Audio & Video

5 Mixer Audio Terbaik untuk Recording Home Studio -Analog & Digital

Daftar Mixer Audio Terbaik 2021 untuk Recording Studio

5 Mixer audio Terbaik untuk Recording Home Studio -Analog & Digital. Mixer Sound System atau Mixer Audio adalah sebuah peralatan sound system yang kegunaannya untuk mencampur dua atau lebih dari Channel Audio Input untuk menjadikannya satu kesatuan sistem penyuaraan yang utuh.

Di dalam dunia Audio Profesional, orang teknik menyebutnya Profesioanal Audio Desk Mixing Console, ada juga yang menyebutnya Mixer Audio dan ada juga yang menyebutnya FOH Mixer.

Pada mixer kita bisa memberi efek berbagai suara termasuk echo dan delay. Mixer memiliki fungsi yang berbeda dengan soundcard audio interface. Soundcard berfungsi untuk memasukkan file suara mentah untuk diolah dalam software DAW. Sementara mixer kita sudah bisa memberikan efek kedalam perangkat, oleh karena itu mixer cocok digunakan untuk live performing.

Ada beberapa fungsi dasar dari dan beberapa tombol mixer yaitu:

  • 48v Phantom Power

+48v atau yang sering kali disebut dengan Phantom Power adalah sebuah tombol yang berfungsi untuk menambah daya listrik sebanyak 48 volt pada mixer audio. Phantom power sendiri juga kerap kali digunakan sebagai peralatan yang membutuhkan daya listrik tambahan. Sebut saja seperti mic condenser yang membutuhkan daya tambahan agar bisa bekerja dengan lebih maksimal.

 

  • Gain

Fitur lain yang tak kalah penting di dalam audio mixer adalah Gain. Pada sebagian mixer, Gain ini juga sering disebut dengan Trim dan berada pada urutan paling atas di channel audio mixer. Untuk fungsi mixer audio satu ini adalah untuk menentukan berapa besar tingkat sensitif input yang akan diterima oleh mixer. Dapat dikatakan, Gain ini akan berfungsi untuk mencari headroom level signal, atau mencari signal dengan level yang terbaik.

Sehingga, bagi anda yang sering menggunakan audio mixer akan menemukan control level meter yang terdiri dari beberapa warna. Untuk level ini sendiri akan memiliki posisi horizontal maupun vertikal, sesuai dengan merek dari mixernya. Sedangkan, untuk level Gain yang baik, maka anda bisa menentukan signal hingga ke titik yang memiliki warna kuning, dibawah titik merah.

Apabila anda mendapati titik yang ada di mixer audio masih berwarna hijau, maka signal tersebut akan kurang maksimal. Sehingga, anda bisa membesarkannya hingga Gain memiliki signal warna kuning. Pasalnya, ketika signal tersebut mencapai warna merah, maka nantinya akan bisa menghasilkan suara yang peak atau suara akan pecah. Untuk itu, Gain memiliki fungsi yang sangat penting di dalam perangkat ini.

Baca Juga:  Crossover Pasif VS Aktif pada Sistem Speaker dan Audio

 

  • Equalizer

Fungsi mixer audio satu ini adalah untuk pengatur tone atau karakter suara. Sehingga, akan mampu untuk menghasilkan modifikasi terhadap suara yang masuk pada channel. Biasanya, seorang sound engineer akan mengatur perubahan sound melalui fitur ini dengan tujuan untuk mengasi masalah pada frekuensi dari input, sebut saja seperti dengung, feedback maupun overtune.

Selain itu, para sound engineer akan menggunakan fitur satu ini ketika ingin mengubah sound instrument atau vocal menjadi suara yang lebih disukai. Fitur ini juga dapat berfungsi untuk membentuk karakter pada suara sesuai dengan yang asli. Untuk pengaturannya sendiri, terdapat beberapa pengaturan yang mendasar. Diantaranya adalah Low dan Hi, serta adanya penambahan dan pengurangan atau dikenal dengan istilah bosst/cut.

 

Daftar Mixer Terbaik 2021 untuk Home Recording

1. Behringer Xenyx 502

Sederhana namun memiliki fitur yang cukup mumpuni untuk audio recording. Terdapat input XLR tunggal yang memiliki pre-amp bawaan Behringer Xenyx. Tombol pengatur berupa kenop tanpa feeder.

Behringer Xenyx 502 memiliki tiga saluran input, dua input saluran stereo, dan satu mono. fitur EQ 2-band, yang akan memberi Anda kontrol minimal atas mixing. Sangat cocok untuk musisi panggung kecil yang perlu membangun suara live yang andal dengan pengaturan yang ringkas.

Behringer Xenyx 502

Dengan input CD/Tape, serta konektor RCA, kita dapat menghubungkan audio eksternal untuk diputar bersama atau untuk mengirim musik latar ke kamar Anda. Menawarkan suara yang bersih, jernih, dan andal. Apakah Anda seorang gitaris, vokalis, atau Anda hanya membutuhkan mixer audio sederhana, Behringer Xenyx mungkin merupakan pilihan terbaik dalam kisaran harganya.

Kelebihan:
+ Masukan stereo
+ Preamp mikrofon internal
+ Fitur navigasi sederhana
+ 3 saluran
+ Audio yang fantastis

Mengapa Kami Menyukainya – Ini adalah salah satu opsi paling sederhana di daftar kami, yang sangat bagus karena ramah anggaran dan mudah digunakan. Ini memiliki audio yang sangat baik dan built-in preamp yang andal yang bekerja sangat baik untuk vokal. Sederhana, terjangkau, dan aman.

 

2. Midas PRO1-TP

Midas PRO1-TP adalah mixer digital live dengan banyak kemampuan dalam casing yang aman dan kokoh. Ini memiliki layar 15″ penuh warna yang mudah dilihat dalam skenario apa pun, dan sangat mudah diatur.Satu mixer paling halus dan paling menyenangkan untuk dikendalikan, mengingat desain dan fungsinya.

Midas PRO1-TP

Midas PRO1-TP melanjutkan warisan kualitas audio selama lebih dari 40 tahun dari Midas. Menawarkan kualitas suara yang superior dengan pemrosesan floating-point 96kHz 40-bit. Memiliki 27 bus campuran yang semuanya fase koheren dan selaras waktu. Midas PRO1-TP adalah mixer digital mandiri, dan kita tidak memerlukan perangkat keras atau perangkat lunak eksternal untuk membuatnya berfungsi.

Baca Juga:  Soundcard Audio Interface Terbaik Versi Global 2023 untuk Recording

Memiliki 24 input line/mic dengan preamp built-in dan 48 channel input simultan. Ini juga memiliki kemampuan output analog 24 setiap instrumen yang dapat Anda kumpulkan. memiliki 12 mesin efek multi-saluran, EQ 4-band, EQ grafis, MIDI in/out, dan banyak fitur lain yang menjadikannya salah satu mixer andal bertenaga tinggi.

Ini bukan mixer murah, jadi jika Anda memiliki anggaran dan ingin membuat beberapa campuran kualitas terbaik untuk panggung atau studio, maka Midas PRO1-TP adalah salah satu pilihan terbaik.

Kelebihan:
+ 24 XLR dan keluaran saluran
+ Tampilan penuh warna
+ mixing Digital
+ 12 efek prosesor
+ EQ 4-band

Mengapa Kami Menyukainya – Ini adalah salah satu mixer all-in-one terbaik. Midas PRO1-TP menampung setiap jenis fungsi yang Anda butuhkan sebagai audio engineer. Midas PRO1-TP sangat mudah digunakan dan menawarkan tingkat kemudahan pengaturan yang sangat menyenangkan.

 

3. Yamaha MG10XU 10-Input

Yamaha MG10XU adalah mixer audio yang cocok untuk pertunjukan portabel dan sesi rekaman studio kecil. Menonjol dalam hal kualitas audio, dan berbagai kemungkinan yang diberikannya untuk mixer audio. Built-in preamp dirancang untuk memberikan mixer pilihan kualitas tertinggi dari frekuensi tinggi yang jernih dan frekuensi rendah tanpa hambatan.

Yamaha MG10XU

Yamaha MG10XU memiliki empat jalur XLR yang juga berfungsi sebagai jack 1/4″, dan masing-masing memiliki fungsi yang berguna. Dua di antaranya memiliki tombol kompresor, dan dua memiliki phantom power yang disertakan untuk mikrofon kondensor.

Yamaha MG10XU memiliki 24 efek digital yang mencakup hampir semua suara yang Anda inginkan dari mixer Konektor audio USB, serta koneksi tape, CD, dan RCA, memberi Anda banyak pilihan untuk mendengarkan audio eksternal.

Menampilkan EQ 3-band dan pengukuran LED, pengaturan antarmuka sangat mudah dipahami dan digunakan. Yamaha dikenal dengan kualitasnya, dan perusahaan telah menanamkan banyak fitur andal pada MG10XU. Ini juga cukup ringkas sehingga tidak akan memakan terlalu banyak ruang, dan cukup mudah untuk dibawa bepergian bersama Anda untuk pertunjukan yang lebih kecil.

Kelebihan:
+ 24 efek
+ Memvariasikan opsi input
+ Tombol kompresor
+ EQ 3-band
+ Ringkas dan ringan
+ Kualitas Yamaha

Mengapa Kami Menyukainya – Ini mudah, ringkas, dan berisi semua efek dan input yang Anda butuhkan untuk merekam band kecil. Untuk musisi solo, sangat cocok untuk menangani semua jenis mikrofon dan gitar yang Anda perlukan untuk pertunjukan kecil dan rekaman rumah.

Baca Juga:  Panduan Membeli Mixer Audio untuk Recording, Youtube, dan Podcast

 

4. PreSonus StudioLive AR8 USB

Model PreSonus ini adalah tipe hybrid, Sebagai mixer yang terinspirasi analog dengan banyak kemampuan digital, mudah bagi pemula untuk memahami studio rumahan, tetapi memiliki banyak hal untuk ditemukan di balik tombol-tombolnya.

PreSonus StudioLive AR8 USB

PreSonus StudioLive AR8 USB sempurna untuk seseorang yang terlibat dalam podcasting dan perekaman musik:  memiliki saluran yang cukup untuk menangani ansambel kecil, tetapi memiliki perekaman onboard yang ramah podcaster, input Hi-Z, dan bahkan konektivitas Bluetooth.

“Super Channel” USB StudioLive AR8 menonjol sebagai salah satu fitur paling baru. Berfungsi mirip dengan “Loopback” Yamaha, alat ini mengambil input dari komputer atau perangkat yang terhubung dengan Bluetooth dan menggabungkannya dengan input stereo lainnya, hingga total empat. Ini berarti bahwa podcaster atau musisi dapat podcast atau bermain bersama ke backing track yang akan dimasukkan ke dalam campuran akhir.

Selain menyediakan konektivitas untuk perangkat konsumen ke Super Channel, konektivitas Bluetooth memungkinkan Anda memutar musik melalui mixer sebagai antarmuka. Ini berarti bahwa jika Anda memutuskan untuk mengemas mixer dari studio rumah Anda untuk dimainkan di pesta pernikahan atau acara lainnya, Anda dapat menyiarkan musik Anda melalui PA dari ponsel atau iPod yang terhubung dengan Bluetooth.

Kelebihan

  • Konektivitas inovatif
  • Ramah Podcaster
  • Kompatibel dengan Bluetooth
  • Rekaman langsung

5. Mackie ProFX 8 V2

Mackie ProFX 8 V2 menampilkan desain analog klasik, dengan EQ dan level pot terpisah untuk setiap saluran. Namun, model ini bukan sekadar bare bone belaka—dengan jumlah (dan jenis) add-on teknis yang tepat untuk memberikan fungsionalitas yang sangat modern, Mackie ProFX 8 V2 adalah pilihan intuitif yang fantastis untuk studio rumahan.

Mackie ProFX 8 V2

Hardware pada ProFX 8 V2 dapat diandalkan, berkualitas tinggi, dan tahan lama. Preamp Vita Mackie adalah yang paling bersih. Casing baja yang tahan lama menjaga semua yang ada di dalam tetap aman dan menghasilkan suara, baik Anda di rumah atau di jalan.

Fitur teknologi tinggi termasuk 16 efek dari mesin Ready FX, EQ grafis, input Hi-Z, dan konektivitas dan perekaman USB, dan ProFX menjadi mixer yang tangguh namun terjangkau untuk studio rumah Anda.

Kelebihan

  • Desain sederhana
  • Kualitas bangunan yang tahan lama
  • konektivitas USB
  • Efek
  • Masukan Hi-Z
  • Terjangkau

Kata Kunci:

https://www builder id/5-mixer-audio-terbaik-untuk-recording-home-studio-analog-digital/,merek mikser audio terbaik,Mixer audio

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami