Pertukangan BangunanPertukangan Kayu

Pintu Sliding, Komponen Pintu Sliding dan Cara Pemasangannya

Jenis Pintu Geser dan Perlengkapannya

Pintu Sliding, Komponen Pintu Sliding dan Cara Pemasangannya.Sistem mekanis bukaan pintu ada beberapa macam, yang paling umum adalah sistem swing dengan menggunakan engsel. Namun ada juga yang menggunakan sitem pintu sliding atau pintu geser.

Pintu geser bisa terdiri dari satu panel atau 2 panel pintu tergantung pada kebutuhan. Ada beberapa bagian dari pintu sliding yang umum digunakan yaitu:

  • Rel Sliding sebagai rel yang menjaga alur perputaran roda sliding agar tetap stabil.

Rel pintu sliding untuk menjaga jalur roda

  • Braket, Yaitu konektor yang menghubungkan antara rel sliding dengan dinding.

Braket merupakan komponen penting pintu geser

  • Gantungan dan Roda, Roda nilon direkomendasikan untuk penggunaan di dalam ruangan dan roda baja untuk penggunaan di luar ruangan. Gantungan dipasang 2 pcs / pintu. Memperbaiki piring digunakan untuk memasang gantungan ke pintu. Kayu, aluminium, dan pintu komposit digantung dengan pelat pemasangan atas atau samping.Roda Pintu geser
  • Stopper Roda Sliding, Stoper berfungsi untuk menahan agar pintu berhenti tepat pada lokasi yang telah ditentukan. Stopper ini berfungsi menjaga agar pintu tidak terlepas atau bergeser dari posisinya.

stopper pintu geser untuk menahan laju pintu

  • Pemandu Bawah Pintu, Pemadu ini berfungsi untuk menjaga pintu tidak berayun. Panduan bawah sangat penting untuk fungsi pintu yang benar dan memastikan pengoperasian pintu yang sempurna. Pemandu bawah biasanya dipasang di lantai atau dinding atau di bawah daun pintu. Panduan bawah biasanya bergerak di alur pintu atau di saluran yang dipasang ke alur pintu.
Baca Juga:  Mengenal Jenis Mesin Bor dan Kegunaanya

pemandu bawah pintu geser

 

 

Jenis Pintu Geser

membahas beberapa jenis pintu geser yang paling sering digunakan.

1. Arcadia door
Pintu ini terbuat dari kaca dan berbentuk persegi panjang. Arcadia door dipasang sejajar dengan panel kaca yang bentuknya sama pada rol. Pintu akan berdekatan dengan panel kaca ketika dibuka dan kembali ke tempat semula jika ditutup. Pintu ini paling sering digunakan untuk memisahkan area interior dan eksterior, atau sebagai pemisah antara ruangan dalam dan halaman belakang. Oleh karena itu, pintu ini juga disebut dengan patio door.

2. Shoji screen
Pintu geser jenis ini telah dibahas sebelumnya, yaitu sebutan untuk pintu geser khas Jepang.

3. Bypass door
Pintu jenis ini paling banyak digunakan sebagai pintu lemari. Pintu akan melintasi dan saling membelakangi pada saat dibuka, demikian juga bila pintu ditutup. Pintu ini dipasang pada trek/rel yang dipasang di bagian bawah dan atas kusen pintu.

Baca Juga:  Mengenal Mesin Gergaji Miter Saw dan Kegunaanya

4. Pocket door
Inilah jenis pintu geser yang paling banyak digunakan di area yang sangat sempit dan tidak memungkinkan memasang pintu berengsel. Pocket doors akan masuk ke dalam kompartemen yang tersembunyi di dinding saat dibuka. Rol pocket door biasanya ada di bagian atas, dan kadang ada juga yang dilengkapi dengan trek di lantai. Pintu ini biasanya dipasang di kamar mandi, kamar tidur, atau ruang kerja. Bisa juga digunakan sebagai pintu lemari.

5. Mirrored door
Mirip seperti bypass door atau pocket door, tetapi dilengkapi dengan kaca di salah satu sisinya. Biasa dipasang sebagai pintu lemari dan berfungsi ganda sebagai cermin rias.

 

Cara Memasang Pintu Sliding

Pemasangan pintu geser biasa dilakukan dengan tahap sebagi berikut:

  • Sisi-sisi pintu diserut/ diratakan menggunakan mesin serut pada bagian bawah, atas, samping kanan dan kirinya. Bagian siku diusahakan agar presisi di semua bagiannya.
  • Dua pasang roda disematkan di bagian atas pintu menggunakan mesin bor untuk memudahkan memasang bautnya kemudian.
  • Tahap selanjutnya adalah memasang slot pintu geser. Caranya adalah dengan membuat lubang pada pintu yang sesuai dengan ukuran slot yang hendak dipasang. Gagang pintu geser juga dipasang pada tahap ini.
  • Buat sebuah lubang yang sejajar dengan bagian bawah pintu berkedalaman 1 cm dan lebar 1 cm. Lubang ini nantinya akan berfungsi sebagai penahan pintu saat dibuka dan ditutup.
  • Memasang rel pintu geser yang ukurannya sudah disesuaikan dengan ukuran pintu geser. Setelah itu, pintu dipasangkan ke rel berikut penguncinya agar pintu tidak lepas saat digeser.
  • Setelah itu, pasang penahan bagian bawah pintu menggunakan mesin bor dengan mata bor khusus untuk beton.
  • Ujilah kinerja pintu geser dengan membuka dan menutupnya secara berulang-ulang.
Baca Juga:  Download Katalog Huben, Asesoris dan Hardware Furniture Sejuta Umat

Saat ini, harga pintu geser kaca berikut perlengkapan serta jasa pemasangannya ditawarkan dengan harga Rp 2 juta.

Kata Kunci:

teknik konstruksi pertukangan,model rel dan roda pintu geser dan cara pemasanganya,konstruksi pintu geser kayu,kegunaan rail m di pintu sliding,Jasa Pasang Pintu Sliding Besi di Pamekasan,harga alat alat kayu mesin amplas sander,cara pemasangan pintu geser bawah roda,cara pasang pintu sliding kayu 2 sis,cara pasang pintu lemari sliding,tutorial memasang rel h teck

Komentar

comments

Tags
asesoris pintu sliding cara pasang pintu sliding harga pintu sliding pintu sliding rel pintu sliding roda pintu sliding

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker