Produk Cat dan Finishing

Ceria CR-6000, Cat Propan Anti Bocor dan Mampu Menutup Retak Rambut

Ceria CR-6000, Cat Propan Anti Bocor dan Mampu Menutup Retak Rambut. Ceria CR-6000 Cat Dekoratif Anti Bocor adalah cat tembok eksterior yang terbuat dari bahan acrylic emulsion yang dapat ditinting hingga puluhan ribu warna. Produk ini cocok untuk diaplikasikan pada tembok pasangan batu bata, plesteran semen, beton, papan gypsum, panel GRC, kayu, tripleks, dan lain-lain.

Ceria CR-6000 Cat Dekoratif Anti Bocor ketahanan eksterior yang baik, anti bocor, memiliki elastomeric yang dapat menutupi retak rambut pada dinding, tahan terhadap alkali, daya rekat yang baik ke substrat, mudah diaplikasikan, cepat kering, lebih tahan lama, serta tersedia dalam warna-warna yang cerah dan indah.

Keunggulan :

  • Kedap Air
  • Elastis
  • Tahan Retak
  • Tahan Panas
  • Tahan Cuaca
Kemasan : 4 Kg dan 20 Kg

 

PROSEDUR APLIKASI Cat ceria CR-6000

Persiapan Permukaan cat ceria cr-6000
Permukaan substrat yang akan dicat harus dalam keadaan kering dan bersih, serta bebas dari kotoran-kotoran lainnya. Gunakan FUNGICIDAL
WASH untuk membersihkan permukaan yang berlumut dan berjamur.

Lapisan Dasar

  • Dinding Plesteran / Dinding Beton

Eco Emulsion Alkali Resisting Primer EAR-4001 (Water Based), 1 lapis (tanpa pengenceran) atau gunakan Decor Alkali Resisting Primer AS-310 (Solvent Based), 1 lapis (tanpa pengenceran) untuk tembok dengan kadar alkali yang sangat tinggi.

  • Partisi dan Plafon Papan Gypsum

Eco Gypsum Primer Special Acrylic Emulsion Primer for Gypsum Board EPG-4049 (Water Based), 1 lapis (tanpa pengenceran).

Lapisan Akhir

  • CERIA Cat Dekoratif Anti Bocor, 2 lapis (diencerkan dengan air bersih 10 – 20 % sesuai kebutuhan aplikasi)

Selang Waktu Pengecatan : Minimal 2 jam (pada suhu 30O C).

Daya sebar Cat Ceria cr-6000: + 3.0 m2/kg (2 x lapis – 200 micron).

Data Teknis Ceria CR-6000

 

CERIA CR-6000
TypeElastomeric acrylic polymer
Elongation300 %
ColorAs shown in colour card
Finish lookLow sheen
Solid by volume40 %
Specific gravity1.25 gr/cc
Drying timeSurface dry : 60 minutes (30oC)
Hard dry : 24 hours (30oC)
Packaging4 kg, 20 kg
Thinner/ clean upClean water
Thinning ratio by weightFirst coat : 20 %
Second and third coat : ready to use
(If necessary maximum 10 %)
Application methodBrush or roll
Application temperature15 – 40oC
HumidityMaximum 80 % RH
Theoritical coverage1 – 3 m2 / kg
Material consumption300 gram / m2 (100 microns DFT)
Wet film thickness250 microns
Dry film thickness100 microns
Recommended DFT300 microns for waterproofing
200 microns for rainproofing
Re-coating intervalMinimum 2 hours (300C) or when the first coat already dry
CleaningUse water to clean immediatelly after use

Panduan memilih Cat Dinding untuk Bangunan

Berbicara tentang finishing cat untuk bangunan, ada 3 hal yang harus diperhatikan, yaitu cat yang digunakan harus berkualitas baik, jenis cat yang dipilih harus tepat, dan aplikasinya harus benar. Kesalahan pada salah satu poin dapat membuat hasilnya kurang maksimal, bahkan menimbulkan masalah pengecatan. Masalah ini bisa terjadi baik pada saat proses pengecatan, sesaat setelah proses pengecatan selesai, atau jeda beberapa waktu setelah pengecatan selesai, bisa terbilang banyak.

Masalah pertama yang sering terjadi pada dinding bangunan adalah keretakan plesteran atau acian semen yang muncul setelah proses pengecatan selesai hingga menyebabkan lapisan cat ikut menjadi retak. Selain mengganggu keindahan tampilan bangunan karena munculnya retakan, masalah ini juga dapat membuat masalah baru, seperti perubahan warna cat pada area retakan karena adanya air yang masuk dan melarutkan alkali semen yang merusak warna cat.

Masalah kedua yang sering terjadi adalah perubahan warna cat secara tiba-tiba. Perubahan ini bisa terjadi pada seluruh bidang dinding maupun area tertentu saja (spot-spot). Untuk masalah ini, penyebab utamanya adalah tembok yang lembap. Tembok lembap bisa terjadi karena dinding atau plesteran masih baru dan belum kering tetapi sudah dicat atau adanya rembesan pada dak beton, talang air, lantai balkon, kamar mandi, dan kanopi.

Perubahan warna juga dapat terjadi pada permukaan dinding eksterior karena faktor usia. Penyebab utamanya adalah cuaca. Permukaan dinding terus-menerus terkena sinar UV matahari dan hujan dapat membuat warna jadi pudar. Salah satu warna cat yang mudah pudar adalah warna ungu kemerahan dan merah muda. Agar masalah di atas tidak datang menghampiri, pemilihan warna cat terutama untuk dinding eksterior merupakan faktor penting yang harus diperhatikan.

CEO PT Propan Raya Kris Rianto Adidarma mengungkapkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih cat, terutama untuk cat dinding eksterior. “Pertama, cat harus berkualitas. Kedua, cat harus memiliki ketahanan warna yang panjang. Ketiga, warna yang dipilih tepat. Keempat, produk catnya harus bergaransi,” ucapnya. Jika Anda menginginkan cat dengan kriteria di atas, maka cat keluaran PT Propan Raya adalah jawabannya.

Inovasi produk yang dikembangkan PT Propan Raya terutama pada cat tembok mampu melahirkan cat berkualitas bergaransi hingga mencapai 12 tahun dan bersertifikat green label. “Produk cat yang mendapatkan garansi 12 tahun meliputi cat eksterior Decorflex dan Decorshield, serta cat interior Decorsafe, Decorlotus, dan Decorcryl,” ucap Kris Rianto Adidarma.

Beberapa bangunan yang telah menggunakan cat Propan dengan umur lebih dari 12 tahun adalah WTC Mangga Dua Jakarta (2003), Setiabudi Exclusive Apartement Bandung (2003), The Pakubuwono Residence Jakarta (2004), The Beleza Jakarta (2005), Setia Budi Kuningan Jakarta (2006), dan masih banyak lagi.

Kata Kunci:

Katalog cat ceria decoratif,Propan apa bisa nutup retak rambut,propan ceria hijau muda,video pengecatan econgypsum 4049

Baca Juga:  Tan Politur Melamine, Finishing Kayu Sangat Kilap dan Anti rayap

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker