PLTS

Combiner Box Panel Listrik Surya, Instalasi Kotak Penggabung PLTS

Bok Panel Listrik T

Combiner Box Panel Listrik Surya, Instalasi Kotak Penggabung PLTS. Fungsi utama kotak penggabung atau (combiner box) adalah untuk menggabungkan string fotovoltaik modul agar mendapatkan arus keluaran larik fotovoltaik yang lebih tinggi. Masing-masing String modul fotovoltaik dihubungkan pada busbar yang sama dan dilindungi secara elektrik maupun mekanis di dalam selungkup pelindung (enclosure).

Kotak penggabung combiner box umumnya berisi perangkat proteksi arus lebih (overcurrent protection) string, perangkat proteksi tegangan surja (surge protection device), busbar atau terminal tambahan, sakelar pemutus arus dan batang pembumian (grounding bar). Keluaran gabungan dari kotak penggabung tersebut kemudian dihubungkan langsung ke solar charge controller pada sistem DC-coupling atau ke inverter jaringan pada sistem AC-coupling.

bok panel combiner box panel surya

Perangkat proteksi string modul fotovoltaik digunakan untuk melindungi individual string modul fotovoltaik terhadap arus berlebih. Untuk tujuan ini biasanya digunakan sekering atau MCB.
Busbar adalah titik sambungan untuk beberapa string modul fotovoltaik. Perangkat ini membawa beberapa string ke konduktor yang sama. Busbar DC terbuat dari konduktor tembaga padat dan berlapis timah untuk perlindungan terhadap korosi.
Sakelar pemutus memungkinkan kotak penggabung terputus secara aman dari solar charge controller atau inverter jaringan saat pemeliharaan dilakukan.
Perangkat proteksi tegangan surya (surge protection device) digunakan sebagai pengaman terhadap tegangan surja akibat sambaran petir. Perangkat ini dihubungkan ke kutub positif bus DC, kutub negatif bus DC dan pembumian.
Selungkup pelindung (enclosure) merupakan rumah dari komponen listrik dengan fungsi untuk melindungi komponen dari paparan langsung terhadapa lingkungan dan mencegah gangguan luar.
Batang pembumian (grounding bar) memberi sambungan pembumian untuk selungkup pelindung (jika kotak logam digunakan) dan untuk menyalurkan surja ke pembumian dengan menggunakan perangkat proteksi tegangan surja.

Tergantung dari konfigurasi string, komponen di dalam kotak penggabung harus mampu beroperasi pada tegangan DC yang bisa mencapai 1000 VDC jika string yang tersambung memiliki sirkuit tegangan
terbuka (
open circuit voltage) hingga 1000 VDC .

Sistem AC-coupling dengan inverter jaringan biasanya memiliki tegangan masukan lebih tinggi hingga 1000 VDC dibandingkan solar charge controller pada sistem DC-coupling yang berada pada kisaran 150 VDC.

material bok panel

Meskipun sistem dengan tegangan lebih tinggi akan mengurangi rugi-rugi (losses) di sirkuit, sistem dengan tegangan rendah dapat menjadi pilihan terkait keselamatan operator dengan tegangan yang lebih rendah dan kurangnya ketersediaan komponen pendukung dengan tegangan hingga 1000 VDC.

Pertimbangan dalam Merancang Combiner Box Kotak Panel Penggabung

  •  Selungkup pelindung (enclosure) combiner box diletakkan di luar ruangan sehingga harus tahan terhadap berbagai macam kondisi lingkungan, tahan terhadap sinar UV, dan memiliki rating IP1 tinggi untuk menghindari masuknya air dan benda-benda kecil.
  • Dirancang sesuai dengan IEC 60364-7-712 – “Low voltage electrical installations –Requirements for special installations or locations – Solar photovoltaic (PV) power supply systems”.
  • Kondisi lingkungan dan rugi-rugi daya dari komponen mempengaruhi panas di dalam kotak penggabung.
  • Temperatur di dalam kotak penggabung harus dijaga untuk mencegah panas berlebih dan penurunan rating komponen-komponen internal.
  • Memastikan pemisahan kondouktor positif dan negatif yang terbuka seperti busbar untuk mencegah hubungan arus pendek yang tidak disengaja atau busur listrik.
  • Semua sambungan kabel harus dikencangkan dengan aman untuk mencegah bahaya kebakaran.
  • Peringkat atau rating IP adalah singkatan dari ingress protection atau perlindungan terhadap kebocoran yang digunakan untuk menentukan tingkat efektivitas penyegelan (sealing) selungkup pelindung (enclosure)  komponen-komponen listrik terhadap gangguan dari benda-benda asing (alat, kotoran, dll.) dan kelembaban.

Komentar

comments

Baca Juga:  Panduan memilih sistem panel surya untuk hemat listrik
Tags
combiner box combiner box panel surya combiner box plts instalasi combiner box kotak panel plts kotal panel listrik surya

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker