Pertukangan Kayu

Sambungan Kayu Ekor Burung (Dovetail) dan Cara Membuatnya

sambungan Kayu ekor burung atau dovetail biasanya menandakan sistem kerja furniture yang rapi dan presisi. Sebab, sambungan ekor burung atau dovetail joinery membutuhkan ketelitian dan akurasi tinggi agar antar sambungan bisa melekat sempurna tanpa celah.

Sambungan kayu ekor burung umumnya digunakan untuk menyambung kotak atau laci. Kekuatan dan daya tahan sambungan ini memang sudah teruji sehingga cocok untuk pembuatan laci yang memerlukan daya tahan karena sering ditarik dan dimasukkan.

Sambungan ekor burung cocok digunakan pada kayu solid karena akan memperlihatkan sisi keindahan pertautan antar sambungan. Penggunaan sambungan ekor burung dengan menggunakan plywood sangat jarang ditemukan.

gambar Dovetail jig
Mal atau template sambungan ekor burung (dovetail jig) mempercepat proses pembuatan sambungan ekor burung

Proses pembuatan sambungan ekor burung memerlukan ketelitian dan pengalaman. Secara tradisional sambungan ini biasanya menggunakan peralatan pahat dan gergaji. Namun saat ini banyak para tukang atau kalangan hoby yang menggunakan jig (mal) dan router untuk memudahkan proses pembuatan sambungan ekor burung. Saat ini banyak tersedia mata router untuk sambungan ekor burung.

Baca Juga:  Cacat Pada Lantai Kayu dan Solusi Perbaikannya

Sambungan Kayu Ekor Burung: Menembus (Trough) dan Setengah buta (Half Blind)

Sambungan kayu ekor burung atau dovetail ada dua jenis yang umum digunakan yaitu sambungan ekor burung tembus (trough) dan sambungan ekor burung setengah buta (half blind). Sambungan tembus memperlihatkan kedua sambungan yang saling menembus sehingga membentuk pola. Sementara sambungan ekor burung setengah buta hanya memperlihatkan satu sisi yang menembus kayu sementara sisi lainnya tidak menembus kayu.

Sambungan kayu ekor burung menembus banyak digunakan untuk membuat box atau kotak. Sementara untuk sambungan dovetail setengah buta (half blind) banyak digunakan untuk laci terutama sambungan muka laci dengan box dibelakangnya.

model sambungan ekor burung

Merekatkan sambungan kayu ekor burung cukup dengan lem secukupnya, sebab pada prinsipnya sambungan ekor burung bersifat saling mengunci sehingga sambungan bisa merekat kuat dan kokoh.

Baca Juga:  Perbedaan Jigsaw dan Scroll Saw, Mana yang Anda Butuhkan?

Sistem sambungan dovetail dianggap salah satu sambungan kayu yang paling kuat selain itu juga sangat artistik karena memperlihatkan pola sambungan yang indah. Bagi sebagian orang sambungan ekor burung merupakan simbol pekerjaan tukang yang bernilai tinggi dan berpengalaman.

 

Kata Kunci:

sambungan ekor burung,membuat siku kayu,cara bikin laci ekor burung,mata loter buat butut burung,lem untuk menyambung ekor burung,Sambungan kayu mata burung,how to make sambungan ekor burung,dovetail jig,cara membuat sambungan dove tail mudah,cara membuat dovetail

Baca Juga:  Mesin Bor, Ragam Jenis dan Kegunaanya dalam Konstruksi

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker