Pengetahuan kayuVideo Tutorial Pertukangan

Video Proses Bandsaw Kayu untuk Pasar Ekspor

Video Proses Bandsaw Kayu untuk Ekspor. Kayu merupakan salah satu komoditas unggulan di Indonesia, berbagai jenis kayu yang menjadi favorit pasar eksport diantaranya merbau, kumea, nyatoh, bengkirai, meranti, dan sonokeling. untuk bisa ekspor kayu pemerintah memberi persyaratan, salah satunya kayu harus diproses menjadi barang jadi atau barang setengah jadi.

Namun kebanyakan eksportir banyak mengirimk kayu berbentuk setengah jadi dengan ketentuan keempat sisinya harus diketam halus atau moulding s4s atau salah satu sisinya diberi profile jika luas penampang kayu melebihi ketentuan.

Tahap paling awal dalam pemrosesan kayu adalah proses bandsaw atau pembelahan. Bahan baku kayu yang masih berupa log bulat ataupun kotak dibelah dan dipotong sesuai dengan ukuran akhir yang akan dihasilkan. Biasanya dalam proses bandsaw kayu, ketebal kayu diberi kelebihan 5-7 mm dan lebar kayu diberi kelebihan 10mm.

Kelebihan ukuran untuk mengantisipasi proses penyusutan kayu saat di oven (kiln dry) dan juga sisa proses saat kayu di planer dan di moulding. Berikut ini biasanya tahap proses pengolahan kayu sebelum di ekspor:

  • Proses logging yaitu proses pemotongan pohon sehingga berbentuk log.
  • Proses bandsaw yaitu pembelahan sesuai ukuran hasil akhir.
  • Proses sticking, yaitu kayu di stick dan ditata sebelum masuk ke mesin oven atau kiln dry.
  • Proses Planing, yaitu kayu diketam keempat sisinya sebelum masuk ke tahap moulding.
  • Proses Packing, yaitu kayu di packing untuk siap di eksport.
Baca Juga:  Bahan Pengawet Kayu yang Sering Digunakan di Industri Perkayuan

Dibawah ini kami tampilkan video proses bandsaw kayu untuk pasar ekspor

 

Video Proses Bandsaw Kayu Pada Pembelahan Kayu bulat

video proses bandsaw kayu. Teknik Pembelahan Kayu Bulat Agar Maksimal. memproses kayu log membutuhkan pengalaman dan perhitungan yang sangat cermat, sebab jika sedikit terjadi kesalahan maka berakibat kepada turunnya rendemen atau hasil kayu olahan. Secara umum Teknik Pembelahan Kayu Bulat diraikan di bawah ini pedoman umum pembelahan kayu bulat.

  1.  Periksa kayu bulat yang akan digergaji, kelurusannya, cacat-cacat yang ada dan juga bentuk penampangnya.
  2. Buat pola pembelahannya.
  3. Posisikan kayu bulat pada kereta penghantar dan cermati garis pembelahan atau garis potong pertama agar tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit sebetan yang dibuat. Penggunaan sinar laser akan sangat membantu pekerjaan ini.
  4. Jepit kayu bulat dengan kuat agar tidak terjadi pergeseran selama proses menggergaji.
  5. Sebelum mesin gergaji dijalankan, periksa gergaji dengan cermat terhadap retak- retak dan kerusakan gigi. Apabila terdapat retak danlatau kerusakan path gigi, ganti gergaji dengan gergaji yang barn dirawat yang bebas dan retak dan!atau kerusakan gigi. Apabila terdapat retak, meskipun kecil sekalipun, dan gergaji dipaksakan untuk membelah kayu, retak tersebut akan bertambah besar dan mungkin dapat menyebabkan putus gergajinya.
  6. Buat sebetan setipis mungkin (lihat butir 3 di atas). Umpankan kayu bulat pada kecepatan yang tepat (tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat, sesuai dengan kekerasan kayunya).
  7. Apabila terlihat cacat pada kayu bulat, sesudah dibuat sebetan, berikutnya buat papan tipis satu atau dua papan atau sampai kemudian tidak terlihat cacat lagi. Baru kemudian dapat dibuat belahan yang tebal-tebal sesuai dengan pola pembelahannya.
  8. Usahakan untuk tidak memotong garis empulur atau garis pusat batang. Kayu gergajian yang mengandung empulur pada permukaannya atau dekat dengan permukaan, setelah kering, akan pecah memanjang menurut garis empulur. Jadi kumpulkan atau usahakan empulur atau garis pusat batang terletak dalam satu papan yang tipis, sehingga kerugian rendemen menjadi kecil.
  9. Apabila pusat batang eksentris, posisikan kayu bulat sedemikian sehingga garis pusat batang akan terletak pada bidang vertikal yaitu bidang yang sejajar dengan garis pembelahan.
  10. Ikuti kualita sekeliling batang.
  11. Cacat yang mengelompok di tepi batang, kumpulkan cacat tersebut dalam satu potongan kayu gergajian; demikian pula cacat yang mengelompok di tengah batang, kumpulkan cacat tersebut dalam satu potongan kayu gergajian.
  12. Apabila cacat terlihat pada permukaan luar salah satu sisi batang dan batang agak meruncing, kayu bulat digergaji sejajar hati sambil membuang cacat.
  13. Kayu bulat yang sangat meruncing, korbankan bagian tengahnya yang berkualitas rendah. Kayu semacam ini biasanya berasal dari ujung batang atau batang yang masih muda.
  14. Kayu bulat yang melengkung, jangan dibuat kayu gergajian tebal, tetapi dibuat kayu gergajian tipis atau papan tipis dengan arah panjang sesuai dengan melengkungnya batang. Setelah digergaji, papan dapat dipotong panjangnya menjadi dua atau tiga potong untuk pembuatan komponen yang pendek sehingga mempertinggi rendemen. Kayu gergajian dengan arah serat miring, memiliki kekuatan yang rendah.
  15. Hati-hati menggergaji kayu bulat yang tumbuh atau berasal dari pekarangan rakyat atau dan tanaman pingir jalan. Kayu-kayu ini sering mengandung paku untuk menarik tali jemuran atau tali spanduk atau untuk memasang tanda gambar selama kampanye pemilu dan sebagainya. Paku ini sering tidak terlihat dari luar, tertutup oleh jaringan kayu yang tumbuh kemudian. Apabila kayu seperti ini digergaji dan kebetulan terdapat paku di dalam kayu, dapat merusakkan beberapa gigi gergaji sekaligus. Gunakan pengamat logam (metal detector) dan keuarkan atau cabut pakunya sebelum digergaji.
  16. Apabila menggergaji jati rakyat dengan pola pembelahan searah, setelah beberapa waktu, kayu gergajian akan melengkung arah memanjang, dengan ujung-ujung menjauhi pusat batang. Hal ini terjadi karena adanya tegangan pertumbuhan. Untuk mengurangi pelengkungan ini, kayu bulat dibelah pada sisi yang berlawanan secara bergantian, sama tebalnya.
  17. Periksa hasil gergajiannya untuk mengamati keseragaman tebal dan pangkal ke ujung. Apabila terdapat penyimpangan yang banyak, kemungkinan terjadi karenabergesemya kayu bulat selama digergaji atau lintasan kereta yang bergeser.
Baca Juga:  Pengeringan Udara Pada Kayu (Air Dry) Sebelum Pengeringan dengan Oven

Demikian artikel video proses bandsaw kayu untuk eksport.

Kata Kunci:

pasar benso jalan

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker