Harga Bahan Bangunan

Harga Batu Kapur Limestone Per Kg dan Per Kubik

Manfaat Limestone Batu Kapur untuk Kehidupan

Harga Batu Kapur Limestone Per Kg dan Per Kubik. batu kapur atau limestone adalah salah satu material bangunan yang sangat vital. Hampir semua produksi semen menggunakan material batu kapur limestone. Selain itu batu kapur banyak digunakan pada industri kosmetik, pupuk, pembasmi hama dll.

Bahan material bangunan batu kapur limestone atau calcium carbonate (CaCO3) terbentuk lebih dari 30 sampai 500 juta tahun yang lalu, yang berasal dari kerang, karang , ikan purba dan kalsium yang mengendap dari dasar laut membentuk lapisan dari batuan kapur.

Tekanan dan panas dari bumi selama jutaan tahun dapat memdatkan dan mengkristalkan hal diatas menjadi batuan kapur, dimana tekanan yang lebih ekstrim akan membentuk marmer. Pada saat ini apabila kita menambang batu kapur untuk membuatsemen maka kita akan menjumapai sisa-sisa fosil kerang dan karang yang masih menempel pada batu kapur.

Baca Juga:  Harga Kontainer Bekas 20 Feet - 40 Feet Beserta Spesifikasinya

Ada banyak contoh dalam sejarah mortar yang menggunakan kapur, tanah liat, bitumen atau gipsyum yang secara alami ditemukan di dalam tanah. Batu kapur (Limestone) dapat berubah menjadi “kapur reaktif” apabila mendapatkan pemanasan samapi 90 derajat C , yang apabila di campur dengan air untuk membentuk reaksi kimia menjadi calcium hidroksde (Ca(OH)2) dan apabila mengering akan kembali ke batu aslinya.

 

Manfaat Batu Kapur

  • Pupuk Alternatif Penetralisir Keasaman Tanah

Batu limestone mengandung senyawa Ca yang bermanfaat sebagai bahan pengakapuran, yakni untuk menetralisir keasaman tanah. Dalam hal ini, batu limestone mampu meningkatkan pH tanah, dimana dalam implementasinya ialah menambahkan Ca dan mengurangi Al.

  • Pembasmi Hama

Batu limestone mampu bertindak sebagai warangan kalsium (CaAsO3) dan warangan timbal (PbAsO3) atau sebagai serbuk belerang yang mampu membasmi hama dengan cara disemprotkan.

  • Bahan Pupuk dan Insektisida

Batu limestone yang telah dihaluskan berupa tepuangan dapat berguna sebagai bahan pupuk dan insektisida dalam dunia pertanian. Dimana batu tersebut mampu menetralkan tanah asam ketika ditaburkan. Pupuk dari batu limestone mampu menambah unsur kalsium yang berkurang dari tanah yang diakibatkan oleh panen atau erosi. Selain itu, batu kapur ini juga mampu berfungsi sebagai bahan pembuatan kompos, disinfektan pada kandang unggas dan lain sebagainya. Bahkan yang tak kalah uniknya, batu limestone juga sering dimanfaatkan untuk pakan ternak karena memiliki kandungan kalsium yang terbilang tinggi.

  • Bahan Bangunan
Baca Juga:  Harga Polycarbonate Terbaru Berbagai Merek dan Tipe

Batu limestone atau batu kapur sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan bangunan, dimana ia dapat digunakan untuk adukan pasangan bata, pembuatan semen tras atau semen merah dan juga pembuatan plester.

  • Bahan Penstabilan Jalan Raya

Penstabilan jalan raya sering kali menggunakan batu limestone, terutama dalam bidang pemantapan pondasi jalan raya dan rawa yang dilalui. Fungsi dari batu limestone ini ialah untuk meminimalisir penyusutan, plastisitas dan pemuaian pondasi jalan raya.

  • Penjernihan Air

Tahukah Anda bahwa batu limestone berguna untuk menjernihkan air ? Di dunia industri, batu jenis ini digunakan untuk proses penjernihan pelunakan air. Dimana sebelumnya harus dicampurkan dengan soda abu terlebih dahulu.

  • Bahan Baku Semen
Baca Juga:  Harga Kunci Dekson, Update Harga Kunci Dekson Terbaru

Semen yang kuat tentunya memiliki komposisi yang baik. Batu limestone yang berkomposisi baik dan dalam kondisi yang baik pula sering kali dimanfaatkan untuk bahan baku semen.

  • Bahan Obat-obatan dan Kosmetik

Batu limestone memang identik berwarna putih, hal inilah yang membuatnya banyak digunakan pada pembuatan produk obat-obatan dan kosmetik. Dimana peran batu limestone sendiri ialah sebagai pigmen pemutih.

Harga Limestone Batu Kapur

Kata Kunci:

harga pasangan batu kapur

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker