bata ataupun batu alam.

Batu bata juga mempunyai tampilan yang menarik. Banyak orang mengekspose tumpukan batu bata merah pada hunian untuk mendapatkan kesan country, rustic, ataupun industrial. Tumpukan si merah pada sebuah hunian memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain menambah estetika juga memberi kesan hunian semakin eksotis.

Nah, jika Anda tertarik untuk menggunakan batu bata sebagai dinding properti berikut ini adalah list harga batu bata 2020, batako, batu alam, dan juga bata ringan

 

Harga Batu Bata 2020 Terbaru:

Spek Barang
Satuan
Harga
Batako
Biji
3.500,-
Batu Bata Merah (biasa)
Biji
725,-
Batu Bata Merah (oven)
Biji
900,-
Batu Kali Belah
m3
185.000,-
Split
pick up
270.000,-
Split
truk
1.270.000,-
Batu Knecker
m3
210.000,-
Batu Candi (30 x 30)
m2
120.000,-
Batu Andesit (30 x 30)
m2
160.000,-
Batu Bali
10 kg

70.000,-

 

Harga Bata Ringan

Spesifikasi Bata RinganSatuanHarga (Rp)
Bata Ringan Hebelm3730.000
Bata Ringan Vosconm3650.000
Bata Ringan 10x20x60cmbuah10.000
Bata Ringan 7,5x20x60cmbuah7.800
Bata Ringan 10x20x60cmm3750.000
Bata Ringan 7,5x20x60cmm3585.000
Baca Juga:  Biaya Pemasangan Partisi Ruangan Per M2 Material Gypsum

Teknik Pemasangan Tembok dari Batu Bata

Bahan yang digunakan untuk pekerjaan tembok adalah batu bata, beton ringan dan batako. Tiga hal terpenting yang harus diperhatikan pada saat pemasangan tembok adalah sebagai berikut:

– Nat/siar adukan tidak segaris
– Pasangan tegak lurus dan rapi
– Siar tegak, bergeser antara ½ – ¼ batu

Luas pasangan tembok ½ bata maksimal 12m² , apabila lebih besar maka harus dipasang rangkaian pengaku beton (sloof, kolom, dan ring balok), karena bila pasangan terlalu luas tanpa pengaku akan rawan terhadap gaya horisontal seperti gempa atau angin kencang. Ketinggian pemasangan setiap hari untuk campuran menggunakan campuran kapur maksimum 1m, jika campuran menggunakan semen maksimum 1,50 m besar siar horisontal adalah 1-2 cm, sedangkan untuk siar tegak ± 1 cm.

teknik memasang bata ringan
Pemasangan batu bata yang benar akan membuat tembok kokoh

   Langkah kerja pemasangan tembok batu bata

• Pasang profil/usuk untuk menentukan kelurusan dan ketegakan pasangan. Profil dipasang pada ujung tembok dan diusahakan tegak lurus dan diskur yang kuat. Buatlah garis ketinggian untuk tarikan per lapisnya

• Buat campuran/ spesi dengan komposisi sebagai berikut:
1 semen : 3 pasir untuk lapisan trassram
1 semen : 5-7 pasir untuk pasangan biasa.
Pasir diayak halus dengan ayakan ± 4 mm. Pembuatan adukan dapat dilakukan secara manual atau dengan molen. Adukan harus plastis atau pulen.

• Sebelum dipasang, batu bata disiram air, sehingga air yang terkandung dalam spesi tidak diserap oleh batu bata

Baca Juga:  Harga Pipa Galvanis, Panduan Membeli Pipa Galvanis

• Tarik panduan pasangan dari benang pada setiap lapis atau kalau sudah ahli maka tarikan dapat dibuat per 3 lapis

• Begitu pasangan mencapai ketinggian 1,50 m maka segera kolom praktis di cor agar ikatan bata terkunci/tidak bergerak. Berikutnya pemasangan yang lebih dari 1,50 m digunakan perancah atau andang.

• Pasangan batu bata akan lebih sempurna bila selesai dipasang kemudian ditutup dengan plastik. Setelah plastik dibuka sebaiknya dinding bata dibasahi sebagai proses perawatan (curing) terutama pada saat akan diplester sebaiknya dinding bata dibasahi agar tidak menyerap air plesteran

Setelah diplester sebaiknya plesteran dinding dirawat dengan membasahi agar plesteran tidak retak-retak.

 

Membeli material untuk bangunan atau rumah tentu tidak boleh sembarangan. Begitu pula ketika memilih batu bata, Anda harus memilih batu bata yang kokoh dan berkualitas agar bangunan Anda pun tidak rapuh dan mudah rusak. Selain membandingkan dengan daftar harga batu bata terbaru, perhatikan beberapa hal ini ketika Anda hendak membeli batu bata.

  • Amati tumpukan batu bata pada saat mengunjungi toko material ataupun ketika diturunkan dari truk pengangkut, bila banyak batu bata yang patah, pecah, dan seratnya keluar-keluar maka batu bata tersebut kurang berkualitas dan rapuh.
  • Gesek potongan besi pada batu bata! Bila muncul suara dentingan yang nyaring, maka batu bata tersebut berkualitas dan kokoh.
  • Coba membelah atau membagi dua sampel batu bata. Bila bagian dalam belahan batu bata tersebut berwarna merah merata maka bisa dipastikan batu bata tersebut baik, dengan alasan sudah matang pada saat pembakaran.
  • Ambil 1 batu bata dan timbang bata tersebut, setelah rendam dalam air selama 24 jam dan timbanglah kembali. Hitung selisih hasil timbangan setelah dan sebelum proses perendaman agar Anda mengetahui jumlah daya serap air. Bata merah atau batu bata dianggap berkualitas baik bila berat akhir tidak lebih dari 20% dari berat awal.
  • Uji kandungan garam batu bata dengan merendam sebagian bata ke dalam air, perlahan air akan terserap hingga ke bagian bata yang tidak tersentuh air. Selama proses penyerapan air ini, kandungan garam yang ada di dalam bata akan larut ke bagian yang awalnya kering tersebut. Kandungan garam tersebut berupa bercak putih. Bata dengan kandungan garam yang tinggi akan mempengaruhi daya lekat batu bata dengan plesteran bata. Semakin banyak kandungan garam, kelekatan akan semakin buruk. Pastikan daerah permukaan yang tertutup bercak putih kurang dari setengah bata.
Baca Juga:  Harga Kayu Meranti Reng, Usuk, dan Balok untuk Bangunan

Kata Kunci:

Www aneka harga batako ringan com,harga per3 pasangan batu kali,harga batu kali,harga bataringan per3,harga bata merah 2020,harga bata,daftar harga pek pas dinding batako,batu kali farm,batu alam dari granik betuk batu bata merah,batu alam bata

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

2 Comments

  1. Apakah harga batako diatas betul Rp 3.500 rupiah? Apakah itu untuk batako ukuran 40×20?
    Ditempat saya harga batako ukuran 30×15 saja masih Rp 2.300 rupiah. Data ini diambil perhari ini
    Terima kasih 🙂

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker