Teknologi dan Inovasi

Dulux Painter Academy Terbitkan Sertifikasi Tukang Cat

Dulux Painter Academy Terbitkan Sertifikasi Tukang Cat. Selama ini tukang cat gedung dan bangunan banyak belajar dan bekerja secara otodidak, akibatnya pengetahuan dan ketrampilan mengenai pengecatan masih cukup kurang. Selain mengakibatkan kurang optimalnya hasil pengecatan juga mengakibatkan kurang efisien dalam penggunaan bahan dan waktu.

PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) melalui Dulux Painter Academy meluncurkan Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1) untuk tenaga tukang cat. LSP ini disertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan menjadi LSP pertama untuk skema sertifikasi Tukang Cat Bangunan Gedung di Indonesia.

“Sertifikasi in sejalan dengan visi kami untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berstandar nasional khususnya untuk tenaga pengecat. Sertifikasi ini juga pada gilirannya bisa meningkatkan standar hidup para tukang cat,” kata Jun de Dios, Presiden Direktur ICI Paints Indonesia, melalui siaran pers di Jakarta, Kamis (15/2).

Baca Juga:  Begini Cara Kerja CCTV Analog dan Digital

Jun juga menyebut tantangan ke depan bukan hanya dalam hal pengembangan infrastruktur tapi juga bagaimana meningkatkan kualitas kerja. Sertifikasi ini menjadi salah satu cara menjawab tantangan tersebut dengan memastikan tenaga tukang cat lebih berkompeten sehingga menjamin kualitas pekerjaannya.

Dulux Painter Academy sendiri merupakan inisiatif global yang dimulai sejak tahun 2011 dengan mengadakan 77 kelas pelatihan, dan telah diikuti oleh lebih dari 2.000 tenaga pengecat dari kota-kota besar di Indonesia. Ada dua pembagian kelas mulai Kelas Dasar dan Kelas Pembinaan Keterampilan.

Selain teknik dasar pengecatan, ada juga pembekalan mengenai pengetahuan produk, teknik aplikasi dekoratif kombinasi warna, hingga keterampilan dasar komunikasi.

Ketua BNSP Sumarna F Abdurahman menambahkan, lisensi LSP ini inisiatif yang sangat baik dari dunia usaha. “Ini langkah strategis untuk meningkatkan standarisasi kualitas sumber daya manusia khususnya pekerja individual di bidang (pengecatan) ini. Tahap awal ini sudah ada 15 orang tenaga pengecat yang tersertifikasi,” katanya.

Baca Juga:  Mengenal Hololens, Inovasi teknologi konstruksi terkini.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker