Harga Bahan Bangunan

Harga Pipa Galvanis, Panduan Membeli Pipa Galvanis

Jenis Pipa Galvanis, Tkeunggulan dan Kelemahannya

Harga Pipa Galvanis, Panduan Membeli Pipa Galvanis. Pipa Baja galvanis adalah Pipa baja lapis seng (Zn) yang mengandung bahan seng dengan tingkat kemurnian tinggi (99,7%) ditambah dengan sejumlah timah hitam dan aluminium dalam jumlah tertentu. Pipa Galvanis  diproses dengan kondisi bebas oksidasi sehingga menghasilkan baja lapis seng dengan kualitas yang handal.

Lapisan galvanis dibentuk oleh reaksi antara baja dengan seng pada temperatur galvanis, metalurgi baja dan kondisi permukaan akan mempengaruhi ketebalan hasil galvanis.

Baja galvanis memiliki sifat yang dapat memperbaiki goresan kecil, baja terekspos ke udara luar akan ditutup kembali oleh seng. Hal ini terjadi karena seng di sekitarnya akan terserap dan mengendap pada baja tersebut mengganti apa yang sebelumnya hilang karena goresan.

 

Aplikasi Pipa Galvanis

Pipa galvanis banyak digunakan sebagai pipa pembagi atau distribusi, Harga pipa galvanis juga sangat bervariasi. Di era modern ini, jenis pipa galvanis kerap dimanfaatkan sebagai aplikasi luar ruangan terutama untuk pegangan tangan, tiang listrik, atau saluran air. Perlu diketahui bahwa pipa galvanis tidak cocok untuk menyalurkan gas.

Selain fungsi di atas, berikut adalah beberapa kegunaan aplikasi pipa baja galvanis dalam berbagai industri:

  • Sistem Saluran

Air di Rumah atau Bangunan Lainnya, Berkat lapisan seng yang ada di dalam tabung, menggunakan pipa baja galvanis untuk saluran air tidak akan membuatnya cepat berkarat. Seng adalah sebuah unsur logam yang tahan korosi, sehingga cocok untuk aplikasi semacam ini. Namun demikian, penggunaannya tidak disarankan untuk saluran air panas atau gas, karena bisa menyebabkan lapisan seng di dalamnya mengelupas dan membuat pipa tersumbat.

  • Pemasangan Listrik
Baca Juga:  Harga Keramik Berbagai Tipe dan Merek

Penggunaan pipa baja galvanis untuk instalasi listrik semakin populer, karena bisa meminimalisasi gangguan pada penghantar listrik. Selain itu, proses pemasangan dan pembongkaran bisa dilakukan lebih mudah. Sebaiknya, pemasangan listrik dilakukan di permukaan tanah.

  • Konstruksi pada Perumahan

Jika Anda berpikir pipa galvanis hanya cocok untuk sarana penyaluran, coba pikir lagi. Saat ini banyak sektor konstruksi perumahan yang menggunakan pipa galvanis sebagai pagar rumah atau pegangan tangan pada tangga. Kegunaan ini banyak diminati masyarakat karena sifat galvanis yang tahan karat dan lebih awet.Pagar yang dipasang menggunakan pipa galvanis cenderung mudah dalam perawatannya. Jika terjadi kerusakan, Anda bisa dengan mudah menemukan dan menggantinya.

  • Pembuatan Knalpot

Selain untuk industri konstruksi, pipa baja galvanis juga dimanfaatkan dalam industri otomotif. Seringkali, jenis pipa ini dimanfaatkan dalam pembuatan knalpot serta rangka kendaraan.Pemasangan pipa galvanis untuk otomotif bisa dilakukan dengan mengaplikasikan lem pada ujung ulir pipa, dan menyambungnya dengan metode pengelasan.

 

Harga Pipa Galvanis

Tipe Pipa Besi GalvanisUkuranHarga
Harga Pipa Galvanis1/2  inchi x 2,45mm x 6mRp. 112.000
Harga Pipa Galvanis3/4  inchi x 2,45mm x 6mRp. 144.000
Harga Pipa Galvanis1 inchi x 3mm x 6mRp. 221.000
Galvanis Medium1- 1/4 inchi x 3,10mm x 6mRp. 292.000
Galvanis Medium1- 1/2 inchi x 3,10mm x 6mRp. 335.000
Galvanis Medium2 inchi x 3,40mm x 6mRp. 457.000
Galvanis Medium2- 1/2 inchi x 3,40mm x 6mRp. 583.000
Galvanis Medium3 inchi x 3, 75mm x 6mRp. 752.000
Galvanis Medium4 inchi x 4,20mm x 6mRp. 1.089.000
Galvanis Medium5 inchi x 4, 60mm x 6mRp. 1.466.000
Galvanis Medium6 inchi x 4, 60mm x 6mRp. 1.745.000
Galvanis Medium8 inchi x 6, 10mm x 6mRp. 3.092.000
Baca Juga:  Harga Cat Dasar Tembok dan Cat Alkali Primer Berbagai Merek

Galvanization (atau galvanisasi) adalah proses penerapan protective zinc coating pada baja atau besi, untuk mencegah berkarat. Istilah ini berasal dari nama ilmuwan Italia Luigi Galvani. Meskipun galvanisasi dapat dilakukan dengan elektrokimia dan proses elektrodeposisi, metode yang paling umum digunakan saat ini adalah hot-dip galvanisasi, bahan baja di rendam didalam bak zinc cair (molten zinc).

Sedangkan disini lebih dikenal dua teknik dasar dalam pelapisan anti-karat pada besi yaitu Galvanis atau Galvanized atau Galvalume. Untuk Galvalum finishingnya terdiri dari: 55% unsur coatingnya adalah aluminium, 43,5% adalah unsur seng/zink dan 1,5% unsur silikon.

Teknik Kedua disebut Zincalume. Zincalume pelapisannya terdiri dari: 98% unsur coatingnya adalah seng/zinc dan 2% adalah unsur alumunium. Zincalume sering dipakai untuk pelapisan besi atau baja ringan dengan berat perbatangnya kurang dari 5kg.

Baca Juga:  Harga Kayu Jati Perhutani Perkubik Log dan Olahan

Secara kasat mata apa beda antara galvanis dan zincalume? Galvanis dapat dikenali dengan warnanya yang silver atau bronze namun tidak mengkilat atau doff. Warna ini disebut juga dull silver. Sedangkan zincalume karena kandungan zinc-nya tinggi, maka akan berwarna silver mengkilat atau glossy silver. Meski tentunya tingkat kilapnya masih dibawah stainless steel.

Galvanis punya tingkat ketebalan beragam. Mulai dari 1 micron (seperseribu milimeter) sampai 9 micron bahkan lebih. Untuk ketebalan 1 micron biasanya produsen memberi jaminan 3 tahun anti karat (3years rustfree) dan untuk ketebalan 7 micron produsen bisa memberi jaminan hingga 30 tahun.

Sedang proses galvanis ada dua macam:

  • Pertama adalah electro-plating atau UCP Galvanis. Proses ini dengan cara memberi aliran listrik dalam kolam galvanis. Sehingga partikel galvanis menempel pada besi sampai ketebalan yang diinginkan.
  • Sedang proses kedua adalah hot-dip galvanis (hot dipped galvanized), yaitu dengan mencelupkan besi ke dalam kolam galvanis panas. Semakin sering dicelup semakin tebal lapisan galvanisnya. Selain pelapisan logam, untuk proses antikarat dikenal juga pengecatan dengan cat zinc chromate. Cat zincromat dipakai pada industri kapal dan konstruksi yang bersentuhan dengan air. Ketahanan zincromat dengan 2 kali aplikasi bisa sampai 2 tahun

Kata Kunci:

pipa kotak galvanis

Komentar

comments

Tags
distributor pipa galvanis surabaya harga pipa galvanis harga pipa galvanis surabaya penjual pipa galvanis pipa galvanis murah pipa galvanis yang bagus

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker