Audio & Video

Panduan Membeli Mixer Audio untuk Recording, Youtube, dan Podcast

Tips Membeli Mixer Udio untuk Recording dan Content Creator

Perlu membeli mixer untuk sistem home recording atau kreator konten untuk podcast dan youtube? Pilihannya sangat banyak. Untuk itu, proses seleksi harus dilakukan dengan detail dan tepat supaya produk yang didapatkan benar-benar terbaik. Dengan begitu, produknya dapat memberikan kualitas suara yang oke.

Berikut ini adalah panduan membeli mixer audio agar sesuai dengan kebutuhan dan juga anggaran.

Tujuan Membeli Mixer Audio

Tergantung pada kebutuhan, satu mixer akan lebih baik dari yang lain. Misalnya, jika memiliki studio rekaman home recording, kita bisa memilih yang sesuai anggran, tidak memakan banyak ruang, tetapi masih dapat menangani kemampuan input dan output yang Anda butuhkan.

Tempat-tempat yang lebih besar seperti aula pertemuan dan tempat-tempat berukuran serupa dapat menggunakan mixer yang sedikit lebih besar, Apalagi jika akan ada band yang tampil dan membutuhkan banyak chanel input..

Jumlah Input

Salah satu pertanyaan terpenting yang perlu ditanyakan adalah berapa banyak inputan yang Anda perlukan. Sebuah input adalah port di mana Anda akan mencolokkan instrumen atau mikrofon untuk mengirimkannya melalui mixer.

Inputan juga dapat dikenal sebagai saluran. Saluran (Chanel) akan menjalankan audio, baik itu dengan mikrofon atau instrumen.

Memilih mixer audio dengan minimal dua input XLR adalah pilihan bijak. XLR akan menyediakan koneksi mikrofon terkuat. Oleh karena itu, ingin take vocal melalui mixer, maka Anda memerlukan input XLR.

Sebagai aturan umum, semakin banyak input dan fitur yang Anda dapatkan dalam mixer, semakin mahal biayanya.

 

EQ (Equalizer)

Semua mixer audio terbaik akan memiliki bagian EQ. Dalam kebanyakan kasus, sistem EQ 3-band yang sederhana sudah bisa digunakan. Namun, ketika bekerja dengan pertunjukan profesional di mana ada banyak nuansa dan musisi untuk dicampur, memiliki opsi EQ yang lebih detail dapat berguna.

Baca Juga:  Soundcard Audio Interface Terbaik Versi Global 2021 untuk Recording

Efek (Panduan Membeli Mixer Audio)

Mixer audio terbaik harus memiliki beberapa efek yang disertakan dalam fitur. Ketika mulai menambahkan lebih banyak efek ke dalam campuran, maka Anda biasanya akan memiliki sistem yang akan sedikit lebih mahal.

Banyak vokalis lebih suka bekerja dengan beberapa jenis reverb pada suara mereka. Para pemain keyboard mungkin lebih suka menjalankan efek chorus di saluran mereka—semakin banyak opsi yang Anda miliki untuk pindah ke saluran yang berbeda, semakin baik.

Portabilitas

Jika Anda membutuhkan mikser yang dapat Anda bawa, maka Anda memerlukan mikser portabel. Mixer portabel terbaik belum tentu yang terkecil. Mixer besar dibangun agar layak jalan juga. Beberapa mixer perlu diangkut dari satu tempat ke tempat lain di antara pertunjukan besar.

Dalam kebanyakan kasus, semakin kecil mixer, semakin portabel dan mudah dipindahkan. Biasanya, Anda akan menginginkan mixer dengan kurang dari 16 saluran jika portabilitas sangat penting bagi Anda.

Apa pun jenis mixer yang Anda dapatkan, pastikan dirancang dengan pelindung dan casing yang kokoh agar tetap aman.

 

Kegunaan

Mixer yang paling rumit belum tentu yang terbaik. Kita pasti ingin menggunakan sesuatu yang relatif mudah digunakan.

Beberapa mixer terbaik akan memiliki antarmuka yang mudah untuk ditangani. Kesederhanaan sangat penting jika hanya memerlukan mixer untuk mengontrol fungsi audio dasar. Semakin mudah digunakan, semakin cepat Anda dapat mudah mengontrol.

Kompatibilitas

Anda tentu perlu memastikan bahwa mixer Anda kompatibel dengan program software apa pun yang Anda gunakan. Jika perangkat lunak tidak sesuai, maka saat Anda merekam atau mencoba menjalankan pertunjukan langsung, Anda akan mengalami berbagai masalah. Mixer terbaik umumnya akan kompatibel dengan DAW yang lebih utama untuk pencampuran digital, tetapi ini adalah aspek penting untuk diperiksa selama pencarian Anda.

Baca Juga:  Peralatan Studio Recording Cover Lagu, Youtuber, dan Podcast untuk Pemula

Kita harus memiliki antarmuka USB agar dapat menyambungkannya ke komputer. Tanpa antarmuka USB, kitamungkin tidak dapat menghubungkan ke DAW.

 

Preamp (Panduan Membeli Mixer Audio)

Mixer Audio apa pun yang Anda cari harus memiliki beberapa preamp mic yang bagus. Ini adalah salah satu fitur penting ketika Anda mencoba untuk mengontrol kualitas audio vokal. Jika sebuah saluran memiliki preamp, saluran tersebut dapat menyaring suara dengan lebih baik. Saat merekam, Anda akan menginginkan preamp terbaik di papan kontrol Anda, jadi Anda tidak perlu membeli perangkat lunak perekaman tambahan.

 

Mixer analog

Model pertama ini sudah ada sejak zaman dulu. Meski saat ini, sudah banyak bermunculan produk baru dengan sistem digital yang dilengkapi dengan fungsi beragam, tapi model analog tidak langsung hilang begitu saja.

Hal ini karena dia memiliki kelebihan yang tidak dimiliki versi terbaru. Salah satu kelebihannya terletak pada harga yang murah. Selain itu, pemakaiannya juga cukup mudah. Terlebih buat para pengguna yang sudah kadung terbiasa dengan versi ini.

Menurut mereka yang sudah terbiasa menggunakannya, versi analog ini memiliki fungsi yang bisa digunakan secara intuitif sehingga menghasilkan suara yang unik dan sesuai kebutuhan penggunanya.

Berbagai fungsi seperti sakelar, kenop fisik, hingga fader bisa menunjang keseluruhan proses mixing secara kreatif dan intuitif.

Meski begitu, saat menggunakan versi ini, Anda juga perlu mempertimbangkan pemakaiannya di dalam rumah atau di atas panggung yang sempit. Sebab, kemungkinan suaranya akan berbeda.

Baca Juga:  Perbedaan Mixer Dengan SoundCard Audio Interface

Tapi tetap saja, pengguna harus tahu bahwa secara umum produk ini bisa mengeluarkan suara berkualitas tinggi dengan desain sirkuit yang sederhana dan lebih mudah dipahami.

Mixer digital

Jenis ini merupakan varian baru yang lebih modern. Sesuai dengan namanya, modelnya lebih trendy dengan dibekali teknologi terbaru.

Dengan mixer audio terbaik versi ini, Anda bisa melakukan mixing secara instan dan mudah lewat fitur-fitur otomatis yang dibekalkan padanya. Hanya dengan menekan satu tombol, efek dan perutean bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Hal ini menjadi salah satu nilai positif dari Mixer Digital. Selain itu, produk ini juga memiliki kelebihan lain, yakni bisa mengingat dan menyimpan hasil mixing dengan sangat baik.

Pengguna bisa menggunakan USB atau memori internal untuk menyimpan pengaturan tersebut. Hal ini memungkinkan persiapan mixing dapat dilakukan dengan cepat karena sekali waktu Anda butuh memanggil datanya, bisa langsung dibuka dengan cepat.

Beberapa jenis mixer digital juga memungkinkan penggunanya untuk bekerja langsung dari laptop. Artinya, saat sedang dalam pertunjukan atau show, Anda tinggal melakukan pengaturan suara saja sehingga hasilnya makin bagus.

Produk ini kadang juga dilengkapi dengan fader bermotor yang memungkinkan penggunanya untuk merespons konfigurasi yang tersimpan.

Meski banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh versi digital, Anda tetap harus memperhatikan harganya juga. Sebab, ada fitur bagus, berarti harganya juga kian melambung.

Maka dari itu, sebelum membelinya, pastikan untuk memastikan dulu anggaran dan kebutuhan Anda. Sesuaikan keduanya secara bijak.

Selain itu, silakan cek juga interface-nya. Sebagus apa pun antar muka yang ditawarkan, akan tidak berguna apabila Anda tidak berhasil beradaptasi dalam menggunakannya.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker