Teknologi dan Inovasi

Augmented Reality dalam Konstruksi dan Arsitektur, Bagaimana Prospeknya?

Augmented Reality Teknologi Konstruksi, Revolusi Digital Konstruksi Masa Depan. Perkembangan teknologi menjadikan disrupsi digital melanda semua lini bisnis, bahkan bisnis yang kental dengan nuansa konvensional dan perkakas keras seperti industri konstruksi. Adopsi teknologi digital disinyalir mampu membuat industri konstruksi lebih adaptif dan efisien.

Augmented reality, atau AR singkatnya, adalah duplikat real-time dari lingkungan fisik aktual, hanya unsur-unsur yang ditambah oleh input yang dihasilkan komputer. Sementara realitas virtual mengambil dunia nyata dan menggantinya dengan versi simulasi, augmented reality malah menambahkannya. Jika Anda seorang arsitek atau desain interior, penambahan itu bisa menjadi model 3D dari struktur yang Anda desain.

Augmented reality dalam proyek arsitektur dan konstruksi menempatkan model 3D ke ruang yang ada. Ini telah digunakan dalam video game selama bertahun-tahun tetapi menjadi alat dalam konstruksi baru-baru ini, ketika kontraktor menggunakannya untuk menyajikan desain yang diusulkan di situs konstruksi.

Baca Juga:  Ini 3 Alasan Kuat Untuk Tidak Memasang CCTV Palsu

Untuk sementara, AR hanya terbatas pada perusahaan konstruksi, teknik, dan arsitektur dengan departemen teknologi besar, tetapi sekarang tersedia berdasarkan proyek per proyek sehingga perusahaan kecil dan pengusaha dapat menggunakannya.

SmartReality adalah aplikasi augmented reality populer yang dapat digunakan berdasarkan per proyek. Dapat dilihat pada perangkat Android atau iOs, ini menempatkan model 3D di mana ditentukan dan, ketika pengguna memfokuskan kamera mereka pada file rencana atau desain yang diberikan, layar menampilkan gambar virtual dari apa proyek akan terlihat ketika selesai.

Augmented reality memiliki konstruksi dan penggunaan desain di luar visualisasi. Itu dapat menganalisis desain dan mendeteksi masalah serta membiarkan kontraktor dan arsitek berkolaborasi pada perubahan yang harus dilakukan sebelum konstruksi. Bahkan dapat membantu pra-fabrikasi komponen bangunan.

Membangun pemodelan informasi (BIM) dan augment reality adalah dua teknologi baru dalam konstruksi yang memungkinkan perusahaan arsitektur dan konstruksi untuk menilai bagaimana suatu struktur akan bertahan dari waktu ke waktu. Manfaat lain muncul di bawah.

Baca Juga:  Sektor Konstruksi Belum Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0?

Augmented reality: Bantu Jelaskan Bangunan

Augmented reality memudahkan menjelaskan secara sosial dampak sosial dan lingkungan dari suatu bangunan. Visual, dikombinasikan dengan selang waktu BIM, dapat membantu para pejabat memahami dampaknya di masa depan secepat tahap perencanaan dan perizinan.
Hadir Rencana untuk Klien

Menggunakan AR bersama dengan BIM memungkinkan perusahaan konstruksi untuk menghadirkan model yang realistis dan fungsional kepada klien, yang kemudian dapat melakukan perubahan yang diinginkan sebelum konstruksi dimulai. Melibatkan klien dengan cara ini sejak dini mencegah perbaikan yang mahal di kemudian hari dan menjaga minat mereka pada proyek tetap kuat.

Augmented reality: Mengukur Lebih Akurat

Augmented reality dapat mendukung pengukuran ruang yang lebih akurat. AR gear mengumpulkan informasi tentang tinggi, lebar, dan kedalaman dan dapat memasukkannya ke dalam model. Banyak perusahaan yang menggunakan augment reality melakukan pengukuran ruang sempurna menggunakan drone. Kemudian mereka menggunakan model komputer atau model bangunan dengan pengukuran yang akurat, memungkinkan mereka untuk melihat seperti apa strukturnya.

Baca Juga:  Rekomendasi 5 Aplikasi Remote Drone yang Bisa Dijadikan Alternatif Pilihan

Augment reality dengan cepat mendapatkan daya tarik di industri konstruksi, yang memiliki kegunaan yang jelas untuk itu. Perusahaan-perusahaan konstruksi yang telah mengadopsi augmented reality sudah mendapatkan keuntungan finansial, dan seiring perkembangan teknologi, AR akan segera menjadi perlengkapan di ruang-ruang pertemuan dan di lokasi kerja.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker