Software dan Tools

30 Software BIM Terbaik 2022 untuk Proyek Konstruksi

Software Building Information Modelling Terbaik 2022

30 Software BIM Terbaik 2022untuk Proyek Konstruksi. Building Information Modeling – adalah proses rumit yang tidak hanya mencakup pemodelan 3D, tetapi juga perencanaan, perancangan, pembangunan, kolaborasi, dan banyak lagi. Kemampuan untuk berbagi data yang relevan dengan semua peserta proyek menjadikan BIM alat kolaborasi yang sangat baik secara umum.

Sementara pemodelan 3D adalah bagian dari BIM, dan yang penting, ini bukan hanya pengganti pemodelan 3D jenis sebelumnya seperti AutoCAD. BIM yang komprehensif juga mencakup data pemeliharaan, penjadwalan proyek, informasi biaya, dan banyak lagi.

Keuntungan BIM dapat dilihat dengan ukuran proyek apa pun, tetapi paling berpengaruh saat bekerja dengan proyek konstruksi besar, di mana Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari deteksi bentrokan, pelacakan biaya, penjadwalan, dan sebagainya.

BIM sendiri beroperasi dengan apa yang disebut objek BIM – komponen yang dapat ditambahkan ke model 3D yang dimaksud, seperti pipa ledeng, komponen listrik, pintu, jendela, dan elemen konstruksi lainnya yang dapat mengubah hasil konstruksi akhir.

Kecenderungan yang paling signifikan selama ini dalam industri BIM adalah upaya unifikasi dan standardisasi. Sejauh ini, masih terdapat terlalu banyak interpretasi yang berbeda mengenai Spesifikasi Tersedia untuk Umum dari berbagai perusahaan BIM untuk mengatakan bahwa industri tersebut terstandarisasi, namun masih ada kemajuan yang dapat dilihat setiap tahun.

Berikut ini kami rangkum daftar Software BIM terbaik Tahun Ini

Revit SoftWare BIM Buatan Autodesk

Revit adalah perangkat lunak konstruksi BIM terkenal yang bertujuan untuk memecahkan berbagai masalah teknik dan desain. Ini dikembangkan oleh Autodesk dan merupakan salah satu solusi paling populer di industri. Banyak pakar yang berbeda dapat memanfaatkan daftar fitur Revit, termasuk arsitek, desainer, teknisi MEP (mekanik, kelistrikan, dan perpipaan), kontraktor, dan banyak lagi. Perangkat lunak itu sendiri menawarkan pendekatan cerdas untuk berbagai tahapan proses konstruksi melalui model.

revit software bim

Perangkat lunak ini eksklusif untuk Microsoft Windows, dan secara signifikan dapat mengurangi masalah miskomunikasi dengan mengelola berbagai bagian proses dalam sistem yang sama. Sistem yang sama ini juga meningkatkan upaya koordinasi secara keseluruhan, dan Anda bahkan dapat mensimulasikan desain yang berbeda untuk proyek Anda dengan itu. Karena Revit dianggap sebagai BIM 4D – Revit juga dapat melacak seluruh siklus hidup proyek konstruksi tertentu, dari konsep pertama hingga pemeliharaan rutin dan / atau pembongkaran.

 

Navisworks

Navisworks adalah solusi BIM lain yang dibuat oleh Autodesk. Perbedaan utama antara Navisworks dan Revit adalah bahwa Navisworks lebih merupakan solusi tinjauan proyek bagi para profesional AEC (arsitektur, teknik dan konstruksi). Seperti halnya Revit, ia juga mampu bekerja dengan MS Windows, dan juga dapat bekerja sama dengan solusi Autodesk 3D lainnya untuk membuka dan menggabungkan model mereka, meninjau dan menavigasi melalui hampir tidak ada kesulitan.

software naviswork

Karena sifatnya, Navisworks sangat penting dalam tahap pertama proyek apa pun – yaitu, tahap pra-konstruksi, mengontrol dan memprediksi hasil proyek dari awal. Koordinasi model dan deteksi benturan disertakan untuk membantu mendeteksi masalah apa pun sebelum konstruksi sebenarnya dimulai. Ada juga simulasi model, animasi, agregasi data dalam satu model, dan banyak fitur lainnya.

Tekla BIMsight

Peserta lain dari perangkat lunak kolaborasi konstruksi adalah Tekla BIMsight, memungkinkan Anda untuk menggabungkan model, mengidentifikasi bentrokan, dan memperbaiki masalah dengan peserta proses lainnya. Tujuan utama dari perangkat lunak ini adalah sistem BIM canggih dan rekayasa struktural. Mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah menjadi lebih mudah jika Anda dapat menemukannya pada tahap desain sebelum konstruksi dimulai.

Ada navigasi 3D, mark-up, dukungan IFC, transparansi objek, tampilan beberapa model, dan banyak fitur lainnya. Selain itu, sekarang semua fitur Tekla BIMsight tersedia di Trimble Connect.

 

BEXEL Manager

Contoh lain dari perangkat lunak BIM yang komprehensif adalah BEXEL Manager, yang dibuat oleh Bexel Consulting. Ini adalah solusi canggih yang berspesialisasi dalam mengelola aktivitas proyek konstruksi.

Ada juga banyak peluang integrasi, standar bersertifikat IFC, dan pengalaman umum lebih dari satu dekade di pasar. Daftar kemampuan BEXEL Manager mencakup fitur seperti penganggaran, pengoptimalan jadwal, analisis biaya, manajemen perubahan, pelacakan kemajuan, dan banyak lagi.

 

PriMus IFC

Tujuan utama PriMus IFC adalah untuk melakukan pengukuran dari berbagai model 3D dan menghasilkan tagihan kuantitas secara otomatis. Alat ini adalah standar referensi untuk banyak solusi BIM 3D. Anda dapat dengan mudah mengetahui perkiraan Anda dengan alat ini. Itu juga dapat memperbarui dirinya sendiri setiap kali ada perubahan dalam model 3D terkait, melakukan tampilan file IFC, mengelola daftar harga, dan banyak lagi.

Baca Juga:  Software Konstruksi, Mengenal Software Konstruksi dan Manfaatnya

Revizto

Revizto adalah menyediakan platform kolaborasi terintegrasi di lingkungan BIM untuk alur kerja 3D dan 2D, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan semua peserta dan pemangku kepentingan proyek dalam lingkungan kolaboratif. Solusi Revizto dapat dimanfaatkan di semua tahapan proses konstruksi dan mencakup fitur seperti manajemen bentrokan, pelacak masalah, sinergi untuk model 2D / 3D, dan bahkan kemampuan untuk menjelajahi model Anda dalam VR.

revizto-software-BIM

Alat ini adalah platform terpusat dan ramah pengguna untuk menyimpan semua yang Anda butuhkan. Ini memungkinkan data yang akurat dan penting tersedia bagi semua pemangku kepentingan tanpa memandang tingkat keahlian, memungkinkan mereka membuat keputusan waktu nyata yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih efisien.

ArchiCAD

ArchiCAD adalah perangkat lunak BIM 3D dengan desain dan pemodelan sebagai tujuan utamanya. Graphisoft mengembangkannya, dan dapat bekerja dengan sistem desktop MS Windows dan Mac. ArchiCAD sangat populer di bidang perencanaan kota, perancangan dan arsitektur karena berhasil meningkatkan seluruh alur kerja untuk profesi ini. Semua fitur ArchiCAD dirancang agar berguna untuk tujuan desain, termasuk bagian estetika dan tekniknya.

software bim archicad

ArchiCAD juga dianggap sebagai salah satu implementasi BIM pertama, dan dapat bekerja dengan geometri 3D dan 2D jika diperlukan. Berbagai fungsi visualisasi dan BIM memungkinkan ArchiCAD berguna untuk setiap perusahaan konstruksi atau arsitektur, dan inilah mengapa ArchiCAD dianggap sebagai salah satu contoh perangkat lunak BIM yang paling ramah pemula di pasar.

 

Vectorworks Architect

Vectorworks Architect adalah paket solusi yang mencakup alat CAD dan BIM. Tujuan utamanya adalah bekerja dengan proses desain, baik 2D maupun 3D, tanpa merusak visi kreatif model aslinya. Anda dapat menggunakan paket ini untuk meningkatkan seluruh alur kerja Anda, dari konseptualisasi hingga konstruksi aktual.

Ada kemampuan berorientasi desain, objek parametrik, alat BIM terkemuka di industri, dan banyak lagi – semua itu untuk menyederhanakan proses pembuatan desain virtual Anda. Ini bukan pengganti untuk proses kreatif, tetapi perpanjangan dari itu, membantu desainer untuk memiliki lebih banyak pilihan desain dan alat serbaguna – tanpa melupakan model BIM dan kertas konstruksi yang kompleks.

 

Edificius

Edificius adalah platform BIM unik untuk desain arsitektur. Mampu bekerja dalam dimensi 2D dan 3D, desain arsitektur jauh lebih mudah dengan mempertimbangkan semua teknologi dan peraturan baru. Ada juga desain taman dan lanskap, rendering statis dan real-time, dan banyak lagi.

Beberapa fitur BIM juga mencakup estimasi biaya waktu nyata dan rekayasa struktur, daftar sumber daya desain interior gratis melalui katalog gratis, dan banyak lagi.

 

Midas Gen

midas Gen adalah salah satu produk yang dikembangkan oleh midas. Tujuan utama dari midas Gen adalah membangun teknik dengan fitur BIM. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan analisis struktural dengan berbagai teori dan fungsi untuk mendapatkan hasil yang praktis dan akurat.

midas gen software bim

midas Gen juga dapat digunakan untuk merampingkan berbagai struktur menjadi lebih nyaman, efisien dan serbaguna. Fitur mirip CAD digunakan untuk menciptakan pengalaman pemodelan yang intuitif dengan node dan elemen. Fitur lain juga termasuk analisis lengkap, desain otomatis, antarmuka yang ramah pengguna, dan banyak lagi.

 

Autodesk BIM 360

Kreasi lain dari Autodesk adalah perangkat lunak BIM 360 mereka yang bekerja dengan manajemen konstruksi dan pengiriman proyek. Ini menyatukan berbagai proses desain, proyek, dan konstruksi menjadi satu proses tunggal. Pada intinya, ini adalah layanan web berbasis cloud untuk menghindari penundaan dan meningkatkan pengambilan keputusan dengan memberikan akses kepada tim yang berbeda ke data yang relevan.

Seluruh siklus hidup proyek Anda dapat dikelola dengan Autodesk BIM 360. Beberapa fitur penting adalah tinjauan desain, koordinasi BIM, daftar periksa program keselamatan, manajemen masalah, koordinasi pengiriman, dan banyak lagi.

 

SketchUp

SketchUp adalah alat pemodelan yang mudah digunakan yang memungkinkan pengguna untuk mengubah garis dan bentuk biasa menjadi berbagai bentuk 3D. Tidak perlu melakukan semuanya dari awal berkat koleksi model 3D yang ada di dalamnya.

Ada berbagai alat yang dapat disertakan di SketchUp. Alat pemodelan 3D gratis biasa dapat diakses dari browser web. Solusi Pro yang lebih komprehensif memiliki klien desktopnya sendiri dan dapat menawarkan opsi yang lebih serbaguna untuk proyek 3D Anda. Dan, akhirnya, SketchUp Studio menawarkan Anda untuk menganalisis berbagai parameter model dan kreasi Anda dalam kehidupan nyata sebelum dibuat.

 

Buildertrend

Buildertrend adalah alat BIM tahap konstruksi yang lebih cocok untuk renovasi dan pembangun rumah. Produk BIM berbasis cloud ini menawarkan sejumlah besar fitur yang berbeda termasuk akses ke proyek Anda secara real-time dari mana saja, manajemen garansi, perubahan pesanan, dan akses ke semua data berikutnya yang dilampirkan ke proyek seperti foto, dokumen, dan begitu seterusnya.

Baca Juga:  Bosch Produksi Alat Tes COVID-19 Canggih, Bisa Deteksi dalam 30 Menit

buildertrend software bim

Perangkat ini menjadikannya pilihan populer bagi para profesional konstruksi perumahan. Ada juga fitur seperti manajemen proyek umum, manajemen pelanggan, alat keuangan, dan proses pra-penjualan. Masing-masing fitur tersebut mencakup berbagai fungsi dan kemungkinan seperti markup rencana, anggaran, dan lainnya.

 

Trimble Connect

Trimble Connect adalah produk berbasis cloud BIM pertukaran informasi. Spesialisasi utamanya adalah memberikan data yang tepat kepada profesional yang tepat pada waktu yang tepat. Beberapa orang yang dapat memanfaatkan teknologi ini adalah insinyur, subkontraktor, arsitek, dan lainnya. Lingkungan yang berfokus pada kolaborasi adalah apa yang coba dibuat oleh Trimble.

Menyampaikan informasi penting tepat waktu mungkin terbukti penting untuk berbagai tahapan alur kerja Anda. Beberapa fitur utama adalah koordinasi desain, komunikasi on-site / off-site, dan manajemen proyek. Itu juga dapat diintegrasikan dengan sejumlah besar alat konstruksi untuk membuat pekerjaan Anda lebih mudah.

 

BIMobject

BIMobject adalah salah satu dari sedikit platform konten BIM gratis. Solusi ini banyak digunakan oleh arsitek, kontraktor, desainer, dan insinyur untuk mengakses objek BIM khusus industri. Satu-satunya persyaratan untuk mengakses platform ini adalah formulir pendaftaran yang dapat Anda isi secara gratis.

bimobject-software

Ada ribuan objek BIM berbeda yang diurutkan dalam kategori berbeda, berdasarkan jenis, ukuran, wilayah, jenis file, dan lainnya. Pemfilteran lanjutan banyak membantu dalam menemukan apa yang Anda butuhkan.

 

Civil 3D

Civil 3D adalah produk BIM lain yang dibuat oleh Autodesk yang berfokus pada desain dan dokumentasi teknik sipil, tetapi juga menawarkan beberapa fitur dan alur kerja terkait BIM. Civil 3D membantu insinyur sipil mengembangkan proyek dengan lebih akurat, dengan lebih sedikit kesalahan dan risiko, dan adaptasi yang lebih cepat terhadap perubahan proyek.

Menyederhanakan tugas yang lebih sulit dan memakan waktu juga dimungkinkan dengan 3D Sipil (desain persimpangan, penilaian lokasi, desain koridor, dan sebagainya).

 

BricsCAD BIM

Perangkat lunak BIM komprehensif lainnya adalah BricsCAD BIM – solusi serbaguna yang dapat menangani setiap proses proyek Anda, seperti menambahkan detail, membuat sketsa, dan mengubah semua itu menjadi model informasi bangunan yang berfungsi penuh. Anda dapat dengan bebas mengontrol berbagai elemen dan properti proyek Anda, tidak peduli ukurannya.

Cara lain untuk menentukan sesuatu dalam model Anda adalah dengan memasukkan informasi tambahan seperti definisi, lapisan, dan seterusnya. Ada juga kapabilitas pemodelan struktural cerdas yang dapat Anda gunakan untuk secara otomatis mengklasifikasikan padatan linier.

 

Hevacomp

Solusi lain yang menangani hal-hal terkait BIM tertentu adalah Hevacomp. Perangkat lunak ini dibuat khusus untuk melakukan analisis energi gedung, memungkinkan Anda membangun infrastruktur yang cukup energi dengan prediksi berdasarkan kinerja dunia nyata.

Solusinya sendiri mencakup beberapa alat BIM yang berbeda seperti Simulasi Dinamis, Perancang Kelistrikan, Perancang Mekanik, dll. Misalnya, Simulasi Dinamis memungkinkan Anda membuat simulasi bangunan berdasarkan peraturan terkait bangunan di Inggris Raya. Perampingan proses pembangunan dimungkinkan melalui satu model bangunan standar.

 

Kreo

Di dunia modern saat ini, wajar jika seseorang mencoba memanfaatkan keunggulan AI untuk kepentingan BIM. Di sinilah Kreo masuk, bekerja sebagai perangkat lunak berbasis cloud perencanaan cerdas dan menawarkan kemampuan AI dalam pekerjaannya.

software bim kreo

Kreo dibagi menjadi dua bagian berbeda: Kreo Plan dan Kreo Design. Kreo Plan dapat menganalisis model BIM yang ada dan berupaya memperbaikinya melalui pelaporan terperinci, prediksi, dan informasi penting lainnya. Kreo Design, di sisi lain, adalah alat desain yang membantu perusahaan membuat model BIM pada tahap desain awal.

 

VisualARQ

VisualARQ adalah program BIM on-premise dengan tujuan utama meningkatkan kegunaan aplikasi Rhinoceros 3D CAD – banyak digunakan untuk desain industri dan arsitektur.

Salah satu spesialisasi utama VisualARQ adalah pemodelan bentuk bebas, memungkinkan pengguna untuk mengubah geometri bentuk bebas menjadi bentuk kompleks yang dapat diisi dengan berbagai geometri unik. Itu juga dapat menyediakan dokumentasi dinamis, editor objek terintegrasi, dan banyak lagi.

 

The Wild

The Wild adalah platform kolaborasi jarak jauh lainnya, tetapi platform ini dapat menggunakan virtual dan augmented reality untuk menghemat waktu, membuat keputusan yang lebih baik, dan lebih sedikit kesalahan dengan benar-benar memvisualisasikan desain Anda.

Baik SketchUp dan Revit didukung sejak awal. The Wild berusaha membawa semua orang ke masa depan virtual kolaborasi pada tingkat yang sama sekali berbeda dari sebelumnya.

Baca Juga:  Cara Implementasi BIM untuk Proyek Konstruksi Agar Optimal

 

Allplan Architecture

Seperti namanya, Allplan Architecture adalah solusi BIM yang dibangun terutama untuk arsitek. Anda dapat dengan mudah menggunakan perangkat lunak ini untuk membuat visualisasi dan gambar profesional sambil memiliki biaya yang akurat dan jumlah bahan yang dibutuhkan.

allplan-architecture

Bekerja hanya dengan 3D atau kombinasi 2D dan 3D mudah dikelola dengan Arsitektur Allplan. Pada saat yang sama, antarmuka yang ramah pengguna membantu produktivitas keseluruhan seorang arsitek, dan Anda dapat dengan mudah bertukar data dengan mitra perencanaan yang berbeda untuk kerja tim dan upaya kolaborasi yang lebih baik.

 

AECOsim Building Designer

AECOsim Building Designer adalah perangkat lunak BIM yang merancang infrastruktur yang dibuat oleh Bentley Systems. Ini dapat bekerja dengan berbagai disiplin ilmu sekaligus, termasuk arsitektur, listrik, struktural, mekanik, dan lainnya.

Baru-baru ini, ada peningkatan yang mengesankan dalam keseluruhan produktivitas, kecepatan, konektivitas, dan parameter lainnya terkait dengan AECOsim Building Designer. Ini juga dapat bekerja dengan pemodelan mesh untuk membuat desain konseptual dan konten BIM parametrik dengan mudah.

 

ActCAD BIM

ActCAD BIM adalah perpanjangan dari ActCAD 2020, yang merupakan perangkat lunak pemodelan 3D, tetapi dengan fungsi tambahan terkait BIM. Misalnya, ini berfungsi dengan file DWG dan DXF secara native dan dapat membuka banyak file lainnya juga.

actcad-software

Dasar dari ActCAD BIM adalah mesin IntelliCAD 9.2 dengan pustaka ODA 4.3; Anda dapat menambahkan bagian umum dari konstruksi ke model Anda dengan perintah sederhana. Ada juga sejumlah tab terkait BIM yang tersedia di menu Palet Alat, di samping opsi pemodelan 3D standar Anda.

 

BIMx

BIMx adalah solusi multi-platform yang memungkinkan pengguna menampilkan model BIM dalam 3D dan 2D, mengurangi jarak antara tabel desain dan lokasi konstruksi sebenarnya. Daftar platform yang didukung adalah sebagai berikut: MS Windows, Mac, Android dan iOS.

Akar dari perangkat lunak ini adalah konsep model Hyper yang memungkinkan Anda dengan cepat mengubah model 3D dalam bentuk lembar gambar. Ada tiga aplikasi utama yang disertakan: penampil seluler, penampil desktop, dan penerbit. Pada saat yang sama, model 3D itu sendiri disajikan dalam pendekatan interaktif, membuat seluruh interaksi menjadi lebih ramah pengguna.

 

dRofus

Dukungan alur kerja yang luas dan informasi bangunan dapat diakses di setiap titik siklus hidup konstruksi dengan dRofus. Itu dapat secara bebas berintegrasi dengan perangkat lunak pemodelan BIM populer seperti Revit, ArchiCAD dan IFC untuk dapat menyinkronkan data dengan kedua cara.

Ada juga banyak fitur lain yang tersedia, seperti pengambilan keputusan yang lebih akurat, konversi data ke dalam format standar tunggal, peningkatan efisiensi validasi proyek, pengurangan risiko secara signifikan, dan sebagainya.

 

Procore

Procore adalah platform manajemen konstruksi lain yang mempromosikan kolaborasi ekstensif antara semua bagian proses konstruksi. Teknologi itu sendiri ramah pengguna dan intuitif; mudah digunakan untuk menyederhanakan alur kerja Anda. Keramahan pengguna secara keseluruhan membuatnya sangat berharga bagi orang-orang dengan keterampilan yang tidak memadai dengan model 3D dan semacamnya.

Procore dianggap sebagai salah satu solusi terbaik di pasaran saat ini, dan terdiri dari 4 bagian utama: produktivitas lapangan, keuangan konstruksi, kualitas dan keselamatan, serta manajemen proyek. Setiap bagian mewakili bidang tertentu dari area dalam sebuah proyek dan mereka harus bekerja sama agar menjadi lebih efektif bila digunakan oleh profesional dan orang biasa.

 

ArCADia BIM 11

ArCADia BIM 11 adalah perangkat lunak yang mampu mempercepat pekerjaan desain melalui banyak solusi yang berguna. Misalnya, ada pustaka objek yang dapat Anda gunakan untuk tidak membuang waktu pemodelan setiap jendela, dan seluruh desain berorientasi objek dengan cara itu.

arcadia bim software

Ada juga beberapa tingkat dukungan teknologi BIM, seperti berbagi dan perbandingan dokumen, penggunaan format DWG asli, gambar yang tepat dengan penggunaan koordinat, kemampuan pencetakan, dan fitur berguna lainnya.

 

IrisVR

IrisVR adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang menawarkan tinjauan dan kolaborasi desain yang imersif dengan memanfaatkan kemampuan realitas virtual. Ada banyak sekali peluang integrasi dengan perangkat lunak seperti Revit, Navisworks, SketchUp, dan lainnya, yang memungkinkan pengalaman VR yang mudah dan imersif saat mempresentasikan desain Anda.

IrisVR diwakili oleh aplikasi desktop bernama Prospect yang dapat beroperasi dengan HTC Vive, Oculus Rift dan headset Microsoft MR. Tersedia juga aplikasi seluler yang mendukung Samsung GearVR, Google Daydream, dan Cardboard.

 

 

 

 

Kata Kunci:

download sofware i building informasi manajemen,software bim terbaik

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker