Berkebun

Petro Ponic, Nutrisi Hidroponik Praktis dari Petrokimia

Petro Ponic, Nutrisi Hidroponik Praktis dari Petrokimia. Hidroponik merupakan metode bercocok tanam yang tidak menggunakan tanah namun memaksimalkan air sebagai media pemberi nutrisi tanaman. Dalam praktek tanaman hidroponik, dibutuhkan nutrisi yang mengandung berbagai unsur yang diperlukan tanaman untuk tumbuh.

Nutrisi ini secara umum disebut sebagai nutrisi hidroponik. Biasanya nutrisi hidroponik berbentuk cair namun ada juga yang berbentuk granule atau serbuk. Nutrisi hidroponik biasanya dikenal sebagai Komponen A dan Komponen B. A dan B ini kemudian dilarutkan dalam air dengan takaran tertentu sehingga diperoleh air sebagai media tanam hidroponik yang cukup seimbang.

Praktisi hidroponik biasanya meracik sendiri nutrisi hidroponik untuk meminimalkan biaya produksi. namun bagi para pemula hidroponik tentuk membutuhkan waktu untuk belajar lagi, Sehingga lebih mudah untuk membeli nutrisi hidroponik yang siap pakai.

Baca Juga:  Menanam Kemangi Organik untuk Dapur Sendiri Lebih Sehat dan Nikmat

Salah satu nutrisi hidroponik yang siap pakai adalah Petro Ponic. Petro Ponic mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap yang dibutuhkan tanaman sehingga menjadi pilihan yang tepat dan praktis.

Tanaman memerlukan mineral tertentu untuk dapat bertahan hidup yang dipasok melalui akar. Dalam pertanian umumnya mineral ini disediakan oleh tanah dan dengan penambahan pupuk seperti pupuk kandang, kompos, pupuk anorganik dan garam2 mineral lainnya.

Dalam metode hidroponik unsur-unsur penting yang dibutuhkan tanaman ini di buat dari garam2 mineral yang telah dimurnikan sehingga larut dalam air dan di ukur keseimbangannya. Nutrisi mineral yang dibutuhkan dalam jumlah besar contohnya adalah nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, dan sulfur.

Sedangkan unsur-unsur mikronutrien seperti besi, mangan, boron, seng, tembaga, molibdenum, dan klorin juga dibutuhkan tetapi dalam jumlah yang sangat kecil.

Baca Juga:  Cara Membuat Taman Vertikal, Solusi Halaman Rumah Mungil

Gunakan media tanam yang poros, bisa menggunakan campuran sekam bakar dan pasir kerikil, atau campuran rockwool dan pasir kerikil, atau memanfaatkan sabut kelapa. Tempatkan media tanam pada wadah yang diinginkan seperti pot atau kaleng bekas. Jika benih telah cukup umur pindahan ke media tanam.
Kriteria media yang baik :

  • tidak mempengaruhi larutan nutrisi
  • tidak menyumbat sistem pengairan
  • mempunyai pori pori yang baik

Tiap media tanam mempunyai keunggulan masing-masing. Media rockwoll termasuk yang paling banyak dan umum digunakan dalam bertanam hidro.

 

Harga Petro Ponic

Harga petro ponic dijual Secara terpisah antara nutrien A dan Nutrien B. masing masing harganya sama yaitu Rp. 15.000. Untuk bisa digunakan bertanam hidroponik harus membeli kedua nutrien sehingga total harganya Rp. 30.000

Baca Juga:  Berkebun di Apartemen? Mengapa Tidak!, Berikut Panduannya

 

 

Kata Kunci:

bata ke nutrisi hidroponik,cara pemakaian pupuk ponic cair petro,pupuk petro granik

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker