Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Teknologi dan Inovasi

Philips Signify Kembangkan Transfer Data Gelombang Cahaya (LiFi)

Philips Signify Kembangkan Transfer Data Gelombang Cahaya (LiFi). Teknologi dan revolusi Industri 4.0 bukan sekedar merambah perangkat lunak maupun hardware sistem komunikasi semata. namun juga turut mengembangkan berbagai alternatif transfer data yang semakin efisien bahkan menggunakan gelombang cahaya. Philips Signify yang terkenal sebagai produsen lampu dan penerangan membuat terobosan yang yang sangat agresif.

Mengembangkan sistem transfer data dengan gelombang cahaya dalah ide yang cukup cemerlang dan efisien. Sebab perlengkapan yang digunakan bisa berkolaborasi dalam sebuah sistem ligthing yang cerdas.

Indonesia menjadi salah satu negara pertama yang menguji coba LiFi (Light Fidelity)  dari Signify di sebuah pusat pendidikan. Signify mengumumkan, perusahaan bekerja dengan lebih dari 30 pelanggan di Eropa, Amerika Utara, dan Asia untuk menguji coba sistem (LiFi) komersial milik perusahaan. LED luminer yang mengaktifkan LiFi dari Signify menggabungkan lampu hemat energi berkualitas unggul dengan komunikasi nirkabel berkecepatan tinggi yang aman dan stabil menggunakan gelombang cahaya.

Baca Juga:  Nanocoating dalam Industri Konstruksi, Seperti Apa Prospeknya?

Di Indonesia, Signify telah bermitra dengan IQ Education untuk menciptakan lingkungan belajar berteknologi tinggi bagi anak-anak usia 6-12 tahun. Selain ruang belajar IQ yang memiliki sudut khusus dengan koneksi Li-Fi, ruang kelas IQ juga menggunakan Philips Hue, produk pencahayaan pintar untuk menciptakan suasana sempurna dari Signify.

 

Sistem Kerja LiFi (Light Fidelity) dari Philips Signify

LiFi menawarkan komunikasi nirkabel berkecepatan tinggi dua arah seperti teknologi nirkabel lainnya. LiFi menggunakan gelombang cahaya untuk mengirimkan dan menerima data.

Setiap luminer (lampu) dilengkapi modem terpasang yang memodulasi cahaya untuk mengirimkan data. Cahaya yang dimodulasi dideteksi kunci akses USB LiFi yang terpasang ke soket laptop atau tablet. Ke depan teknologi LiFi akan dibangun ke dalam laptop dan perangkat seluler. Kunci akses USB LiFi mengembalikan data ke luminer melalui tautan inframerah.

Baca Juga:  Industri Konstruksi Harus Adaptif Hadapi Revolusi Industri 4.0

Luminer Philips yang dilengkapi LiFi dari Signify memiliki kecepatan koneksi pita lebar (broadband) lebih dari 30 megabita per detik (Mb/s) tanpa mengorbankan kualitas cahaya. Ini memungkinkan streaming beberapa video berkualitas HD secara bersamaan sambil melakukan panggilan video.

“Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di Asia Tenggara telah siap menerima teknologi seperti LiFi,” kata Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia, melalui siaran berita di Jakarta, awal Maret 2019.

LiFi memungkinkan komunikasi berkecepatan tinggi dan stabil di tempat-tempat atau area yang tidak atau sulit dijangkau teknologi nirkabel lainnya, seperti di area bawah tanah. Teknologi ini juga ideal diterapkan di lingkungan yang menuntut keamanan tingkat tinggi, seperti kantor institusi keuangan atau layanan pemerintah. LiFi sangat aman karena cahaya tidak dapat menembus dinding solid dan garis pandang cahaya dibutuhkan untuk mengakses jaringan.

Baca Juga:  Inovasi Rumah Sistem Modular Precast Mulai Diujicoba di Bogor

Komentar

comments

Tags
inovasi lampu philips inovasi Philips Signify Philips Signify teknologi Light Fidelity transfer data gelombang cahaya

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker