PLTS dan Turbin Angin

Panel Surya Silinder Bisa Dipasang di Tiang Lampu PJU

Konsep dan Aplikasi Panel Surya Silinder untuk Lampu jalan

Panel Surya Silinder Bisa Dipasang di Tiang Lampu PJU. Start-up Italia Fly Solartech Solutions Srl telah mengembangkan panel surya silinder ringan yang dapat diintegrasikan ke tiang lampu penerangan jalan bertenaga PV dengan ukuran berbeda.

Modul Fly Solartech dikemas dalam polimer teknis plastik termoformabel dan bergantung pada lembaran belakang berwarna putih. Ini tersedia dalam tiga versi dengan output daya 100, 120, dan 240 W.

Perangkat paling kuat berukuran 180 x345 x3.10mm dan berat 5 kg. Itu dibangun dengan 84 sel monokristalin setengah potong dengan efisiensi 23,4% dan memiliki tegangan rangkaian terbuka 12,78 V untuk setiap string. Efisiensi keseluruhan panel 240 W adalah 17,3% dan koefisien suhunya adalah -0,32%.

“Produk ini dibagi menjadi dua bagian yang dirakit bersama,” CEO perusahaan, Davide Zanatta, mengatakan kepada majalah pv.

“Masing-masing setengahnya terdiri dari dua untaian sel yang tidak saling berhubungan satu sama lain tetapi masing-masing dengan kotak persimpangannya sendiri.” Konfigurasi ini memungkinkan penggelaran lebih banyak modul silinder di sekitar tiang yang sama dan menghubungkannya secara seri dan memaksimalkan outputnya melalui pelacakan titik daya maksimum multi-saluran (MPPT).

“Polimer teknis termoformabel memungkinkan pembentukan produk dalam bentuk silindernya tanpa menimbulkan retakan mikro internal dan mempertahankan kisaran kelengkungan yang dapat diserap oleh sel itu sendiri,” Zantta menjelaskan lebih lanjut.

Baca Juga:  Kobalt Pada Baterai Lithium, Seperti Apa Fungsinya?

desain panel surya silinder

Produk ini memiliki diameter hampir 35 cm termasuk struktur pemasangan dan dapat diterapkan pada semua tiang komersial dengan diameter mulai dari 10 hingga 25 cm. Ini, menurut pabrikan, juga memungkinkan ventilasi yang sangat baik antara celah yang dibuat antara panel dan tiang, memicu efek cerobong alami yang menginduksi aliran udara terus menerus antara lembar belakang dan tiang secara vertikal.

Setiap silinder tergabung dalam dua kerah pemasangan aluminium yang ditempatkan di ujung luar panel dan dua pemandu lateral yang memungkinkan penutupan sempurna dari dua bagian. “Sifatnya yang silindris memungkinkannya menahan angin kencang serta aplikasi vertikalnya memungkinkan membatasi seminimal mungkin endapan kotoran dan pasir serta akumulasi salju,” Zannatta menekankan.

Produk ini juga dapat dibuat dengan lapisan pelindung anti-silau untuk memungkinkan penerapannya di jalan raya dan jalan raya di mana penggunaan produk anti-pantulan diperlukan. “Ini juga mudah diterapkan sebagai solusi retrofit, karena dimungkinkan untuk memasang junction box antara panel dan tiang dengan menggunakan braket khusus,” tutup Zanatta.

Baca Juga:  DOD Baterai dan SOC Baterai, Perhatikan Ini Agar Aki Awet

Produk ini dilengkapi dengan garansi produk 10 tahun dan jaminan kinerja 20 tahun.

Ketika ditanya tentang skeptisisme umum seputar panel PV silinder setelah kebangkrutan pabrikan AS Solyndra pada 2011, Zanatta mengatakan sejak itu hampir semuanya telah berubah di pasar surya. “Salah satu kelemahan Solyndra adalah efisiensi panelnya mencapai 10-12% dan produk ini bersaing di pasar solar atap yang memiliki opsi ekonomi dan teknis yang lebih baik,” katanya.

“Produk kami, sebaliknya, menggunakan teknologi terbaru dalam hal efisiensi dan proses manufaktur dan ditargetkan untuk memenuhi permintaan pasar tenaga surya yang sangat spesifik untuk penerangan umum, yang berarti kebutuhan akan panel yang tidak merusak lingkungan secara visual, yang meminimalkan kebutuhan untuk membersihkannya dan yang terpenting dari semuanya itu dapat digunakan sebagai retrofit pada tiang yang sudah terpasang.”

Baca Juga:  Biaya PLTS 900 Watt Sistem Off Grid dan On Grid untuk Rumah

Panel yang sekarang digunakan untuk aplikasi penerangan umum pada dasarnya adalah panel standar yang dipasang di kepala tiang, tambahnya. Ini tidak memungkinkan mereka untuk dipasang di tiang yang ada karena mereka membutuhkan lampu dan tiang yang memungkinkan mereka ditempatkan di bagian atas tiang. Selain itu, mereka memiliki biaya pembersihan yang lebih tinggi, dan berada dalam posisi horizontal setinggi puluhan meter, mereka menjadi penopang yang mudah bagi burung dan ekskresinya karena tertutup salju selama musim dingin.

Fly Solartech Solutions Srl berbasis di San Daniele del Friuli, di wilayah Friuli Venezia-Giulia Italia utara. Saat ini memiliki dan mengoperasikan pabrik 40 MW di Tolmezzo, di wilayah yang sama. “Rencana kami adalah untuk memperluas kapasitas menjadi 100 MW selama tiga tahun ke depan,” tambah Zanatta. Perusahaan juga mengembangkan panel fotovoltaik yang fleksibel dan ringan, yang dapat diintegrasikan ke dalam selubung bangunan tetapi juga dalam aplikasi otomotif, kelautan, penerangan umum, dan militer.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker