PLTS dan Turbin Angin

Koneksi Baterai Bank PLTS, Bagaimana Agar Efektif?

Cara Koneksi Paralel Baterai Tenaga Surya yang Benar

Koneksi Baterai Bank PLTS, Bagaimana Agar Efektif?. Di jantung sistem PV surya off Grid dan Hibrid terletak bank baterai; bank baterai dapat berupa satu atau beberapa baterai yang terhubung satu sama lain.

Baterai dihubungkan satu sama lain untuk meningkatkan:

  • tegangan baterai (dalam Volt, V), atau
  • kapasitas baterai (dalam Ampere jam, Ah), atau
  • kapasitas dan voltase.

(Ingat selalu daya = Volt x Ampere, atau W = V x A).

Anda dapat menghubungkan baterai baik secara seri atau paralel. Hal berikut terjadi jika baterai dihubungkan dengan cara tertentu:

  • secara seri: tegangan meningkat.
  • secara paralel: kapasitas meningkat.
  • Kombinasi seri dan paralel: tegangan dan kapasitas meningkat.

Sejumlah baterai yang dihubungkan secara seri disebut string.

koneksi baterai plts

 

Jika Anda membutuhkan bank baterai yang besar, dan menggunakan baterai Deep Cycle 12V, disarankan untuk menggunakan maksimal sekitar 3 hingga 4 string dari 4 baterai, dengan string yang terhubung paralel. Jika Anda menggunakan lebih banyak, akan menjadi sulit untuk menyeimbangkan bank baterai (mis.Jaga agar tetap pada voltase yang sama).

Koneksi Baterai Bank PLTS: Koneksi Paralel

Salah satu kesalahan umum dalam menghubungkan baterai secara paralel adalah menghubungkan semua baterai menjadi satu dan kemudian menghubungkan satu sisi bank baterai ke instalasi, seperti pada gambar.

koneksi paralel aki

 

Setiap lead memiliki ketahanannya sendiri. Ini berarti baterai bagian atas akan menghadapi banyak hambatan dan oleh karena itu akan memberikan arus yang lebih sedikit daripada semua baterai lainnya.

Jika bank baterai ini diisi, baterai bagian bawah akan diisi dengan arus dan tegangan yang lebih tinggi daripada baterai atas. Arus akan selalu memilih jalur dengan hambatan paling kecil.

Oleh karena itu, sebagian besar arus akan mengalir melalui baterai bagian bawah. Dan hanya sedikit arus yang akan mengalir melalui baterai bagian atas. Hasilnya adalah baterai bagian bawah bekerja lebih keras, dikosongkan lebih keras, dan diisi lebih keras. Ini berarti baterai bagian bawah akan rusak sebelum semua baterai lainnya.

Cara yang benar untuk menghubungkan beberapa baterai secara paralel adalah dengan memastikan bahwa jalur total arus masuk dan keluar setiap baterai sama. Ada 4 cara untuk melakukan ini:

  • Hubungkan secara diagonal.
  • Gunakan postingan positif dan negatif. Panjang kabel dari tiang ke setiap baterai harus sama.
  • Hubungkan setengah jalan. Pastikan semua kabel memiliki ketebalan yang sama.
  • Gunakan Busbar

Lebih detil lihat gambar bawah:

cara koneksi baterai paralel yang benar

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker