Harga Bahan Bangunan

Harga Kusen Jati untuk Pintu dan Jendela Berbagai Tipe

Harga Kusen Pintu Jati Terbaru dan harga Kusen Jendela Kayu jati

Harga Kusen Jati untuk Pintu dan Jendela Berbagai Tipe. Kayu jati yang dikenal sebagai kayu kelas kuat I dan kelas awet II memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Kayu jati termasuk golongan kayu ideal karena kekuatan, keawetan, dan keindahan serat yang dimilikinya.

Kayu ini sangat tahan terhadap serangan rayap dan jamur. Selain itu, kayu jati memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan perubahan suhu. Segala kelebihan inilah yang membuat kayu yang bernama latin tectona grandis ini berharga mahal.

Namun, harus dipahami bahwa segala sifat kayu jati yang sempurna tersebut hanya dimiliki oleh kayu jati tua. Kayu jati tua adalah kayu jati yang berasal dari pohon jati yang sudah berumur lebih dari 30 tahun. Kayu jati dengan mutu tinggi ini diperoleh dari pohon yang pertumbuhannya alami yang dikembangkan melalui perkecambahan biji. Kayu jati jenis ini memiliki tekstur dan serat yang halus dan padat, serta pori-pori yang kecil.

Batangnya yang besar juga membuat kayu jati tua minim sambungan. Selain Itu, warna coklat tua yang dimiliki kayu jati tua juga dapat menampilkan kesan elegan dan kokoh sehingga menambah kelebihan dari kayu kelas I ini. Kayu jati tua memiliki tingkat keawetan yang tinggi.

Baca Juga:  Harga Besi Wiremesh 2020 Terbaru Berbagai Ukuran

Hal ini didasari sifat dari pohon jati yang semakin tua umur pohonnya, semakin kecil kadar airnya, maka semakin besar berat jenisnya dan keawetannya. Tak heran, jika kayu jati tua juga sangat bagus dipakai untuk pembuatan furnitur atau kontruksi bangunan.

Di dalam kayu jati juga terdapat zat ekstraktif yang disebut tectoquinon, zat penghasil minyak. Zat ini terletak di kayu teras yang terdapat dalam batang pohon jati. Semakin tua umur pohon maka persentase kayu teras makin besar sehingga minyak yang dihasilkan juga semakin banyak. Minyak inilah yang membuat kayu jati menjadi tahan rayap dan jamur. Selain itu, minyak juga dapat membuat tampilan kayu jati menjadi mewah.

Sayangnya, segala kelebihan jati tua sudah mulai sulit untuk ditemui. Kayu jati yang kini banyak beredar di pasaran adalah kayu jati muda hasil pembudidayaan yang berumur di kisaran 5—7 tahun. Kayu jati jenis ini digolongkan dalam kayu kelas V. Ciri dari kayu jati muda adalah mempunyai serat besar dan memiliki tekstur permukaan yang bergelombang. Selain itu warnanya cenderung putih. Karena umurnya yang masih muda, kandungan minyak dalam kayu jati muda masih sangat sedikit sehingga tidak tahan terhadap serangan rayap

Baca Juga:  Cara Menghitung Biaya Plafon Gypsum Sistem harian dan Borongan 2020

Panduan Membeli Kusen Kayu Jati

Meskipun saat ini sulit diperoleh kayu jati dengan mutu kualitas bagus namun kita masih bisa menggunakannya untuk bergam kebutuhan termasuk kusen pintu. Jika Anda ongin membeli Kusen Pintu Jati Berikut ini panduannya:

  • Memilih kayu bebas gubal, gubal adalah warna putih pada kayu muda biasanya terletak di pinggir. Gubal ini masih bisa dimakan rayap.
  • Jangan membeli kayu jati dengan banyak mata mati (dead knot), kayu jati dengan banyak mata mati biasanya berlubang akan mengurangi kekuatan kayu. Biasanya pembuat kusen bisa menyembungikan dengan mendempul atau menyambung dengan kayu lain, namun jika kita teliti kita tetap bisa mengetahuinya.
  • Memilih kayu dengan kadar air rendah atau sudah kering oven, Kusen kayu biasnaya sering terjadi kembang susut tinggi bila tidak kering optimal. ini membuat pintu sulit ditutup atau kusen meluntir.
Baca Juga:  Harga Cat Impra 2020, Finishing Impra Melamine System

 

Harga Kusen Jati

KUSEN KAYU JATI ukuran balok 6/15Harga
HARGA KUSEN GUNDUL / LOBANGRp. 1.600.000
HARGA KUSEN JALOSI / LOBANGRp. 1.700.000
HARGA KUSEN LENGKUNG / LOBANGRp. 1.820.000
HARGA KUSEN LENGKUNG JALOSI / LOBANGRp. 1.920.000
HARGA KUSEN GENDONG LENGKUNG JALOSI / 3 LOBANGRp. 5.225.000
HARGA KUSEN GENDONG LENGKUNG JALOSI / 3 LOBANGRp. 5.550.000

 

Harga Kusen Jati Ukuran Balok 6/12

KUSEN KAYU JATI ukuran balok 6/12Harga
HARGA KUSEN GUNDUL / LOBANGRp. 1.550.000
HARGA KUSEN JALOSI / LOBANGRp. 1.650.000
HARGA KUSEN LENGKUNG / LOBANGRp. 1.755.000
HARGA KUSEN LENGKUNG JALOSI / 3 LOBANGRp. 1.820.000
HARGA KUSEN GENDONG LENGKUNG 3 LOBANGRp. 4.900.000
HARGA KUSEN GENDONG LENGKUNG JALOSI / 3 LOBANGRp. 5.250.000

 

Harga Kusen Jati Pintu & Jendela

KUSEN DAUN PINTU & DAUN JENDELA JATIHarga
HARGA DAUN PINTU PANEL KOTAK dllRp. 5.600.000
HARGA DAUN PINTU PANEL LENGKUNGRp. 7.150.000
HARGA DAUN JENDELA POLOS + KACA POLOSRp. 1.550.000
HARGA DAUN JENDELA BLASUT + KACA POLOSRp. 2.150.000

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker