PLTS dan Turbin Angin

Tesla Powerwall, Generasi Baru Sistem Penyimpanan Energi Perumahan

Mengenal keunggulan tesla PowerWall

Tesla Powerwall, Generasi baru sistem penyimpanan energi perumahan. Tesla memperkenalkan Powerwall pada 2015 – baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang dengan berat sekitar 90 kilogram, yang dirancang untuk dipasang di dinding.

Bagaimana cara kerja Tesla powerwalls dan apa keunggulannya? Bagi kebanyakan orang, Tesla adalah perusahaan yang hanya dikenal untuk mobil listriknya. Namun, perusahaan mengembangkan produk dan solusi revolusioner yang tidak ditujukan untuk pasar mobil.

Dilihat oleh fakta bahwa powerwall Tesla disajikan sebagai bagian dari inisiatif baru Tesla Energy, dalam waktu dekat kita dapat mengharapkan produk lain dari kategori ini.

Powerwalls merupakan rangkaian Baterai rumah tangga yang mampu menyimpan listrik yang dihasilkan oleh panel surya, dan secara opsional, mendapatkan listrik dari jaringan untuk mempertahankan pasokan yang diperlukan untuk digunakan nanti, atau sebagai daya cadangan selama pemadaman.

Baterai dirancang sebagai blok kompak dan sebuah rumah tangga dapat memasang hingga sepuluh buah sekaligus untuk menyimpan lebih banyak energi. Sementara Tesla menjaga tugas mengembangkan dan memproduksi modul dan paket baterai, Panasonic memproduksi sel baterai untuk Powerwall.

 

Perkembangan teknologi Tesla Powerwall

Sejak rilis awal model, Tesla membuat sejumlah perubahan pada desain baterai Powerwall mereka dan merilis versi baru yang dirancang untuk menyederhanakan proses instalasi. Tujuannya adalah kompatibilitas dengan inverter baru karena Powerwall versi pertama tidak dilengkapi dengan inverter.

Desain Powerbank tesla
Desain Tesla Powerwall Minimalis dan Menarik

Inverter diperlukan untuk mengubah listrik yang dihasilkan oleh panel surya menjadi arus bolak-balik, yang dapat digunakan untuk menghemat energi tetapi pada awalnya, itu harus dibeli secara terpisah.

Baca Juga:  Siapa Penemu Panel Surya? Sejarah Penemuan Solar Panel

Model terbaru baterai rumah tangga Tesla Powerwall 2.0 disajikan pada musim gugur 2016 dan menerima peningkatan signifikan dari sudut pandang teknis dan teknik.

Sistem ini dilengkapi dengan inverter, dapat menyimpan energi 13,5 kWh dan mampu menyediakan daya 5 kW h, yang dapat ditingkatkan menjadi 7 kWh selama jam sibuk. Dengan cara ini Powerwall 2.0 menjadi dua kali lebih kuat dan mampu menyimpan energi dua kali lebih banyak dari model sebelumnya.

Tesla powerwalls menyimpan energi yang dihasilkan oleh panel surya. Energi ini dapat digunakan di malam hari atau disimpan sebagai daya cadangan. Energi dapat diambil dari jaringan listrik juga dan rumah tangga dapat memanfaatkan periode dengan tarif rendah untuk menyimpannya untuk digunakan nanti.

Powerwall 2.0 dilengkapi dengan inverter yang mengubah listrik yang dihasilkan dari panel surya menjadi arus bolak-balik yang dikirim ke panel listrik rumah untuk memberikan daya. Instalasi sistem Powerall mencakup elemen tambahan yang disebut Backup Gateway. Elemen ini menyediakan fungsi manajemen energi, pengukuran dan pemantauan.

Selain itu, Backup Gateway menyediakan fungsi komunikasi hingga 10 unit Powerwall dan menerima pembaruan over-the-air untuk sistem. Baterai dan komponen pendukung terhubung ke panel listrik utama rumah. Mari kita lihat manfaat paling penting dari Tesla powerwall.

 

Baca Juga:  Sel Surya Perovskite Oxford Pecahkan Rekor Efisiensi 29,52%

Keunggulan Powerwall

Powerwall dengan mudah diintegrasikan ke dalam jaringan rumah dan dapat dihubungkan ke sistem dengan panel surya. Karena desainnya yang ringkas, ia dapat dengan mudah dipasang di dinding dan jika Anda membutuhkan lebih dari satu baterai, Anda dapat menumpuknya di lantai. Selain itu, fakta bahwa perangkat ini kedap air dan tahan debu memungkinkan pemilik rumah untuk menginstalnya di dalam atau di luar ruangan tanpa masalah.

Powerwall dapat beroperasi secara independen, berjalan dengan tenaga surya. Ini adalah keuntungan penting karena memungkinkan pengguna untuk tidak bergantung sepenuhnya pada grid dan melindungi rumah mereka dari pemadaman listrik.

Keuntungan penting lainnya adalah peluang untuk menghemat energi. Mengurangi tagihan listrik dan dapat menyimpan kelebihan energi matahari untuk menggunakannya saat membutuhkannya.

Pemilik rumah dapat menambahkan lebih banyak Powerwalls yang akan memberi mereka lebih banyak kebebasan dan rumah mereka tidak akan menderita pemadaman yang lama.

Tesla juga menawarkan opsi “Kontrol Energi Rumah” dan Anda dapat mengontrol dan mengelola konsumsi energi di rumah Anda secara real-time dengan aplikasi seluler Tesla.

Kelebihan hebat dari Tesla powerwalls adalah dapat mendeteksi pemadaman. Dalam kasus seperti itu mereka memutuskan sambungan dari jaringan dan secara otomatis mengembalikan daya ke rumah.

Terakhir, namun tidak kalah penting, baterai ini ramah anak-anak dan hewan peliharaan karena tidak ada kabel terbuka, tidak ada elemen panas atau ventilasi panas.

Baca Juga:  Download Panduan Instalasi PLTS Lengkap Berstandar Internasional

 

Spesifikasi Teknis Tesla Power Wall

spesifikasi tesla powerwall

Desain Tesla Powerwall akan menarik bagi pecinta interior modern dan minimalis. Desain kompak (L x W x D: 1150 mm x 755 mm x 155 mm (45,3 x 29,7 x 6,1 in)) terlihat ramping seperti panel kontemporer saat dipasang di dinding tanpa mengganggu mata atau keseluruhan desain interior atau eksterior rumah. Meskipun siluet Tesla Powerwalls ramping memiliki berat 114 kg / 251,3 lbs.

Pemilik rumah perlu mengingatnya dan mempertimbangkan tempat yang cocok untuk instalasi ketika mereka berencana untuk menggunakan beberapa baterai. Kisaran suhu pengoperasian cukup luas, dari -20 ° C hingga 50 ° C / -4 ° F hingga 122 ° F. Perangkat datang dengan garansi 10 tahun.

 

Harga dan Biaya Tesla Powerwall

Berapa biaya powerwalls Tesla? A Powerwall berharga USD 5.500 untuk satu baterai 14 kWh dan biaya pemasangan bervariasi antara USD 1.500 hingga 2.000. Angka-angka ini tidak termasuk biaya untuk tata surya atap, peningkatan listrik atau biaya tambahan dan biaya untuk izin atau koneksi.

Kesimpulannya bahwa hanya beberapa tahun yang lalu tampak seperti fiksi ilmiah bahwa rumah pribadi dapat memiliki sumber energi sendiri dan mandiri. Tesla Powerwall adalah perwujudan dari visi untuk energi masa depan yang memberikan lebih banyak peluang untuk energi bersih dan kehidupan yang sadar lingkungan.

 

 

 

Kata Kunci:

harga pemasangan powerwall tesla,membuat powerwall,plts power wall,spesifikasi teknis mobil listrik tesla

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker