DIY ProjectUrban Skill

Peralatan Pertukangan yang Wajib Dimiliki oleh Pemilik Rumah

Tools dan perlengkapan dasar untuk Perbaikan rumah

Peralatan Pertukangan yang Wajib Dimiliki oleh Pemilik Rumah. terkadang ada beberapa kerusakan kecil di dalam rumah yang bisa kita tangani sendiri tanpa harus memanggil tukang. Namun ada beberapa peralatan yang seharusnya kita miliki, diantara:

Obeng

Mungkin alat yang paling penting dalam daftar adalah obeng. Setiap rumah tangga membutuhkan satu set obeng yang layak yang mencakup berbagai ukuran kepala datar dan kepala Phillips (silang). Saat melakukan pembelian, pilih obeng yang dilengkapi pegangan yang nyaman dan tip magnetis yang mengurangi stres saat memasang sekrup dan melepaskan sekrup.

obeng

Merawat alat: Setelah digunakan terus-menerus, ujung obeng Anda kan selalu aus, membuatnya lebih sulit untuk digunakan. Untuk memperpanjang penggunaannya, kikir ujungnya sehingga sisi yang bersentuhan dengan sekrup kembali sejajar, tajam, dan bermata persegi.

 

Palu

Palu merupakan tools yang dipastikan ada dan harus ada di setiap rumah. Palu memiliki beragam fungsi ada baiknya memilik palu yang mempunyai pengungkit pada ujungnya. Hal ini akan mempermudah saat kita salah memaku dan kita bisa mencabut paku dengan mudah.

Pilihlah Palu yang memiliki berat yang cukup dan nyaman di genggam. Jika ingin yang lebih nyaman saat ini tersedia palu dengan handle grip karet.

palu paku

Merawat Palu: Untuk memelihara palu, Anda harus membersihkan kepalanya secara teratur, karena pasir dan serpihan yang menempel di permukaan kepala dapat menyebabkan paku lebih sering menekuk di bawah tekanan palu. Untuk melakukan ini, Anda dapat mengoleskan amplas atau wol kawat dengan lembut jika diperlukan. Selain itu, jika cakar palu Anda perlu dipulihkan, Anda dapat menghaluskan tepinya dengan kikir logam datar.

Baca Juga:  Cara Memasang Wallpaper Dinding, Tips Pasang Wallpaper Sendiri dengan Mudah

 

Bor listrik

Bor listrik digunakan untuk membuat lubang dan menggerakkan sekrup. Bor listrik tanpa kabel lebih mudah digunakan di mana saja, karena Anda tidak akan dibatasi oleh panjang kabel ekstensi (kabel ekstensi) untuk menyambungkannya ke soket terdekat, tetapi bor tanpa kabel akan lebih mahal. Dengan tambahan mata bor yang berbeda, Anda dapat menggunakan bor listrik untuk melakukan berbagai pekerjaan, termasuk mengampelas, menggiling logam, dan mengaduk cat.

harga bor baterai 2020

Merawat Bor: Jika menggunakan bor tanpa kabel, cara terbaik untuk merawatnya adalah dengan menjaga baterai yang terisi dengan baik. Menggunakan bor tanpa kabel yang masa pakai baterai rendah akan menambah tekanan pada motor dan, pada gilirannya, memperpendek masa pakainya. Selain itu, pastikan untuk menyimpan bor listrik Anda di tempat yang sejuk dan kering (seperti kotak peralatan Anda) untuk melindungi komponen elektronik dan mekanis yang sensitif.

 

Kunci Pas dan Kunci Inggris

Digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan mur heksagonal, kunci pas sangat penting untuk menangani pekerjaan pipa dasar seperti keran yang menetes, wastafel yang tersumbat, atau katup radiator yang lengket.

Merawat Kunci pas: Tidak ada perawatan khusus untuk kunci pas asal disimpan di tempat yang kering afar tidak mudah korosi. Khusus untuk kunci inggris jika jarang digunakan bisa diberi oli pada drat pengatur ukuran agar tidak macet.

 

Meteran

Meteran atau Pita pengukur tersedia dalam berbagai lebar – dari 1/2 “hingga 1” – dengan lebar yang lebih lebar sehingga lebih mudah untuk disangga dengan satu tangan. Untuk sebagian besar pekerjaan, pita pengukur dengan lebar 3/4 “dan panjang 16” sudah cukup.

Gunakan Meteran yang tepat dengan kekakuan yang cukup untuk tetap lurus sehingga Anda dapat mengukur sendiri jarak jauh.

Merawat meteran: Untuk menjaga kualitas meteran, Kita tidak boleh membiarkan bilah (bagian yang memanjang dan memungkinkan Anda mengukur) tertarik dengan sendirinya. Pegas yang menyebabkan bilah mundur memiliki tegangan yang cukup di dalamnya untuk mematahkan bilah menjadi dua, jadi Anda harus selalu menggunakan tangan kedua untuk memasukkan bilah kembali ke dalam casingnya. Selain itu, jika pita meteran kotor atau basah, pastikan untuk membersihkannya agar tidak berkarat.

 

Pisau Cutter

Pisau serba guna sangat bagus untuk membuka paket, mengikis cat, dan memotong tepi karpet yang berjumbai (dan menggunakan pisau yang dirancang untuk tugas semacam itu jauh lebih aman daripada menggunakan pisau dapur). Untuk lebih amannya, belilah pisau serbaguna yang mencakup penyimpanan built-in dan pegangan karet untuk kenyamanan ekstra.

Merawat Pisau Cutter: Dengan memperpanjang bilah yang dapat ditarik secukupnya untuk pekerjaan yang sedang dihadapi dan dengan tidak mengerahkan tenaga yang berlebihan, Anda tidak hanya akan tetap aman tetapi juga melindungi bilah dari benturan, sehingga memperpanjang penggunaannya.

 

Pengupas kabel (wire Cutter)

Jika harus mengganti steker untuk peralatan rumah tangga, Kita memerlukan pemotong kabel. Gunakan tang pengupas kabel agar hasilnya praktis dan efisien.

Merawat Pengupas Kabel: Bergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya, pisau pemotong kabel pada akhirnya akan menjadi tumpul dan Anda akan merasa lebih sulit untuk menggunakannya. Anda dapat menajamkannya kembali dengan lembut menggunakan kikir logam halus, tetapi lakukan dengan mudah – jika Anda menghilangkan terlalu banyak area permukaan dari bilah, mereka tidak akan dapat menutup sepenuhnya dan ergo tidak akan memotong apa pun.

 

Multimeter dan Avometer

Jika akan melakukan pekerjaan kelistrikan yang lebih rumit daripada memasang kabel steker, Anda memerlukan penguji listrik untuk memastikan keselamatan Anda.

Multimeter atau multitester dapat mendeteksi keberadaan listrik di dalam sirkuit dan sangat penting untuk mencegah terkena sengatan listrik.

multimeter auto range

Merawat Multimeter: Selalu ikuti instruksi yang disertakan, seperti yang dirancang untuk mengukur resistansi, dapat rusak jika Anda membebani mereka dengan arus yang terlalu banyak. Lebih baik lagi jika ada fitur auto off agar jika kita lupa mematikan baterai tidak habis.

Baca Juga:  Membuat Lilin Aromaterapi, Segarkan Ruangan dan Netralisir Udara Jahat

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker