MaterialTeknologi dan Inovasi

HYDROCERAMIC MATERIAL KONSTRUKSI DINDING INOVATIF

Hydroceramic material konstruksi dinding yang inovatif, disebut juga batu bata pendingin (hydroceramic). Dinding bangunan berbahan material hydrokeramik mempunyai kelebihan untuk mendinginkan suhu ruangan hingga lima sampai enam derajat celcius, mirip dengan penggunaan penyejuk udara (Air Conditioning).

Banyak pihak menganggap inovasi dinding hydrokeramik ini dapat menggantikan fungsi penyejuk udara dimasa depan sehingga menghemat biaya. Di Singapura materi ini juga mulai dikembangkan sebagai salah satu upaya menciptakan energi hijau.

Material Hydroceramic.

Bahan Hydrokeramik pertama kali digagas, dikembangkan dan dibuat oleh IAAC(Institue For Advanced Architecture of Catalinoa in Barcelona). Teknologi hydrokeramik menggunakan substansi yang disebut ‘Hydrogel’ yang mampu menyerap air dan mengembang hingga empat ratus kali dari ukuran asli.

Baca Juga:  Mesin Cetak Bangunan 3D, Cara Kerja Mesin Cetak Beton 3D

hydrogel-hydrokeramik-material

Lapisan material hydrokeramik terdiri dari:

  1. Lapisan dasar terbuat dari tanah liat (clay). Lapisan dasar yang berbentuk lubang konikal untuk memberikan akses air dan udara dari hydrogel.
  2. Lapisan Kain. Lapisan kedua ini berfungsi untuk menyalurkan cairan (air) ke hydrogel.
  3. Lapisan  luar terbuat dari tanah liat. Lapisan luar mempunyai luas yang lebih kecil dari lapisan dasar.

Kelebihan Hydroceramic.

Penggunaan material hydrokeramik untuk dinding jelas membantu mengurangi biaya untuk energi, seperti mengurangi biaya pengeluaran untuk membayar listrik penyejuk udara.

Secara teknis, jika udara di sekitar hydrogel mulai panas, maka butiran hydrogel dalam dinding hydrokeramik akan menguapkan air yang terkandung didalamnya sehingga ruangan akan terasa lebih sejuk. Fungsinya kurang lebih sama seperti penyejuk udara ruangan, namun hydrokeramik tidak membutuhkan listrik.

Baca Juga:  Pengelasan Robot Bisa Meningkatkan Produktifitas Perusahaan Kecil

proses-hydrokeramik

Jika kedepan material hydrokeramik diproduksi masal, maka bisa jadi harganya cukup terjangkau karena berbahan tanah liat yang ekonomis. Kemungkinan secara harga bahan baku, hydrogel yang dirasa cukup mahal.

Komentar

comments

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker