Teknologi dan Inovasi

Sensor & Internet of Things Akan Jadi Trend Industri Bangunan

IoT dan Sensor Otomatis Akan Jadi Tulang Punggung Industri Bangunan. Sensr menjadi semakin dan tidak terpisahkan dengan cara hidup kita. Mereka memungkinkan kita untuk memantau dan mengendalikan lingkungan kita sesuai dengan kebutuhan kita. Meskipun ini tampak seperti fiksi ilmiah hanya beberapa dekade yang lalu, sekarang sudah menjadi kejadian umum untuk mengendalikan pemanasan, meredupkan lampu, dan bahkan memeriksa siapa yang ada di pintu depan bahkan jika kita tidak benar-benar di rumah.

Dengan penemuan internet of things (IoT) yang memungkinkan beberapa sennsor dihubungkan dan berbagi informasi di seluruh jaringan, sensor dapat digunakan untuk memantau dan memanipulasi berbagai aspek di sekitar bangunan. Mereka dapat mengontrol dan beradaptasi dengan lingkungan melalui pemanasan dan pendingin udara serta pencahayaan. Ini dapat memastikan bahwa penyewa atau karyawan merasa nyaman sementara juga mengurangi pengeluaran dan meningkatkan efisiensi. Mereka dapat memberikan laporan yang akurat tentang bagaimana manusia berinteraksi dengan benda atau ruang di gedung.

Baca Juga:  5 Cara Ampuh Mengamankan CCTV dari Peretasan Hacker

 

Keunggulan Sensor dalam Industri Konstruksi

Salah satu cara sensor sangat berguna adalah dalam menyediakan peringatan pemeliharaan dini untuk peralatan. Perawatan prediktif ini menggunakan informasi dari berbagai teknologi yang memantau peralatan bangunan untuk memprediksi kapan peralatan tersebut perlu menjalani pemeliharaan. Ini sangat berguna untuk properti komersial di mana kegagalan peralatan yang tidak terduga dapat berarti perlengkapan mahal dan ketidaknyamanan. Dengan menggunakan pengelola gedung pemeliharaan prediktif, aktivitas komersial tetap berjalan tanpa gangguan.

Tren sensor lain adalah penggunaan bangunan pintar untuk pengukuran kualitas udara. Diketahui bahwa kualitas udara dapat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas. Bahkan, studi Perspektif Kesehatan Lingkungan baru-baru ini menunjukkan bahwa efisiensi meningkat 101% pada pekerja yang bekerja di ruang dalam ruangan dengan kualitas udara yang baik daripada mereka yang bekerja di gedung konvensional.

Sementara sensor dapat digunakan untuk memeriksa kualitas udara, mereka juga dapat digunakan untuk memantau karbon dioksida dan karbon monoksida yang lebih mematikan agar penduduk tetap bahagia dan sehat.

Baca Juga:  HYDROCERAMIC MATERIAL KONSTRUKSI DINDING INOVATIF

Senssor juga menjadi semakin penting dalam industri konstruksi di mana mereka dapat digunakan untuk meminimalkan penundaan proyek dengan mengantisipasi bahaya dan dengan demikian mengurangi risiko. Selain itu, dengan menggunakan IoT, sekarang mungkin untuk menghapus peralatan konstruksi yang usang dan rumit dengan sensor yang terhubung. Sensor ini dikendalikan menggunakan berbagai alat pengukur termasuk fluktuasi suhu dan getaran mesin. Ini tidak hanya menghemat uang perusahaan untuk biaya perawatan tetapi juga menghemat energi.

Selain hal di atas, ada banyak cara lain di mana sensor IoT dapat digunakan untuk meningkatkan konstruksi bangunan. Ini termasuk:

  • Inspeksi dan pemantauan peralatan
  • Mengelola persediaan bahan
  • Pemesanan otomatis alat dan material.
  • Pelacakan GPS untuk material di tempat
  • Peningkatan penilaian keamanan dan risiko.
Baca Juga:  Robot Konstruksi dan Kecerdasan Buatan Segera Mengambil Peran Lebih

Namun, tren yang paling penting dalam hal penggunaan sensing di gedung adalah memantau dan mengontrol efisiensi energi. IoT memungkinkan sennsor yang berbeda untuk digunakan secara bersamaan dan menyampaikan informasi penting kembali ke pengelola gedung. Ini berarti bahwa pengguna dapat mengontrol lingkungan struktur, mengurangi emisi karbon dengan memiliki bangunan yang lebih hemat energi.

IoT telah dibuat untuk memantau dan mengontrol aspek-aspek berikut yang memiliki dampak besar pada efisiensi energi bangunan:

  • Pengatur suhu
  • Kontrol pencahayaan
  • Menggunakan sensor dan aktuator untuk kontrol HVAC
  • Komunikasi offline dan real-time menggunakan IoT
  • Prakiraan cuaca dan sensor untuk memungkinkan adaptasi lingkungan langsung

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker