DIY ProjectTips & Trik

Membuat Lilin Aromaterapi, Segarkan Ruangan dan Netralisir Udara Jahat

Membuat Lilin Aromaterapi, Segarkan Ruangan dan Netralisir Udara Jahat. Selama ini lilin aroma terapi biasa dipakai untuk meditasi atau yoga. namun ternyata lilin aromaterapi mempunyai manfaat beragam jika ditaruh dalam ruangan. Khususnya manfaat kepada penghuninya.

Pada awalnya Aromaterapi merupakan suatu bentuk pengobatan alternatif menggunakan bahan tanaman volatil, banyak dikenal dalam bentuk minyak esensial dan berbagai macam bentuk lain yang bertujuan untuk mengatur fungsi kognitif, mood, dan kesehatan.

Aromaterapi dibentuk dari berbagai jenis ekstrak tanaman seperti bunga, daun, kayu, akar tanaman, kulit kayu, dan bagian-bagian lain dari tanaman dengan cara pembuatan yang berbeda-beda dengan cara penggunaan dan fungsinya masing-masing.

Ada banyak jenis aromaterapi, seperti minyak esensial, dupa, lilin, garam, minyak pijat, dan sabun. Jenis tanaman yang digunakan sebagai esktrak juga sangat banyak, yaitu rosemary , sandalwood, jasmine, orange, basil, ginger, lemon, tea tree, ylang-ylang, dan masih banyak lagi.
Terdapat banyak cara penggunaan aromaterapi yang memiliki manfaatnya masing-masing. Aromaterapi inhalasi merupakan minyak esensial yang dihirupkan sampai pada paru, dimana memberikan manfaat baik secara psikologis dan fisik.
Tidak hanya aroma dari minyak esensial yang merangsang otak untuk memicu suatu reaksi, bahan-bahan alami yang terdapat dalam minyak esensial pada saat terhirup juga memberikan beberapa efek teraupetik. Sebagai contoh,
minyak esensial kayu putih memberikan efek mengurangi sumbatan pada jalan napas paru.

Namun penggunaan yang berlebihan juga memberikan beberapa konsekuensi maka sebaiknya dilakukan secara aman dan tidak berlebihan.

Baca Juga:  Merawat Baterai Power Tool Bosch, Dewalt, Makita Agar Awet

 

Cara Membuat Lilin Aromaterapi

Bentuk sediaan lilin aromaterapi merupakan ekstrak tanaman yang dibuat menjadi bentuk lilin dan kemudian dibakar. Tercium bau aromaterapi dari hasil pembakaran api terhadap lilin tersebut. Lilin aromaterapi dibentuk dalam cetakan. Pembuatan lilin aromaterapi hanya bisa beberapa jenis aromaterapi yang dibuat, misalnya lavender dan sandalwood.
Bahan membuat lilin Aromaterapi
  • Wax (parafin wax atau beeswax, beeswax lebih bersifat alami)
  • Minyak Esensial oil (misal minyak sere atau lavender).
  • Krayon yang tidak beracun untuk pewarna.
  • Benang kasur.
  • Gelas sloki Tempat lilin.
  • Tusuk Gigi

 

Cara membuat Lilin Aromaterapi:

  • masak dan lelehkan lilin kedalam kaleng atau panci kecil sesuai kebutuhan misal untuk membuat lilin aromaterapi 3 gelas sloki siapkan 1 ons wax.
  • Setelah lilin mencair jika ingin memberi warna, gunakan krayon yang dilembutkan atau gunakan pewarna makanan yang aman.
Baca Juga:  Jenis Lantai Vinyl, Memilih Lantai Vinyl Untuk Rumah dan Kantor

cara membuat lilin aromaterapi

  • Beri 10 tetes esensial oil (lavender atau aroma lain yang anda suka)
  • pasang beang kasur sebagai sumbu lilin, agar bisa tegak gunakan tusuk gigi atau stik sebagai penyangga.
  • Letakkan sumbu pada tengah gelas.
  • Tuangkan lilin cair dan biarkan dingin membeku.
  • Lilin bisa langsung digunakan atau disimpan.

 

 

Kata Kunci:

bahan membuat lilin aromaterapi,Cara membuat lilin aroma lavender,cara membuat lilin aromaterapi dari lilin bekas,cara membuat lilin aromatherapi,Cara pembuatan lilin aromaterapi denagan beeswax,kesimpulan dari teks cara membuat lilin aroma terapi,mencari unsur kebahasaan cara membuat lilin aroma terapi,teks prosedur cara membuat lilin aroma terapi

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker