Audio & Video

Apa Itu Audiophile, Peralatan dan Istilah yang Digunakan Komunitas Audiophile

Jenis Amplifier Audiophile dan Merek yang Digunakan

Apa Itu Audiophile, Peralatan dan Istilah yang Digunakan Komunitas Audiophile. Seseorang yang suka dan kecanduan mendengarkan suara berkualitas tinggi dari stereo atau home theater dikenal sebagai audiophile. Audiophiles biasanya penggemar musik. Mereka membeli perangkat yang memiliki audio berkualitas tinggi yang melampaui kemampuan kebanyakan orang untuk memilih sedikit nuansa seperti apa suara audio kelas atas. Audiophiles pertama juga dikenal sebagai Stereophile. Biasanya, audiophiles sama bersemangatnya dengan perlengkapan mereka seperti halnya musik yang mereka dengarkan.

Jenis Peralatan yang Digunakan oleh Audiophiles

Peralatan yang digunakan oleh audiophiles sangat mahal dan sensitif pada saat yang bersamaan. Audiophiles sangat memperhatikan peralatan yang mereka gunakan. Sistem entry-level umumnya berharga sekitar puluhan juta. Sistem top-end jauh lebih mahal. Mereka kadang-kadang disebut sebagai peralatan tanpa biaya, karena terobsesi dengan audio berkualitas tinggi.

Kualitas Kelas Audiophile

Kualitas audio tingkat audiophile adalah kualitas audio yang didengarkan audiophile. Suara dan peralatan tingkat audiophile dirancang untuk menghasilkan musik tanpa kurva dan warna apa pun. Seorang audiophile berusaha mereproduksi suara live performance dengan santai di ruangan dengan akustik yang bagus. Audiophiles biasanya memiliki pengaturan akustik di sebuah ruangan di rumah mereka.

Audio Kelas Atas

Audio kelas atas adalah kelas peralatan audio rumah konsumen yang dipasarkan ke audiophiles. Peralatan ini dipasarkan ke audiophiles berdasarkan harga dan kualitas tinggi, dan teknologi reproduksi suara esoterik atau baru.

Audio kelas atas adalah istilah yang mengacu pada harga, audio, dan kualitas komponen, subjektif atau objektif. Audio kelas atas juga dikenal sebagai audio High end. Untuk mencapai kinerja audio kelas atas, biasanya memerlukan peralatan audio yang mahal dan kemampuan serta perhatian yang luar biasa terhadap detail suara.

Audio resolusi tinggi adalah pengalaman suara berkualitas tinggi. Ini tersedia dalam banyak format, seperti streaming online atau download. Ini dapat dinikmati tidak hanya oleh pitch-perfect atau ahli tetapi siapa saja dengan kualitas pendengaran yang baik.

Jenis Peralatan Untuk Audio Top-End

Alat yang digunakan untuk audio kelas atas tidak sama dengan yang biasa digunakan di rumah. Bahkan, mereka dirancang khusus untuk audiophiles. Mereka juga digunakan dalam konser dan acara besar lainnya atau superstore dan di klub. Speaker biasanya lebih besar dan memiliki jangkauan fidelitas yang lebih tinggi. bagian peralatan yang digunakan untuk audio kelas atas termasuk speaker, headphone, stereo, amplifier, dan meja putar, dll.

Baca Juga:  Panduan Membeli Mixer Audio untuk Recording, Youtube, dan Podcast

Audio Resolusi Tinggi

Audio resolusi tinggi disebut sebagai audio yang memiliki rentang frekuensi lebih tinggi dari 44,1 kHz. Format audio resolusi tinggi yang paling umum digunakan adalah:

  • WAV
  • AIFF
  • FLAC
  • ALAC
  • DSD

Istilah yang Sering Digunakan di Audiophile

  • Blurred dan Balance

Blurred adalah istilah audiophile yang berarti suara dengan respons singkat dan buruk. Respon tersebut ditandai dengan adanya bayangan stereo yang tidak jelas dan tidak fokus sehingga menghasilkan suara yang tidak terlalu bagus. Sebaliknya, Balance sendiri berarti hasil suara seimbang dan memiliki porsi yang sama.

  • Blanketed dan Airy

Speaker Blanketed merupakan hasil suara bernada tinggi yang pelan atau lemah seolah tertutup selimut. Kualitas suara ini cukup lembut didengar. Sedangkan Airy adalah hasil suara dari instrumen musik yang terbuka tanpa ada halangan apapun dengan frekuensi bagus yaitu mencapai 15-20 kHz.

  • Chesty dan Clear

Istilah chesty memiliki arti sebuah respons yang terlalu kuat dan terdengar seolah penyanyi punya tarikan napas yang cukup besar. Sementara clear menghasilkan suara lebih jelas dan detail dan lebih cocok digunakan untuk penyanyi yang kalem dan lembut.

  • Driver Krackling dan Fat

Driver Krackling dipakai untuk mengungkapkan bunyi ‘krak’ saat audiophile earphone menekan komponen pendengarnya di telinga. Sedangkan Fat berarti penuh atau full, yakni suara-suara yang terdengar seolah melakukan pergerakan ke satu sisi, melambt, kemudian bergerak ke arah yang lain.

  • Bassy dan Bright

Bassy berarti karakter suara dengan bass yang dominan dan menonjol serta nada rendah lebih dominan dibandingkan nada tinggi. Sementara Bright adalah karakter suara dengan treble atau nada frekuensi tinggi yang lebih dominan. Harmoninya lebih tinggi daripada nada dasar yang seharusnya.

  • Boomy

Karakter suara yang menghasilkan bass berlebihan sehingga menghasilkan resonansi buruk.

  • Breathy

Suara tarikan napas pada alat musik tiup seperti saxophone atau flute. Hal ini menandakan speaker memiliki mid dan treble yang bagus.

  • Crips

Berarti speaker memiliki respons yang luas. Contohnya ketika suara cymbal drum terdengar dengan jelas. Colored

Merupakan suara yang dihasilkan oleh speaker tidak seperti aslinya. Bisa jadi karena treble lebih kuat, bass lebih kuat atau bergelombang.

  • Detailed

Istilah untuk suara yang dihasilkan jelas didengar dan mudah dibedakan antara suara depan, tengah dan belakang. Suara ini biasanya dimiliki speaker dengan frekuensi tinggi dan rendah berkualitas baik dan respons cepat.

  • Edgy dan Gentle
Baca Juga:  Crossover Pasif VS Aktif pada Sistem Speaker dan Audio

Merupakan istilah untuk suara treble (nada tinggi) terlalu kuat, lebih kuat dari nada dasar sehingga membuat suara jadi terdistorsi dan kurang harmoni.

  • Sweet

Istilah untuk suara yang sangat smooth, terdengar lembut di telinga. Responsnya datar dan mempunyai distorsi rendah. Sweet sering digunakan untuk menilai suara cymbals, perkusi, senar atau suara alat musik yang mendesis.

  • Warm

Merupakan karakter speaker dengan bass yang baik namun tetap memiliki frekuensi tinggi yang pas. Nada dasar yang dihasilkan juga cukup. Pada warm, suara bass lebih dominan dengan sensasi yang menyenangkan.

Cambridge Audio
Apa Itu AudioPhile? Cambridge Audio Salah satu peraltana berkualitas tinggi

Merek Audio Kelas Atas atau High End

Sebagian besar peralatan audio kelas audiophile mahal, tetapi dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin menemukan beberapa item individual yang harganya relatif terjangkau. Di bawah ini adalah daftar semua merek yang memproduksi peralatan audio kelas atas.

1. Cambridge Audio

2. Dali

3. Klipsch

4. Yamaha

5. Sennheiser

6. Audio-Technica

7. Beyerdynamic

8. Shure

9. Bose

10. Sony

11. Philips

12. Grado

13. AKG

14. Panasonic

Jika Anda ingin membeli beberapa speaker audio kelas atas, amplifier, penerima AV, atau headphone, daftar di atas adalah tempat yang baik untuk memulai pencarian Anda.

 

Istilah Speaker yang Harus Diketahui Oleh Audiophiler

  • Driver

Driver merupakan sebutan lain untuk speaker, tidak termasuk box dan komponen elektronik lainnya (amplifier). Driver memiliki ukuran yang berbeda tergantung diameter membran speaker dengan satuan inch.

  • Decoder

Istilah ini biasa digunakan dalam menyebut hardware atau software yang dipakai untuk mengubah data audio maupun video dari bentuk format digital menjadi bentuk aslinya (bentuk analog seperti suara/ gambar).

  • Surround

Surround adalah sebuah konsep guna memperluas jangkauan pembentukan audio dari standar satu dimensi (mono-stereo) menjadi bentuk 2D atau 3D, dan akan memberi kesan suara yang mengelilingi para pendengarnya.

  • Coaxial

Merupakan bentuk kabel yang digunakan sebagai interkoneksi antara peralatan elektronik dan mengirimkan data audio/ video. Karakteristik kabel ini adalah menggunakan satu buah pin di tengah sebagai pengirim data serta dikelilingi pelindung logam yang berperan sebagai ground. Coaxial juga dapat mengirimkan data digital.

  • PMPO

PMPO (Peak Music Power Output) adalah daya output suara optimal yang dihasilkan oleh sebuah speaker. Nilai PMPO biasanya diperoleh dari nilai watt maksimal sebelum amplifier dalam kondisi faulty.

  • Equalizer
Baca Juga:  Peralatan Studio Recording Cover Lagu, Youtuber, dan Podcast untuk Pemula

Merupakan alat untuk memperbaiki kualitas frekuensi yang diterima satu rangkaian transmisi. Equalizer biasanya dirangkai bersama alat transmisi lain.

  • Optical

Merupakan istilah yang digunakan dalam proses mengirimkan data audio maupun data lainnya dalam bentuk media cahaya. Dalam proses ini, bentuk data berupa digital sehingga membutuhkan processor untuk melakukan encoding dan decoding data. Penggunaan media cahaya membuat kemurnia kualitas data tidak akan terganggu.

  • Signal-to-Noise Ratio

Merupakan perbandingan rasio antara sinyal dan noise dalam satuan logaritmik desibel (dB). Nilai rasio ini ditentukan oleh adanya rangkaian penguat (amplifier) pada speaker multimedia. Makin besar rasionya maka semakin baik kualitas speaker tersebut, karena mampu meningkatkan sinyal dengan menekan peningkatan noise pada rangkaian penguat.

  • Sealed Speaker

Sebutan untuk speaker yang tidak memiliki lubang port atau ventilasi untuk membantu reproduksi suara pada desain kabinetnya. Speaker jenis ini biasa digunakan untuk menangani frekuensi rendah dan menengah.

  • Overall Frequency Response

Rentang frekuensi suara yang mampu direproduksi oleh speaker. Umumnya sekitar 20 Hz – 20 kHz, sesuai dengan rentang frekuensi pendengeran telinga manusia.

  • High-Level Frequency

Merupakan frekuensi level tinggi pada audio, biasanya antara 3 kHz dan 16 kHz, atau biasa disebut dengan istilah treble.

  • Low-Level Frequency

Merupakan frekuensi level rendah pada audio, biasanya antara 20 Hz dan 300 Hz, atau dikenal dengan sebutan bass.

  • Mid-Level Frequency

Frekuensi level menengah pada audio, biasanya berkisar antara 300 Hz dan 3 kHz.

  • Audio Control Pad

Merupakan perangkat pendukung speaker yang bisa melakukan perubahan setting pada suara yang dihasilkan speaker atau sejenis equalizer.

  • Auxilary Line In

Salah satu input line dari speaker atau perangkat audio yang bisa dipakan oleh perangkat output audio seperti, PC, Player, TV, dan lain-lain.

  • SPL

SPL (Sound Pressure Level) merupakan pengukur atau penunjuk tingkat kebisingan suara yang biasa menggunakan satuan dB (desibel).

  • Dolby Digital

Salah satu teknologi untuk menghasilkan suara surround digital. Teknologi ini biasa digunakan dalam pemrosesan dan pembentukkan data audio untuk film di bioskop atau film pada media kepingan seperti DVD. Agar teknologi Dolby Digital yang dikembangkan oleh Dolby Laboratories ini dapat optimal, dibutuhkan minimal 5 speaker full range dan 1 speaker low-frequency (subwoofer). Atau juga bisa disebut, konfigurasi 6-channel.

 

Demikian Artikel tentang Apa itu Audiophile, Semoga Bermanfaat.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker